KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKetua MPR RI Bamsoet Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Mei-2021, 10:01 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip surel editor KOMPAS.com, bahwa untuk tahun ini larangan mudik seperti membentur tembok.

"Mungkin karena kejenuhan yang menumpuk. Mungkun karena peasaan lebih aman lantaran vaksin dan klaim kemampuan pemerintah mengendalikan", sebut Wisnu Nugroho.

Persoalan
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA





 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

INDONESIA, KISAH NEGERI 1001 CANDI
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 16-Mar-2021, 07:49:21 WIB

Kabar Indonesia - Netherland, Indonesia layak dinobatkan sebagai NEGERI 1001 CANDI. Istilah kata CANDI diduga berasal dari kata CANDIKA yang berarti perwujudan Dewi Durga. Istilah Candi juga terdengar mirip istIlah CHEDI dalam bahasa Thailand berarti STUPA.

CANDI bisa diartikan juga sebagai bangunan replika tempat para Dewa bersemayan yaitu GUNUNG MAHAMERU maka dari itu polanya disesuaikan dengan alam Gunung Mahameru.

Candi bisa ditemukan di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan. Namun yang paling banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kebanyakan Candi dibangun antara abad ke-7 dan ke-15, namun kurun abad ke-8 hingga ke-10 adalah masa yang paling produktif dalam pembangunan Candi, karena peradaban yang cukup makmur.

Siapa yang tidak tahu dan tak mendengar Candi Borobudur, fakta dan sejarah bahwa candi ini merupakan salah satu dari tujuh keajaiban Dunia.

Nama asli dari Candi Borobudur adalah “Bhumisambharabudhara” (Sanskerta: “Sepuluh tingkatan kebajikan Bodhisatwa”)

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah Candi atau Kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monument Buddha terbesar di dunia.

Dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan terdapat 504 Arca Buddha

Dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai dengan MUDRA (sikap tangan) Dharmachakra Mudra (memutar roda dharma)

Masa pembangunan Borobudur diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 75 – 100 tahun.

Borobudur ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang saat itu menjabat sebagai Gubenur Jenderal Inggris atas Jawa.

Borobudur PERNAH diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia atau “The 7 Wonders of the World” namun entah kenapa tidak masuk nominasi lagi.

Sedangkan kebanyakan nama Candi-candi biasa lainnya dinamakan berdasarkan nama desanya saja.

Berdasarkan latar belakangan keagamaanya, Candi dapat dibedakan menjadi Candi Hindu, Candi Buddha, paduan sinkretis Siwa-Buddha namun banyak juga yang tidak jelas sifat keagamaannya

Candi dapat berfungsi sebagai:
- CANDI PEMUJAAN terutama dalam agama Hindu
- CANDI STUPA didirkan sebagai lambang Budha
- CANDI PEDHARMAAN sebagai Candi Pribadi yang dibangun untuk memuliakan arwah Raja atau tokoh penting lainnya yang telah meninggal

Bestek Bangunan atau pola rancangan untuk Candi dibuat berdasarkan beberapa ketentuan yang bisa dilihat di Kitab Vatusastra atau Silpasastra yang berasal dari India Selatan

Syarat utama untuk pembangunan Candi harus didekat air.

Misalnya Candi Borobudur terletak didekat pertemuan Sungai Progo sungai Elo. Sedangkan Candi Prambanan didekat sungai Opak

Kita telah mendeklarasikan Indonesia sebagai:
NEGERI 1001 CANDI

Namun berapa jumlah Candi di Indonesia yang sebenarnya?

Jawaban yang sulit bisa dijawab, karena kita masih belum punya data resmi berapa jumlah Candi yang ada dari Sabang sampai Papua

Disamping itu keadaan Candi-nya sendiri juga beragam dari yang masih utuh sampai yang hanya tertinggal fondasinya saja namun sudah bisa dipastikan lebih dari SERIBU,

Jumlah PURA di Bali saja sudah melebihi dari seribu !

Jadi tepatlah apabila kita mendeklarasikan
INDONESIA, KISAH NEGERI 1001 CANDI
(Penulis: Mang Ucup, unduh
https://www.youtube.com/watch?v=tzjp7mxpQgI)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 

 

 
 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia