KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanDisiplin Prokes Jangan Kendor Kekuatan Covid-19 Varian Delta Disebut 2,5 Kali Lebih Berbahaya oleh : Danny Melani Butarbutar
22-Jun-2021, 12:51 WIB


 
  KabarIndonesia - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena kondisi kesehatan dan imunitas yang terjaga di tengah ancaman kesehatan yang tidak surut karena pandemi.

Seperti dikhawatirkan sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam setelah libur lebaran sepanjang Mei 2021 dan
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
POLITIK

Jokowi Bela Desain Garuda Istana Negara Yang Sempat Dibully
Oleh : Anom Bagus Kusuma | 05-Jun-2021, 04:05:39 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Presiden Joko Widodo memamerkan pradesain Istana Negara di Ibukota baru, Kalimantan Timur yang merupakan karya Nyoman Nuarta, seniman patung kenamaan yang membuat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali.

"Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di Ibu Kota Negara yang baru," kata Jokowi lewat akun Instagram pribadi @jokowi pada Jumat (2/4) petang.

Dalam video desain berdurasi 2,7 menit itu, tampak Istana Negara lengkap dengan sejumlah taman, kolam, hingga area transportasi. Jokowi mengatakan pemerintah telah menerima sejumlah usulan pradesain itu. Salah satunya adalah pradesain karya Nyoman Nuarta.

Menurutnya, pradesain karya seniman Bali itu sarat dengan filosofi lambang burung garuda.

"Sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika," kata Jokowi.Kendati demikian Jokowi mengaku usulan Nyoman Nuarta masih dalam tahap pradesain. Pihaknya berharap mendapat masukan dari masyarakat mengenai pradesain Istana Negara.

Jokowi menginginkan agar Istana negara dikenang sebagai tempat yang mencerminkan kemajuan bangsa, alih-alih hanya diingat sebagai tempat kerja presiden.

"Saya menginginkan istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja," tutur Jokowi.

Jokowi juga mengatakan pihaknya berencana akan mengundang para arsitek dan ahli lainnya guna memperbanyak pradesain yang digunakan sebagai dasar desain Istana Negara.

"Dengan masukan-masukan itu, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, sejumlah arsitek hingga netizen mengkritik dan melancarkan bully terkait desain Istana Negara yang akan dibangun di Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Desain itu diketahui lewat unggah akun Instagram milik Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa yang belakangan telah dihapus.


Sejumlah netizen mengusulkan beberapa rancangan alternatif dan beberapa dari mereka membuat meme desain baru Istana Negara. Tak sampai di situ, gabungan lima ikatan arsitek juga mengaku desain burung Garuda sebagai ikon membuat gelisah.

Kelima asosiasi tersebut adalah Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP).  Mereka menilai bangunan istana negara yang berbentuk burung garuda bukan simbol yang mencirikan kemajuan peradaban bangsa Indonesia di era digital.

Gedung Istana Negara disebut seharusnya menjadi contoh bangunan yang secara teknis mencirikan prinsip pembangunan rendah karbon dan cerdas sejak perancangan, konstruksi hingga pemeliharaan gedungnya.(*)

Sumber:[url=https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210402203338-20-625417/jokowi-bela-desain-garuda-istana-negara-yang-sempat-dibully/amp]https://m.cnnindonesia.com/nasional/20210402203338-20-625417/jokowi-bela-desain-garuda-istana-negara-yang-sempat-dibully/amp[/url] 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia