KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanDisiplin Prokes Jangan Kendor Kekuatan Covid-19 Varian Delta Disebut 2,5 Kali Lebih Berbahaya oleh : Danny Melani Butarbutar
22-Jun-2021, 12:51 WIB


 
  KabarIndonesia - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena kondisi kesehatan dan imunitas yang terjaga di tengah ancaman kesehatan yang tidak surut karena pandemi.

Seperti dikhawatirkan sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam setelah libur lebaran sepanjang Mei 2021 dan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
DAERAH

BUPATI SAMOSIR VANDIKO T GULTOM LAKUKAN KORDINASI DENGAN BBPJN II DAN BWSS II DI MEDAN
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 12-Mei-2021, 12:14:36 WIB

KabarIndonesia – Samosir, Pemerintah kabupaten Samosir dipimpin Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom ST melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) II dan Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS) Medan .
pada hari Selasa (11/5/2021). Dikabarkan bahwa kunjungan Bupati ke BBPJN II Medan tersebut dalam rangka koordinasi terkait dukungan aksesibilitas di Kabupaten Samosir sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Bupati Samosir beserta OPD terkait, bertempat di Aula Rapat BBPJN II Medan, disambut langsung oleh Kepala BBPJN II Medan Selamet Rasidi yang hadir bersama staf inti, menjelaskan bahwa terdapat beberapa kegiatan sebagai dukungan Pemerintah Pusat dalam hal ini Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI melalui BBPJN II Medan

Adapun paket kegiatan di Kabupaten Samosir untuk TA. 2021 yaitu Penggantian Jembatan Tano Ponggol, Pelebaran Jembatan Samosir, Pembangunan Jalan Pesisir Danau Toba (lingkar luar) untuk konektivitas 7 (tujuh) Kabupaten kawasan Danau Toba yang masih menunggu anggaran dari Pemerintah Pusat, Penanganan Longsor, pemeliharaan rutin jalan dan jembatan.

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan beberapa usulan kepada pihak BBPJN II Medan yaitu Lanjutan rekonstruksi Jalan Simpang Gonting-Janji Raja, Aksesibilitas Menuju Desa Wisata, serta Pembangunan Jalan Pangururan By Pass.

Lebih lanjut Kabid KPIJ BBPJN II Stalianto menjelaskan bahwa sesuai dengan tupoksinya menyasar kepada jalan nasional yang berada di Kabupaten Samosir. "Sesuai dengan kriteria pembangunan jalan oleh pemerintah pusat, diharapkan agar pemerintah kabupaten Samosir memenuhi Readiness Criteria berupa Feasibility Study (FS), Detail Engineering Design (DED), Dokumen Lingkungan, Penyerahan Lahan yang siap untuk dibangun (Clean and Clear), untuk hal ini Pemkab Samosir agar menghibahkan lahan kepada BBPJN II" ujar Stalianto.

Sementara, Kabid Pembangunan BBPJN II Simon Ginting menjelaskan terkait dengan kendala Pembebasan Lahan untuk Penggantian Jembatan Tano Ponggol bahwa masih ada beberapa titik yang perlu diselesaikan, termasuk masalah bangunan yang sudah dibayarkan tetapi belum bersedia pindah.

Selain paket penggantian Jembatan Tano Ponggol, saat ini juga sedang dilaksanakan pelebaran Jembatan Samosir Cs (25 Jembatan) 7 di antaranya terkendala dengan pemindahan utilitas (1 tiang Telkom dan 6 pipa air minum). Pihak Balai meminta agar dinas terkait dapat menyelesaikan permasalahan ini sehingga konstruksi berjalan sesuai dengan waktu kontrak.

Asep Tahyar Kabid Preservasi mengharapkan dalam preservasi Jalan Nasional bahwa BBPJN II sudah maksimal dalam pelebaran jalan Nasional lingkar Samosir dengan lebar 11-13 meter, kondisi saat ini beberapa spot yang belum dapat diperlebar karena terkendala dalam hal ketersediaan lahan.

Diakhir pertemuan kordinasi tersebut, Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom ST menyampaikan proposal usulan kepada Kepala Balai BBPJN II Medan dan berharap kedepannya dapat lebih bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dan pembangunan yang sedang dan akan dikerjakan.

Usai kordinasi dengan BBPJN II Medan, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melanjutkan kunjungan koordinasi pembangunan di Samosir ke Balai Wilayah Sungai Sumatera II (BWSS) Medan.. Rombongan Bupati Samosir juga diterima langsung Kepala Balai Maman Noprayamin.

Dalam kunjungan kordinasi kerjanya ke Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Bupati Samosir menjelaskan bahwa kunjungannya adalah untuk sinkronisasi dan sinergitas program/kegiatan bidang Sumber Daya Air di kabupaten Samosir sekaligus menyampaikan usulan-usulan prioritas.

Beberapa usulan prioritas yang disampaikan Bupati Samosir yaitu Pengusulan Jaringan Irigasi Nasional di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Kabupaten Samosir dan Penyediaan Air Baku Penunjang Pariwisata Kawasan Pangururan dan sekitarnya.

"Pengendalian Daya Rusak Sungai serta Pengelolaan Sumber Daya Air melalui pembangunan Embung Harangan Londut, Embung Sinaga Uruk Pandiangan, Embung Janji Martahan, Embung Tomok Induk, Embung Panampangan, Selain itu, pembangunan Tampungan Air Hujan di Daratan Pulau Samosir serta pengaktifan pompanisasi pertanian di Unjur, Buhit, Nainggolan dan Onan Runggu juga menjadi penyampaian Bupati Samosir ke BWSS. " ujar Bupati Vandiko Gultom.

Secara lugas dan tegas Bupati mengharapkan adanya dukungan pemerintah pusat khususnya BWSS II dalam pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Samosir.

"Selain itu perlu adanya kerjasama dalam kajian teknis dan peraturan yang menyangkut pembangunan jaringan irigasi nasional, embung, wilayah sempadan dan proyek kementerian lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya air," pungkas Vandiko Gultom.

Sementara itu, kepada awak media, Bupati Samosir menjelaskan bahwa sesuai petunjuk Gubernur Sumut pada pelantikannya di Medan selaku Pimpinan Daerah dalam tataran kebijakan, koordinasi menjadi tugas utama yang harus dilakukannya dalam rangka percepatan kinerja sesuai visi dan misi yang telah disosialisasikannya.

"Pada intinya koordinasi yang dilakukan ini merupakan salah satu wujud yang dijanjikan pada Pilkada Tahun 2020, berupa sinergitas pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Samosir, dalam mengagendakan rencana pembangunan di Kabupaten Samosir melalui anggaran-anggaran kementerian," ujar Vandiko Timotius Gultom, Bupati yang milenial. Sukses buat Samosir. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia