KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanDisiplin Prokes Jangan Kendor Kekuatan Covid-19 Varian Delta Disebut 2,5 Kali Lebih Berbahaya oleh : Danny Melani Butarbutar
22-Jun-2021, 12:51 WIB


 
  KabarIndonesia - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena kondisi kesehatan dan imunitas yang terjaga di tengah ancaman kesehatan yang tidak surut karena pandemi.

Seperti dikhawatirkan sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam setelah libur lebaran sepanjang Mei 2021 dan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 

Komunitas Marga Menambah Semarak Natal di Tanah Batak

 
ROHANI

Komunitas Marga Menambah Semarak Natal di Tanah Batak
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 25-Des-2019, 01:49:25 WIB

KabarIndonesia - Tarutung,  Perayaan Natal setiap tahunnya tetap semarak di kawasan Tanah Batak, yang dikenal sebagai wilayah yang dihuni mayoritas penganut agama Kristen. Peringatan hari lahirnya Yesus Kristus tidak hanya dilalukan oleh gereja dengan aneka agenda yang dikemas secara rutin. Perayaan juga disemarakkan oleh komunitas arisan, perkumpulan kongsi STM ( Serikat Tolong Menolong) yang banyak berdiri di berbagai tempat, demikian juga oleh kalangan partai politik, organisasi massa, kaum pekerja, dan lainnya. 

Salah satu elemen yang memperkaya semarak perayaan Natal adalah komunitas marga. Tidak hanya di bona pasogit (kampung halaman) tetapi juga sudah menjadi trend di berbagai kota besar yang kondisi toleransinya sudah terjaga. Di Tarutung dan Balige misalnya, perayaan Natal komunitas marga silih berganti dilaksanakan di gedung-gedung milik pemerintah dan swasta. 

Sejak beberapa bulan sebelum bulan Desember setiap tahunnya, biasanya gedung sewaan yang ada di kota sudah dibooking kalangan tertentu, karena banyaknya komunitas marga dan organisasi sosial yang akan menggunakannya. Terkadang karena gedung sudah terjadwal penuh, ada komunitas terpaksa memilih di tempat lain. 

Di Tarutung, seperti dicatat reporter KabarIndonesia, puluhan marga yang populasinya terbanyak jarang yang absen dalam merayakan natal. Seperti marga Simanjuntak, Ditumorang, Sihombing, Siregar, Simamora, atau komunitas kesatuan marga yang menghimpun sejumlah marga terkait seperti keturunan Si Raja Sonang, Borbor, Parna, dan lainnnya.

Beberapa tahun terakhir sejak seringnya terjadi peristiwa teror bom, pengamanan setiap tahunnya terus dilakukan aparat. Hampir setiap gereja terutama gereja-gereja besar di perkotaan mendapatkan penjagaan dari pihak kepolisian Warga juga diingatkan selalu waspada mengawasi sekitarnya saat berlangsungnya perayaaan Natal.

Foto: Perayaan Natal marga Simanjuntak Sitolu Sada Ina di Gedung Nasional (19/12), dihadiri sekitar tiga ribuan warga. (Leonardo TSm)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia