KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiBerkat di Balik Wabah Corona oleh : Fida Abbott
09-Apr-2020, 01:17 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tahun 2020 ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Siapa yang tak kenal Covid-19? Makhluk kasat mata ini menjadi populer di mana-mana saat ini. Dia bukan pahlawan dunia yang umumnya dikenang sepanjang masa melainkan sebuah musuh yang dikenal oleh masyarakat
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Virus Corona Tak Urungkan Niat Raja dan Ratu Belanda ke Danau Toba

 
NASIONAL

Virus Corona Tak Urungkan Niat Raja dan Ratu Belanda ke Danau Toba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 06-Mar-2020, 03:11:52 WIB

KabarIndonesia - Virus Corona Tak Pupuskan Niat Raja dan Ratu Belanda ke Danau Toba Maret Ini. Demikian Ade Miranti Karunia, KOMPAS.com mengabarkan Kamis, 5 Maret 2020.

Lebih lanjut disampaikan, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa meski ada wabah virus corona Raja dan Ratu Belanda, Willem-Alexander dan Maxima, hingga kini masih belum mengubah jadwal kunjungannya ke Indonesia pada 9–13 Maret 2020.

Raja dan Ratu Belanda itu dijadwalkan mengunjungi beberapa spot wisata budaya dan juga akan berlayar mengelilingi Danau Toba.

"Kunjungan ini merupakan undangan dari Presiden Joko Widodo dan kunjungan pertama mereka dalam 25 tahun terakhir. Pada tanggal 13 Maret Raja dan Ratu dijadwalkan berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba seharian. Karena itu kami juga melakukan koordinasi persiapan kunjungan tersebut dalam rapat tadi," katanya melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).

Sementara itu dikatakannya, penataan kawasan wisata Danau Toba yang masuk dalam 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan menjadi destinasi super prioritas, untuk tahap awal ditargetkan selesai pertengahan tahun 2020 ini.

"Tadi kami melakukan rapat yang membicarakan 39 spot wisata yang kita sepakati dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Lalu dari 39 itu kita perkecil menjadi sekitar delapan hingga 10 spot saja. Agar kita bisa lebih fokus. Kami hitung berapa yang bisa kita langsung danai sehingga bisa selesai Juni," jelas Menko Luhut..

Masih menurut Luhut, Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk membuka akses transportasi dan infrastruktur agar sudah tersedia di kawasan Danau Toba secepat mungkin. Dia mengaku jika proyek ini sempat tertunda sekitar 8 bulan karena alasan sengketa tanah, tetapi sekarang sudah selesai.

"Di otorita Sibisa sudah beberapa investor yang mau masuk, dengan para investor itu kami akan menyelesaikan tiga ruas jalan, listrik, dan IPAL (Instalasi Pengolahan Limbah). Ini sudah ditenderkan dan akan dikerjakan bulan April, dengan begitu sekitar Mei atau Juni konstruksinya sudah bisa dimulai," ujarnya.

Diperoleh informasi, Kementerian PUPR tahun ini memfokuskan pada dukungan infrastruktur di 5 KSPN Prioritas, harus selesai pada akhir 2020 sehingga pada tahun 2021 dapat memulai 5 KSPN lainnya. Kelima destinasi wisata prioritas tersebut yaitu, Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Bunaken di Sulawesi Utara, dan Bangka Belitung di Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satu yang akan dilakukan Pemerintah untuk mendukung sektor parawisata di Danau Toba adalah pengembangan bandara Sibisa, Sumatera Utara. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, nantinya landas pacu di bandara tersebut akan diperpanjang. “Sekarang runwaynya 1.200 (meter), kami mau bikin (jadi) 2.000 meter,” ujar Budi pada awak media di Jakarta, Minggu (6/10/2019).

Dikatakannya, tak hanya perpanjangannrunway, terminal penumpang di bandara tersebut juga akan diperbesar. Rencananya, pengembangan bandara itu bisa rampung di 2020. “Kita akan perbaiki terminal karena posisinya di sebelah kurang aman. Terminal itu harus dilengkapi apron juga. Minimal bisa (menampung) 4-5 pesawat,” sebut Budi.

Pengembangan Bandara Sibisa diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Danau Toba. Sebab, dengan landas pacunya di perpanjang akan bisa didarati pesawat berbadan lebar (wide body). “Paling besar (bisa didarati pesawat Boeing) 737 klasik. Yang lain paling pesawat-pesawat kecil kayak private jet,” ucapnya.

Dikabarkan, pengembangan bandara tersebut diperkirakan akan memakan biaya Rp 70 miliar. Dana tersebut akan berasal dari APBN.(*)


Foto: Raja Willem-Alexander dari Belanda bersama istrinya, Ratu Maxima, saat perayaan ulang tahun ke-50 di Istana Kerajaan, 28 April 2017 ( Getty/BBC/Kompas.com)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia