KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalForum Promoter 2018 POLRI: Indonesia Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 (1) oleh : Rohmah S
23-Mei-2018, 12:15 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara.

Pangan memiliki peran dan fungsi vital bagi bangsa dan Negara Indonesia.
selengkapnya....


 


 
BERITA HIBURAN LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Laju 10 Kilometer 22 Mei 2018 14:44 WIB

Ranting Putih 22 Mei 2018 14:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
HIBURAN

Vocalis dan Musisi Koes Plus Yon Koeswoyo Meninggal Dunia
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 05-Jan-2018, 06:44:45 WIB

KabarIndonesia - Setelah kepergian vocalis dan musisi legendaris Benny Panbers tahun lalu, Industri musik tanah air, hari ini Jumat (5/1/2018) kembali berduka, vokalis band musik legendaris Indonesia Koes Plus, Yon Koeswoyo meninggal dunia. Kabar kepergian 8sang vokalis dengan suara khas tersebut diungkapkan oleh salah satu keluarganya.

"Telah wafat dgn tenang Adik, Kakak, Ayah, Eyang tercinta Yon Koeswoyo ( Koes Bersaudara / Koes Plus ), pagi ini Jumat 5 Jan 2018, pukul 05.50 WIB, pada usia 77 tahun. Rumah duka Jl. Salak Pamulang, Jakarta Selatan"

Hal itu dibenarkan oleh Bens Leo, pengamat musik, yang mendapat kabar dari anak Yon, Nomo Korswoyo. "Iya benar, mas Yon meninggal dunia tadi pagi," kata Leo dihubungi wartawan, Jumat (5/1/2018) pagi, saat Bens tengah menuju rumah duka di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Diceritakan Bens selama dua tahun terakhir Yon sudah keluar masuk rumah sakit lantaran komplikasi penyakit yang ia derita. Menurut Bens pertemuan terakhirnya dengan Yon saat menjenguk di rumah sakit. "Terakhir saya jenguk di Eka Hospital BSD, tapi saat itu sih sempat sehat kembali," ujarnya pada wartawan tribunmedia.com.

Yon yang bernama asli Koesyono Koeswoyo lahir di Tuban, Jawa Timur, 27 September 1941 (77 tahun lalu). Ia membentuk band legendaris tanah air 'Koes Plus' yang sebelumnya bernama Koes Bersaudara. Koes Plus merupakan kelompok musik yang sangat terkenal di era tahun 1960 hingga 1980-an.

Laporan tribunnews.com, perjalanan karir musik band Koes Plus/Koes Brothers cukup panjang. Terinspirasi dari grup musik asal Amerika, Everly Brothers, Yon Koeswoyo bersama saudaranya membentuk Kus Brothers pada 1958. Personel Kus Brothers saat itu, Yon (gitar dan vokal), Yok Koeswoyo (vokal bass) John Koeswoyo (upright bass), Tonny Koeswoyo (gitar), serta Nomo Koeswoyo (drum).

Album pertama mereka direkam pada 1962. Setahun sebelum mereka mengubah nama menjadi Koes Bersaudara sepeninggal John Koeswoyo.
Saat menggunakan nama itulah mereka mengawali kesuksesannya di blantika musik Tanah Air. Namun, kesuksesan itu terkendala karena mereka dijebloskan ke penjara Glodok pada 29 Juni 1965. Mereka dianggap kebarat-baratan setelah memainkan lagu-lagu The Beatlesyang dianggap rezim saat itu, meracuni jiwa generasi muda.

Sehari sebelum pecahnya Gerakan 30 September PKI pada September 1965, empat bersaudara itu dibebaskan. Selepas peristiwa itu, mereka mulai kembali berkarya. Jelang perubahan nama menjadi Koes Plus, mereka sempat mengalami konflik lantaran bongkar pasang pemain.Mereka sempat berdebat mengenai masuknya personel yang bukan dari keluarga Koeswoyo. Namun, formasi baru yakni dengan masuknya Murry serta Totok AR, tak menghalangi Koes Plus menjajaki karir dengan mulus.

Deretan tembang mereka yakni 'Derita', 'Manis dan Sayang' serta 'Cintamu Telah Berlalu' merajai tangga musik. Puncaknya, 1974 lalu tercatat Koes Plus merilis 24 album yang berarti setiap sebulan sekali Koes Plus merilis 2 album. Periode 1970an tampaknya bisa disebut puncak kejayaan mereka.
Hingga akhirnya, mereka vakum pada 1980an.

Selama vakum, Yon sempat merilis album solo yang juga mendapat sambutan baik penikmat musik. Setelah sempat vakum, 1993 lalu Koes Plus kembali menggebrak industri musik. Saat itu ada perubahan personel ditandai masuknya Deddy Dorres. Sayang, Deddy Dorres mengundurkan diri hingga masuknya Andolin Sibuea dan Jack Kasbie.

Yon akhirnya menjadi satu satunya keluarga Koeswoyo yang tersisa di Koes Plus. Ia sempat mendapuk pemain muda, yakni Danang ex-B-Plus, Soni ex-B-Plus, dan Seno untuk tergabung dalam Koes Plus Pembaharuan atau Koes Plusformasi Milenium.

Aksi panggung grup band legendaris Koes Plus saat tampil pada Konser Jakarta Dekade di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat (11/12/2015) malam. Almarhum Yon Koeswoyo, sang vokalis dan gitaris, tetap energik di usia 73 tahun, saat ia tampil bersama musisi muda generasi kedua keluarga Koeswoyo.

Pada akhir 2016, Yon sempat menyatakan dirinya siap untuk konser Koes Plus yang akan digelar pada 9 Desember 2016 di Balai Sarbini, Semanggi, Jakarta Selatan. Meskipun pada saat itu, Yon baru pulih penyakit infeksi paru-paru yang ia derita.

Sejak tahun 2016, mas Yon kerap keluar masuk rumah sakit, hingga menghembuskan nafas terakhir pada Jumat, 5 /1/17 pagi, menyusul sang legenda vocalis Benny Panjaitan, Panber's yang lebih dulu menghadapNya tahun 2017 lalu. Selamat jalan, Yon Koes, karya musikmu akan terus dikenang.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Rayakan Ramadhan, Shopee Ajak Pengguna Berbelanja dan Beramal di Bulan Suci Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia memaparkan kampanye Ramadhan Shopee dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB


 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia