KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanDisiplin Prokes Jangan Kendor Kekuatan Covid-19 Varian Delta Disebut 2,5 Kali Lebih Berbahaya oleh : Danny Melani Butarbutar
22-Jun-2021, 12:51 WIB


 
  KabarIndonesia - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena kondisi kesehatan dan imunitas yang terjaga di tengah ancaman kesehatan yang tidak surut karena pandemi.

Seperti dikhawatirkan sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam setelah libur lebaran sepanjang Mei 2021 dan
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 

Tanpa Diusung Parpol, Elektabilitas Anies, RK dan Ganjar Sia-sia

 
POLITIK

Tanpa Diusung Parpol, Elektabilitas Anies, RK dan Ganjar Sia-sia
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 05-Jun-2021, 12:39:59 WIB

KabarIndonesia - Untuk bisa maju Pilpres 2024, seorang calon tak cukup hanya modal populer atau terkenal saja. Artis banyak yang lebih populer daripada politisi. Popularitas harus disertai elektabilitas yang tinggi pula.
Beberapa tokoh sangat dikenal. Dimana sejumlah lembaga survei juga menempatkannya di top survei. Tapi, itu saja juga belum cukup. Karena untuk bisa maju Capres, harus punya kendaraan politik. Harus didukung partai politik. Partai atau koalisi partai yang punya suara atau kursi di DPR minimal 20 persen.

Populatitas tokoh-tokoh seperti Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan bahkan Ganjar Pranowo, bisa jadi sia-sia bila tak ada partai atau gabungan partai politik yang mengusungnya. 

"Karena yang pegang tiket Pilpres kan partai politik atau gabungan partai. Elektabilitas tinggi, kalau tidak ada parpol yang usung, ya akan jadi sia-sia saja," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam diskusi rilis survei secara daring, Sabtu (5/6/2021).

Dikatakan Adi, saat ini hampir semua Parpol telah mendorong ketum atau pimpinannya untuk maju Pilpres 2014.

"PDI Perjuangan hampir pasti Mbak Puan, Gerindra sudah jelas Pak Prabowo, Golkar ya Ketumnya Pak Airlangga, PKB (calonkan) Gus AMI atau Cak Imin, PAN kabarnya mau Pak Sutrisno Bachir, PKS kecenderungan konstituennya sudah terwakili oleh Pak Anies," katanya.

Ganjar, meskipun kader PDI Perjuangan, namun si 'pemilik' partai tak merestuinya. Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, hampir pasti akan mendorong 'putri mahkota' Puan Maharani untuk maju di Pilpres 2024.

"Dari PDIP yang paling mumpuni (untuk Capres) saat ini ya Puan Maharani. Ini tinggal mbak Puan siapkah, mau istilah teman saya Mas Pacul itu di-racing untuk masuk dalam track menuju 2024," ucap Effendi Simbolon.

"Kalau mas yang Jawa Tengah itu saya kira paling ya sampai tingkat nanti jadi menteri lah," kata Effendi menyinggung Ganjar.

Sebab, ini adalah kesempatan terakhir bagi trah Bung Karno untuk menguasai PDIP. Bila kesempatan 2024 ini terlewatkan, Banteng Moncong Putih akan lepas dari kandang Teuku Umar. Mega sudah terlalu tua. Harus segera regenerasi. 

Karena itu, peluang Ganjar di kandang Banteng sudah tertutup. Karena hak prerogratif Capres 2024 ada di tangan Ketum, sesuai amanah Kongres Bali. 

Tapi bisa saja mereka yang punya elektabilitas tinggi ini jadi kontestan Pilpres 2024, bila direkrut Parpol. "Ya, misalnya jadi Cawapres," kata Adi.

Effendi pun membuka wacana memasangkan Puan dengan Anies. "Mudah-mudahan kombinasi Puan-Anies masih akan berlanjut. Lihat nanti episode berikutnya," ujar Effendi.

Sementara politisi Golkar, Ace Hasan Sadzili, mengatakan bahwa Golkar terbuka untuk menduetkan Airlangga dengan siapapun. 
"Hubungan Pak Airlangga dengan Ridwan Kamil juga sangat baik. Tadi pagi, beliau berdua ketemu," pungkasnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia