Paul E. Talo (07-Jul-2009, 14:42:11)
Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia masih sebatas tulisan para peneliti, workshop oleh NGO dan pelaku pariwisata, seminar
oleh para pemikir dan pelaku pariwisata dengan mengundang pejabat Depbudpar, dan pidato para pejabat termasuk Menterinya. Belum ada potical will pemerintah pusat dan daerah untuk benar2 merencanakan dan melaksanakan pembangunan sesuai dengan Agenda 21. Perencanaan pembangunan pariwisata berkelanjutan itu harus dilakukan pemerintah. Swasta itu mikirnya profit, biar hutan dibabat, jurang dihabisi, pantai dipermak lalu limbahnya dibuang juga ke pantai itu. Sumberdaya manusia lokal dihitung dengan irit, kalau SDA asing biar bodoh dibayar tinggi, yang penting tampang. Ekonomi? untuk dia dong. Masyarakat sekeliling? silahkan menonton...itu yang terjadi di negaraku tercinta ini...ayo coba cek di Medan, Danau Toba, Bukit Tinggi, Padang, Jakarta, Bali, Manado, Yogyakarta dstnya. Rumah reot, miskin papa, nasi aking ada di samping gedung hotel wah wah wah......itu. Sayang sekali, perlu pembalikan cara berpikir, cara tindak. Think and do it......!

Novarin N Mpp (24-Nov-2008, 16:25:58)
Assalam....

5 program untuk tercapainya pembangunan pariwisata berkelanjutan harus benar-benar dilakukan dengan baik, agar industri pariwisata semakin maju dan berkembang. beberapa indikator dalam suatu destinasi pariwisata memang harus ada, agar dapat mengukur keberhasilan yang akan dicapai. dan tentunya semua itu butuh perencanaan yang baik dalam suatu konsep yang matang.

wassalam...

Irwan Rahadian (17-Nov-2008, 21:23:06)
Membangun pariwisata yang berkelanjutan adalah penting karena pariwisata senantiasa mengikuti perkembangan jaman jadi kita harus bisa mengatasinya, karena jika tidak pariwisata kita tidak akan berkembang. Disamping itu juga diperlukan komponen-konponen yang mendukung , misalnya seperti SDM-nya karena jika sdm-nya baik dan kompeten maka akan lebih mudah mengembangkanya seperti contoh dalam menngembangkan ODTW pantai pangandaran maka dibutuh kan orang-orang yang mengerti tentang tata kelautan dan juga komponen lainya adalah penggunaan teknologi yang sesuai dengan perkembangan jaman, hal ini dapat dilihat masih banyaknya teknologi yang kurang tepat yang digunakan dalam mengembangkan pariwisata.

Ojie (14-Nov-2008, 15:11:59)
Bila dibandingkan dengan beberapa negara lain, indonesia termasuk dalam satu negara yang kaya akan potensi alam, tapi kurangnya SDM, membuat kekayaan alam itu menjadi fatamorgana bagi pecinta alam itu sendiri, apa sich yang menyebabkan SDM indonesia tidak berkembang seperti halnya orang-orang luar sana yang rata-rata penghasilan suatu negara itu bisa dinikmati dengan hanya tertawa lebar.......
mengapa perkembangan destinasi parawisata kita tertingal jauh dengan negara-negara seperti singapura dll........?

Aji Prasetya Hadi (12-Nov-2008, 07:30:00)
Yang sekarang dapat dilihat di indonesia adalah indonesia memiliki potensi yang baik dari banyak sisi, akan tetapi indonesia kurang dapat mengembangkan potensi tersebut.
banyak daerah selain bali yang bisa di jual baik kepada winus atau wisman akan tetapi sarana dan prasarananya dapat dibilah jauh dari baik.
seperti akses jalan yang buruk untuk dapat mencapai daerah tersebut atau pun jalan yang sempit (hanya satu jalur dan dapat membahayakan wisatawan tsb.)
maka dibutuhkan masukan - masukan kepada pemerintah pusat agar anggaran untuk pariwisata dapat di naikkan, karna yang kita tahu bahwa anggaran untuk pariwisata tidak banyak tapi keinginan untuk mendapatkan keuntungan dari pariwisata sangat diidam-idamkan sehingga tidak memikirkan baik kebersihan tempat tersebut kenyamanan tempat wisata tersebut.
mungkin itu sebuah gagasan yang dapat dicermati agar pembangunan pariwisata berkelanjutan dapat berlanjut dan berwujud.

Dian Permana Mpp (11-Nov-2008, 20:52:23)
Dilihat dari segi indikator yang dipakai untuk mengatur tingkat keberlanjutan suatu destinasi wisata perencanaan dan pengendalian pembangunan sangat penting sekali menurut saya karena bila perancanaan itu berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan maka sembilan indikator lainnya akan mengikuti. di indonesia ini lah yang harus segera di benahi karena dari banyak masalah masalah (termasuk itu pariwisata) yang timbul diakibatkan oleh hal ini.

Tia A-mpp.b (11-Nov-2008, 11:19:37)
Konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan ialah proses pembangunan yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan yang kita perlukan sekarang dan selanjutnya diwariskan kepada generasi mendatang. Jadi dengan pola konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan, generasi sekarang dan generasi yang akan datang mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk menikmati alam beserta isinya ini. Maka dari itu, saya sebagai insan pariwisata akan terus berupaya untuk melindungi dan menjaga kekayaan alam, karena pariwisata merupakan sumber untuk membiayai upaya perlindungan sumberdaya lingkungan.

Kinanti-mpp (10-Nov-2008, 20:48:33)
Pariwisata di indonesia mempunyai prospek yang menguntungkan akan tetapi sarana dan prasana yang msh kurang baik di kelola dengan baik,,,kurang nya kesadaran ,tanggung jawab dan kerja sama antara pemerintah dan para pengusaha yg bergerak di bidang pariwisata,karena itu yg di bth kan dalam pembangunan pariwisata di indonesia,itu mungkin yg dapat pembangunan pariwisata akan berlanjut dan tercapai.


Hal :  1|