KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanGrab Bersatu Bersama 23 Merek Favorit, Galang Bantuan Penanganan Pandemi oleh : Wahyu Ari Wicaksono
02-Aug-2021, 10:00 WIB


 
 
KabarIndonesia – Memasuki bulan perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Grab, yang dikenal sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan 23 Merek favorit nasional, menggagas kampanye kepedulian dengan tajuk: BERSATU Untuk Indonesia.  Kampanye kepedulian ini bertujuan untuk membantu
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA



 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB

 

Buku Biografi Frans Karangan Ditulis Seorang Pejuang Toraja Diluncurkan

 
PROFIL

Buku Biografi Frans Karangan Ditulis Seorang Pejuang Toraja Diluncurkan
Oleh : Antha | 13-Jun-2021, 04:20:57 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Nama Brigjen Mesach Frans Karangan yang dikenal dengan nama Frans Kalangan ada di hati masyarakat Toraja. Frans Karangan adalah Jenderal TNI pertama asal Toraja, yang tutup Usia pada tahun 1994.

Frans Karangan dikenal pasca peristiwa 1953 terhadap DI/TII dan mengutus pasukannya dari Palu yang di Komandoi J. Pappang pada tahun 1958 saat mempertahankan Toraja dari pasukan Andi Sose.

Buku Biografi Komandan Frans Karangan Dalam Gejolak Sejarah yang ditulis oleh Sili Suli tersebut diluncurkan pada Rabu, 26 Mei 2021 di Tongkonan Toraja Kepala Gading Jakarta.

Buku Biografi Brigjen Frans Karangan disambut antusias oleh beberapa tokoh dan masyarakat Toraja, salah satunya yakni Victor Senobua.

"Sudah 40 tahun lamanya menunggu terbitnya buku tentang perjuangan Frans Karangan. Batalyon R yang dipimpin Frans Karangan mempunyai peran besar saat menumpas Permesta di Palu" ungkap Victor Senobua

Peristiwa 1953, Frans Karangan memimpin pasukannya bergabung dengan orang toraja yang dikumpulkan Willem Linggi Tambing (WL Tambing) ketika menghadang Gerombolan yang ingin mengacaukan Toraja.

Pada Perisitiwa 1958, Frans Karangan mengutus Pasukannya dari Palu melalui hutan untuk membantu perjuangan masyarakat Toraja dari penindasan Andi Sose.

Saat Andi Sose’ menginvasi Toraja, beberapa tokoh Toraja lainnya seperti Frans Karangan, J. Pappang, Parengge’ Buntao, Sanda, Manika, Belo dan lain-lain mengangkat senjata melawan Andi Sose’. Frans Karangan pernah menjadi anak buah dari Qahhar Mudzakkar pemimpin DI/TII dan Andi Sose. Komandan Rezimen adalah Qahhar Mudzakar, Komandan Batalyon 720 adalah Andi Sose’ yang memiliki 4 Kompi, salah satunya Kompi 2 yang dipimpin Frans Karangan.

Selain itu, Frans Karangan bergabung dengan pemimpin TNI dalam menumpas pemberontakan Permesta di Sulawesi.

Sang penulis Sili Suli,mengungkapkan bahwa buku ini bisa terbit semata-mata atas berkat dan perkenan TUHAN melalui dukungan banyak pihak. “Proses penyusunan buku ini memakan waktu hampir dua tahun karena dilakukan sebelum pandemi covid-19 dan baru terbit pada bulan Maret 2021, “ ujar Sili Suli.(*)

* Foto Brigjen Frans Karangan berama istri Zarah Sulle Sampetoding

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia