KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA HIBURAN LAINNYA











 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
KAMI MASIH PUNYA RASA MALU 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
DESAINER SANG PEMUJA SETAN! 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Toko Boekoe Tempo Doeloe

 
HIBURAN

Toko Boekoe Tempo Doeloe
Oleh : Kabarindonesia | 04-Apr-2020, 09:39:47 WIB

KabarIndonesia - Hampir setiap anak Tempo Doeloe senang baca komik, termasuk saya. Sebelum ada komik dalam bentuk buku, kami selalu membaca komik strip yang terdapat di koran ataupun majalah.

Misalnya, Put On yang terbit rutin di surat kabar Sin Po (Sinar Harapan). Komik strip Put On merupakan hasil karya dari Kho Wan Gie sejak tahun 1930.

Komik strip lainnya adalah Tarzan, Sie Djien Koei Tjeng Tang (karya Siaw Tiek Kwie), dan Apiauw (karya Goei Kwat Siong) dari majalah Star Weekly.

Komik pertama yang berupa buku dalam bahasa Indonesia adalah Sri Asih (Wonder Women Indonesia) yang merupakan karya komik pertama dari R.A. Kosasih (almarhum), sang legenda Bapak Komik Indonesia.   Ia juga adalah pengarang komik Mahabarata. Komik ini diterbitkan oleh toko buku Melodi (Tan Eng Hiang) - Jalan ABC di tahun 1952.

Di samping komik, saya juga kecanduan bacaan silat.   Saya membaca hampir semua cerita silat yang bisa didapatkan, mulai dari cerita silat (bersambung) di koran harian tempo doeloe seperti Sin Po (Sinar Harapan), Keng Po (Kompas), Star Weekly (Kim Tjoa Kiam - 1958) sampai dengan buku silat karangan Kho Ping Hoo, Tjan Id, Liang Ie Shen sampai Lho Khuan Chung. Karena sedemikian rajinnya baca silat, sampai tidak naik kelas.   Kalau kelompok Sin Po, penerjemahnya adalah Gan KL (Gan Kok Liang). Sedangkan kelompok Keng Po memakai OKT (Oey Kim Tiang).   Media yang mempublikasikan karangan Kho Ping Hoo itu adalah majalah "Analisa".

Selain cerita silat,saya juga hobi membaca buku roman detektif seperti Naga Mas, Les Hitam maupun Gagaklodra.

Majalah Star (1939-1942) yang kemudian bertukar menjadi Star Weekly, "Pancawarna"(kepunyaan Sin Po), "Varia" (kepunyaan Keng Po) dan "Analisa". Karena begitu senangnya membaca buku, walaupun pada saat itu saya belum menguasai bahasa Inggris, tetapi sudah berlangganan buku dari British Council - Jalan Naripan.

Maklum, di situ saya bisa pinjam buku secara gratisan. Selain itu, saya juga sering berburu buku bekas di pasar loak yang berlokasi.

Ketika mulai remaja saya sering mencari buku stensilan esek-esek. Yg paling beken adalah Enny Arrow.   Pada saat itu buku-buku Enny Arrow dalam bentuk stensilan diperjual belikan secara sembunyi-sembunyi alias underground.

Sering yang menjualnya pada waktu itu menyelipkan stensilan tersebut di antara koran atau majalah yang mereka jual.

Menurut 17,2% responden pada saat itu. Membaca karya Enny Arrow/ stensilan menjadi sumber pertama pengetahuan mereka tentang seks.

Sesuatu yang dianggap cabul dan tabu pada saat itu ternyata bisa menginspirasi banyak orang dan menjadi bahan bacaan pengetahuan tentang seks.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
Agama Nano Nato 30 Mei 2020 00:58 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia