KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanGrab Bersatu Bersama 23 Merek Favorit, Galang Bantuan Penanganan Pandemi oleh : Wahyu Ari Wicaksono
02-Aug-2021, 10:00 WIB


 
 
KabarIndonesia – Memasuki bulan perayaan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Grab, yang dikenal sebagai aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan 23 Merek favorit nasional, menggagas kampanye kepedulian dengan tajuk: BERSATU Untuk Indonesia.  Kampanye kepedulian ini bertujuan untuk membantu
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA



 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB

 
 
EKONOMI

RAKERNAS I KMDT RESMIKAN DESA WISATA BINAAN DAN PAMERAN UMKM SE KAWASAN DANAU TOBA
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 12-Apr-2021, 13:22:21 WIB

KabarIndonesia - Porsea, Sebagaimana telah dijadwalkan Panitia, hari kedua Rakernas I Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), Ketua Umum Edison Manurung bersama rombongan melakukan peresmian Desa Binaan KMDT dan pameran UMKM se-kawasan Danau Toba. Peresmian tersebut dilakukan di Pantai Pasifik, Porsea Kabupaten Toba Sumatera Utara pada Sabtu, 11 April 2021.


Kegiatan yang dihadiri perwakilan Kementerian Koperasi RI dan Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, SE sekaligus melakukan pemberian KUR dari BNI dan BRI ke Pengusaha Binaan KMDT se-kawasan Danau Toba.

Tampak di lokasi para pelaku UKM di kawasan Danau Toba melakukan pameran produksi asli Danau Toba di stand yang disediakan oleh panitia KMDT.

Sebagaimana diberitakan, sebelumnya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang lazim dipanggil Bamsoet membuka resmi secara virtual kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) di Labersa Toba Hotel Balige, kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat, 9 April 2021.

Ketua Umum DPP KMDT, St Edison Manurung SH MM pada acara pembukaan Rakernas I menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung KMDT selama ini terlebih dalam konsep pengembangan program KMDT serta sinergisitas kerja sejak KMDT terbentuk pada tahun 2019 lalu.

"Rakernas pertama ini kita menekankan pada program pengorganisasian, rencana strategis, anggaran keuangan serta pembahasan isu-isu nasioal dan lokal yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba," ujar Edison Manurung. dihadapan peserta yang mengikuti Rakernas secara on site dan virtual.

Dikatakannya, bahwa setelah Rakernas I, KMDT akan melaporkan hasil Rakernas serta hasil kajian-kajian tim perumus KMDT termasuk rekomendasi untuk menutup seluruh keramba yang ada di Danau Toba kepada Presiden Jokowi.

"Bahkan rekomendasi penutupan keramba di Danau Toba akan kita serahkan kepada Presiden RI Joko Widodo," tambah Edison disambut tepuk tangan peserta Rakernas.

Selanjutnya St Edison Manurung menjelaskan bahwa, KMDT hadir dari masyarakat dan untuk masyarakat, oleh karena itu KMDT melakukan inventarisasi permasalahan Danau Toba dan mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Disebutkannya, dalam Rakernas ini juga akan dilakukan penyerahan bea siswa kepada 100 mahasiswa dari Universitas Terbuka (UT) lewat kerjasama yang dibangun KMDT dengan Rektor UT, penyerahan KUR hasil kerjasama dengan Bank BRI dan BNI kepada 20 pengusaha UMKM se kawasan Danau Toba.

"Semoga Rakernas ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan pemikiran dan program kerja yang akan dilaksanakan oleh KMDT ke depannya," pungkas Edison.

Pameran UMKM Binaan KMDT

Sebagaimana diberitakan, Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) menggelar pameran UMKM di pantai Pasir Putih Danau Toba Pasifik Desa Patane IV Kecamatan Porsea, Sabtu (10/4/2021).

Pameran ini menampilkan hasil karya UMKM dari 8 daerah Kabupaten se Kawasan Danau Toba ini dibuka Staf Ahli Kementerian UMKM dan Koperasi Bidang antar Lembaga Kementerian Koperasi, Luhur Pradjarto.

Disebutkan Luhur, pameran yang digelar ini sebagai salah satu ajang bagi para pelaku usaha wisata, sekaligus sarana untuk saling berinteraksi dengan pelaku daerah lainnya. Salah satunya Ulos Batak.

Karenanya, pelaku UMKM sebagai pelaku wisata haruslah mampu berkreasi dan berinovasi mengembangkan motif ulos menjadi berbagai jenis produk yang menarik bagi wisatawan. Selain itu, produk ini juga diharapkan dapat dikembangkan pemasarannya sehingga bisa dipasarkan hingga ke luar negeri.

Wakil Bupati Toba Tonni Simanjuntak berterima kasih dengan penyelenggaraan KMDT yang penuh semangat untuk mendukung pengembangan dan pembangunan kawasan wisata Danau Toba menuju pariwisata internasional.

Pemkab Toba sebutnya, kedepan siap menerima masukan dari KMDT demi kemajuan pembangunan Kabupaten Toba secara khusus pada peningkatan pariwisata. "Untuk kedepannya kami siap memfasilitasi kegiatan KMDT demi kemajuan destinasi wisata Danau Toba," janji Tonni.

Ketua umum KMDT, Edison Manurung menyebutkan untuk desa-desa wisata binaan KMDT akan didorong melalui kementerian terkait untuk peningkatan usahanya.

Kedepan juga UMKM akan mendapatkan bantuan KUR sebagai modal tambahan usaha, di mana selama ini kendala yang dialami pelaku UMKM adalah modal minim dengan kerjasama KMDT dengan pihak Bank.

Sementara Dirut PT Hutahaean, HW Hutahean mengapresiasi Ketua umum KMDT memberikan perhatian untuk percepatan pembangunan kawasan Wisata Danau Toba. Hal ini juga diharapkan mendapatkan dukungan pemerintah serta stakeholder lainnya serta seluruh elemen masayarakat se kawasan Danau Toba.

Pelaku UMKM pada kesempatan ini menerima bantuan KUR sebagai tambahan modal usaha. Bantuan ini berkat kerjasama KMDT dengan pihak Bank BNI dan BRI yang diserahkan St HW Hutahaean Dirut PT Hutahaean, pemilik Hotel Labersa Hotel Balige.

Hadir dalam acara ini, mantan Kepala Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Dr Robinson Sitorus SH MH, Dirut PT Hutahean/Labersa Toba Hotel St HW Hutahaean, Camat Uluan Hendry Butarbutar, Camat Parmaksian Paiman Butarbutar dan beberapa Dewan pakar KMDT dan Pejabat dari Prov Sumut utusan Gubernur Sumut.

Acara dirangkai dengan penandatanganan prasasti dalam upaya pencanangan desa wista Danau Toba oleh Ketua Umum KMDT St Edison Manurung SH MM, Staf Ahli Kementerian UMKM dan Koperasi Bidang antar Lembaga Kementerian Koperasi mewakili Menteri UMKM dan Koperasi RI, Luhur Pradjarto, Wakil Bupati Toba Tonni Simanjuntak.

Stand pameran diisi pelaku UMKM dari Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Dairi, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Karo serta Kabupaten Toba.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia