KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanGrab Bersatu Bersama 23 Merek Favorit, Galang Bantuan Penanganan Pandemi oleh : Wahyu Ari Wicaksono
02-Aug-2021, 10:00 WIB


 
 
KabarIndonesia – Memasuki bulan perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Grab, yang dikenal sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan 23 Merek favorit nasional, menggagas kampanye kepedulian dengan tajuk: BERSATU Untuk Indonesia.  Kampanye kepedulian ini bertujuan untuk membantu
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB

 
 
DAERAH

DPRD Samosir Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Ranperda Pelaksanaan APBD 2020 Ranwal RPJMD dan Perubahan Perangkat Daerah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 14-Jun-2021, 15:35:21 WIB

KabarIndonesia – Samosir, DPRD Samosir menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaikan Nota Pengantar atas 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), pada hari Senin (146/2021) bertempat di ruang paripurna, kompleks perkantoran Parbaba, Pangururan. Rapat paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Samosir Nasip Simbolon, dihadiri oleh 17 Anggota Dewan, Forkompimda dalam hal ini Polres Samosir, para pimpinan OPD, dan kalangan media.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom ST menyampaikan Nota Pengantar atas ketiga ranperda tersebur yakni: Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, Rancangan Awal RPJMD Samosir Tahun 2021-2026 dan Ranperda tentang Perubahan Perda Nomo2 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah.

Bupati Vandiko, dalam Nota Pengantar tentang Pertanggungjawabab Pelaksanaan APBD 2019 menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang-Undang dan Peraturan yang berlaku, Pemerinah Daerah wajib menyusun Laporan Keuangan dan menyampaikannya keBPK-RI untuk kemudian diaudit dan hasilnya disampaikan ke DPRD untuk diabahas bersama.

Selanjutnya Bupati Samosir menyebut bahwa Pemkab Samosir telah menunjukkan keberhasilan dalam tata kelola keuangan dan menjadi kebanggaan tersendiri karena telah 4 (empat) kali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Dijelaskannya juga bahwa Opini BPK merupakan pernyataan professional Pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan atas dasar kriteria kesesuaian dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintah), kecukupan pengungkapan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Dalam nota pengantar pelaksanaan APBD 2020 tersebut, Bupati Samosir Vandiko T Gultom menyampaikan Realisasi Anggaran dan Belanja serta Pembiayaan Daerah dalam kurun waktu 1 Januari sd 31 Desember 2020 yakni:

1.Realisasi Pendapatan dari target yang telah dianggar kan sebesar Rp. 820.098.780.819,00, terealisasi 97,37% atau sebesar Rp.798.541.589.906,91 yang bersumber dari PAD dan pendapatan transfer (Pusat, Provinsi) serta lain-lain pendapatan daerah yang sah.

2.Belanja Daerah untuk tahun anggaran 2020 dianggarkan sebesar Rp. 866.633.884.458,88, terealisasi sebesar Rp.808.468.951.865,47 atau 93,29%, dengan uraian untuk Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tak Terduga, Transfer.
3.Penerimaan pembiayaan yang dianggarkan sebesar Rp. 50 milyar lebih terealisasi 100%, sedang pengeluaran pembiayaan yang merupakan penyertaan modal/investasi dianggarkan sebesar Rp. 4 milyar juga terealisasi 100%.

Selain itu, dengan nota pengantar ini Bupati Vandiko menyampaikan bahwa sesuai perhitungan Sisa Lebih Pembiayaan (SILPA) selama tahun 2020 terdapat Defisit Anggaran sebesar Rp. 9.927.361.958,56; Jika ditambah pembiayaan netto maka SILPA Tahun 2020 adalah sebesar Rp. 36.607.741.681,32.

Usai pembacaan nota pengantar Pertanggungjawaban APBD 2020, Vandiko T Gultom kemudian membacakan nota pengantar Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Samosir tahun 2021-2026. Menurutnya bahwa Penyusunan RPJMD ini didasarkan kepada Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pembangunan Daerah, yang menyebutkan bahwa Bupati menetapkan Ranperda RPJMD paling lambat 6 (enam) bulan setelah Bupati dan Wakil Bupati dilantik.

Kemudian 40 (empat) puluh hari kerja setelah dilantik, Bupati mengajukannya kepada DPRD untuk dibahas dan disetujui bersama.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa visi pembangunan Kabupaten Samosir dalam Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD 2021-2026 adalah “Terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan”. Visi tersebut dijabarkan dalam 4 (empat) tujuan dengan 5 (lima) indikator dan 17 (tujuh belas) sasaran dengan 24 (duapuluh empat) indikator. Sementara kata kunci (key factor) adalah tata kelola pemerintahan,kemandirian ekonomi dan kualitas sumber daya manusia.

Selama 5 (lima) tahun ke depan, Vandiko juga menyampaikan 10 program ungulan pembangunan daerah yang pada prinsipnya menyangkut pelayanan kesehatan, pemberian bantuan iuran Jamkes-BPJS gratis; peningkatan kemampuan tenaga pendidik dan pemberian beasiswa; pembangunan kepariwisataan berbasis pemuda dan masyarakat; menghadirkan UMKM pengelola 6 produk di setiap desa, penyediaan pupuk dan bibit yang merata; peningkatan kualitas layanan jaringan Telkom/internet di seluruh wilayah; penyediaan jalan dan jembatan penghubung antar desa; pembangunan infrastruktur jalan desa, irigasi,air bersih dan tata kelola persampahan, penyediaan alat berat untuk pembukaan jalan strategis serta menjalin kerjasama investasi dalam rangka penyediaan teknologi pemanfaatan air danau toba dan sumberdaya lainnya sebagai enerji terbarukan.

Sesi berikutnya, Vandiko Timotius Gultom ST, Bupati Samosir, yang bertugas sejak dilantik 26 April 2020 yang lalu, kemudian membacakan nota pengantar Ranperda Perubahan Perda No 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah.

Disampaikannya, bahwa prinsip penataan organisasi perangkat daerah adalah rasional, proporsional, efektif dan efisien dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Untuk mewujudkan perangkat daerah yang sesuai dengan prinsip desain organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran, maka pembentukan perangkat daerah dalam rancangan peraturan daerah ini didasarkan pada asas efisiensi, efektifitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, dan tata kerja yang jelas serta fleksibilitas” papar Bupati Samosir

Lebih lanjut Vandiko menyampaikan bahwa pada rancangan perda tersebut akan terdapat 31 (tiga) puluh satu perangkat daerah yakni: sekretariat daerah, sekretariat dewan, inspektorat daerah, 14 (empat belas) dinas, 3 (tiga) badan, satu kantor, rumah sakit dan 9 (Sembilan) kecamatan.

Dijelaskan, bahwa terdapat beberapa dinas yang ada sekarang ini (Perda No.8 tahun 2016) akan dihapus yakni Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Kominfo, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Budpora, Dinas Ketapang, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Badan Kepegawaian Daerah dan Badan Pendapatan Daerah.

Usai pembacaan tiga Nota Pengantar Ranperda tersebut, Wakil Ketua DPRD Samosir Nasip Simbolon menerima penyerahan ketiga dokumen Ranperda untuk kemudian dibahas oleh DPRD secara serius bersama dengan OPD terkait.

“DPRD akan segera membahasnya melalui Tim atau Komisi yang sudah ada, untuk itu kami berharap Bupati menugaskan OPD terkait untuk mendapat penjelasan lebih detail atas rancangan peraturan daerah serta meminta agar OPD membawa dokumen pendukung dan data yang valid” sebut Nasip Simbolon menutup rapat paripurna.

Sebelum palu penutup diketuk, Haposan Sidauruk, anggota DPRD dari Fraksi PKB meminta waktu kepada ketua DPRD Samosir dan menyatakan: “Saya minta kepada pihak eksekutif agar penyajian pidato, nota pengantar dan isi dokumen yang diserahkan kepada DPRD harus benar-benar diperiksa dan jangan kopi pes (red. copy paste)”

Ketua DPRD menjelaskan kepada Haposan Sidauruk, agar hal-hal seperti itu disampaikan melalui tanggapan dan pendapat perorangan maupun pendapat akhir fraksi pada rapat berikutnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia