KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
KesehatanDisiplin Prokes Jangan Kendor Kekuatan Covid-19 Varian Delta Disebut 2,5 Kali Lebih Berbahaya oleh : Danny Melani Butarbutar
22-Jun-2021, 12:51 WIB


 
  KabarIndonesia - Hai, apa kabarmu? Semoga kabarmu baik karena kondisi kesehatan dan imunitas yang terjaga di tengah ancaman kesehatan yang tidak surut karena pandemi.

Seperti dikhawatirkan sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam setelah libur lebaran sepanjang Mei 2021 dan
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA




 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
INTERNASIONAL

Akibat Lonjakan Kasus Covid 19 Malaysia Umumkan Lockdown Nasional dari 12 Mei hingga 7 Juni 2021
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 11-Mei-2021, 10:40:53 WIB

KabarIndonesia - Mengutip berita Tribunnews.com, Malaysia akan memberlakukan perintah pengendalian pergerakan nasional atau MCO mulai 12 Mei 2021 hingga 7 Juni 2021.

Langkah itu dilakukan guna mengendalikan jumlah kasus Covid-19 di negara itu, demikian dikatakan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada hari Senin (10/5/2021).

Dilansir Straits Times, Tan Sri Muhyiddin mengatakan, keputusan itu diambil oleh Dewan Keamanan Nasional - badan pembuat keputusan tentang pandemi - selama pertemuan yang dipimpin olehnya pada Senin. Langkah ini adalah lockdown besar ketiga yang diberlakukan sejak dimulainya pandemi di Malaysia.

MCO kali ini kemungkinan akan menjadi yang paling ketat sejak MCO Maret tahun lalu, ketika sebagian besar ekonomi negara itu ditutup.

Muhyiddin mengatakan kegiatan ekonomi akan terus berlanjut di seluruh negeri. Akan tetapi, semua kegiatan sosial, acara, makan di restoran, dan perjalanan antar distrik dan antar negara dilarang.

Perjalanan melintasi jalur negara bagian dan distrik hanya diperbolehkan untuk pekerjaan, keadaan darurat, janji medis, kunjungan pasangan dan untuk janji vaksinasi. Hanya aktivitas luar ruangan tertentu yang diizinkan, kata Muhyiddin.

Keputusan lockdown diumumkan hanya beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri yang akan dirayakan pada hari Kamis.

Tiga Kali Lockdown
Lockdown pertama Malaysia untuk menangani Covid-19 berlangsung hampir dua bulan antara Maret dan Mei tahun lalu. Malaysia disebut hampir berhasil menangani awal pandemi.

Namun adanya pemilihan majelis legislatif negara bagian Sabah pada bulan September memicu gelombang baru. Kasus terus berlanjut selama hampir sembilan bulan kemudian.
Muhyiddin lalu memberlakukan MCO di sebagian besar negara antara Januari dan Februari tahun 2021.

Pembukaan kembali ekonomi pada bulan Desember 2020 sempat menyebabkan lonjakan infeksi. Kasus infeksi Covid-19 menunjukkan tanda-tanda mereda sejak Maret 2021. Tetapi melonjak lagi pada pertengahan April di awal bulan puasa Ramadhan.

Pemerintah memang mengizinkan bazar makanan Ramadhan dibuka kembali setelah sempat dilarang tahun lalu, yang dianggap menjadi salah satu penyebab lonjakan kasus.

Pemerintah juga memberikan izin untuk sholat Ramadhan setiap malam. Selain itu, restoran yang biasanya tutup pada tengah malam, diperbolehkan buka hingga pukul 6 pagi.

Kasus aktif meningkat lebih dari dua kali lipat dalam sebulan terakhir. Kasus naik dari yang terendah 15.000 kasus aktif pada awal April menjadi lebih dari 37.396 kasus aktif pada hari Senin.

Otoritas kesehatan telah menyaksikan lonjakan baru rawat inap ketika varian baru virus dilaporkan di Malaysia.

Pada Senin (10/5/2021), 434 pasien berada di unit perawatan intensif dengan lebih dari setengahnya membutuhkan bantuan pernapasan.

Sementara sehari sebelumnya, Malaysia mencatat jumlah kematian tertinggi sejak pandemi dimulai, yaitu dengan 26 kematian.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Majelis Rakyat Papua Didukung PGI 13 Jun 2021 04:31 WIB


 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia