KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKetua MPR RI Bamsoet Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Mei-2021, 10:01 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip surel editor KOMPAS.com, bahwa untuk tahun ini larangan mudik seperti membentur tembok.

"Mungkin karena kejenuhan yang menumpuk. Mungkun karena peasaan lebih aman lantaran vaksin dan klaim kemampuan pemerintah mengendalikan", sebut Wisnu Nugroho.

Persoalan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
NASIONAL

Geopark Belitong Warisan Dunia Miliki 17 Destinasi Unggulan
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 23-Apr-2021, 12:51:30 WIB

KabarIndonesia - Sebagaimana diberitakan berbagai media, Belitong Geopark resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada 2021 lewat Sidang ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO yang diselenggarakan secara virtual.
Lihat Fot

Penulis Kompas. com menyampaikan bahwa Sidang UNESCO di Paris pada 15 April 2021 secara resmi mengesahkan Geopark Belitong sebagai warisan dunia yang tergabung dalam UNESCO Global Geopark.

Sementara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, predikat UNESCO Global Geopark diraih berkat perjuangan berbagai pihak.

Selanjutnya pemerintah provinsi akan mendorong pelestarian situs-situs Geopark Belitong agar menjadi objek wisata yang membantu perekonomian masyarakat.

"Untuk dimanfaatkan dan bersiap diri dengan ekonomi kreatif, karena setelah ketetapan ini pasti akan mendapat banyak kunjungan wisata," kata Erzaldi dalam keterangan tertulis, Senin (19/4/2021).

Erzaldi menuturkan, UNESCO mengakui keberagaman geologis di Pulau Belitung dan kepulauan di sekitarnya.  Keberagaman tersebut termasuk lanskap, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Belitung.

Geopark Belitong juga dinilai memiliki keunikan dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis, dan budaya.
Lanskap geologi Pulau Belitung yang unik, menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna yang di antaranya hanya ditemukan di Belitung, seperti ikan hampala dan ikan toman.

Keanekaragaman hayati tersebut digunakan oleh masyarakat Belitung di antaranya dengan pemanfaatan tanaman herbal.
Itulah alasan kenapa Geopark Belitong meraih nilai tertinggi di antara sejarah pengajuan geopark nasional ke UGG, yaitu 850 dari 1000 poin tertinggi.

17 Destinasi Unggulan
Saat ini ada 17 destinasi unggulan Geopark Belitung yang tersebar di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, yakni Juru Sebrang, Terong Tourism Village, Kuale Granite Mangrove Forest, Peramun Hill Granite Forest, Tanjung Kelayang Trias Granite, Batu Bedil Trias Granite Rock, Nam Salu Open Pit, Lumut Hill, Batu Pulas Granite Rock, Cendil Heat Forest, Tebat Rasau Cenozoic Swamp, Burung Mandi Cretacious Granidiorite, Siantu Pillow Lava, Tajam Mountain, Baginda Rocks, Punai Beach, Garumedang Tektite.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, pengakuan dunia terhadap Geopark Belitong patut disyukuri bersama.
"Ini menyatukan dua daerah, Belitung dan Belitung Timur dalam sebuah geopark," ujar Isyak.

Berbagai destinasi tersebut didukung ketersediaan bandara dan pelabuhan yang siap menyambut kunjungan skala besar dunia. (*) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
 

 

 
 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia