KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tahun Ini (2018) Pemerintah Berencana Kembali Tempatkan PRT di Tiga Negara Timur Tengah (1)

 
NASIONAL

Tahun Ini (2018) Pemerintah Berencana Kembali Tempatkan PRT di Tiga Negara Timur Tengah (1)
Oleh : Rohmah S | 05-Jun-2018, 08:32:03 WIB

KabarIndonesia - Setelah sempat diadakan moratorium, rencananya di tahun ini, pemerintah akan kembali menempatkan tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor pekerja rumah tangga (PRT) di tiga negara di Timur Tengah (Timteng).

Demikian diungkapkan Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Soes Hindharno, kepada wartawan di kantornya, Senin (4/6).

“Dalam tahun 2018 ini segera kita tempatkan PRT ke tiga negara di Timteng,” ujar Soes Hindharno.

Lebih lanjut Soes memaparkan tentang tiga negara yang dimaksud yaitu: Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Qatar.

“Pemerintah tiga negara ini sudah berkali-kali meminta secara resmi kepada pemerintah Indonesia agar PRT kita bisa ditempatkan di sana,” jelas Soes.
Mengenai keberadaan surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmen) Nomor 260 Tahun 2015 tentang Penghentian Pengiriman TKI PRT ke 19 negara di Timteng yang sudah ada, Soes mengatakan, kebijakan penempatan PRT ke tiga negara tersebut tanpa harus mencabut surat tersebut.

Pasalnya kebijakan penempatan PRT ke tiga negara tersebut akan dilandasi dengan dikeluarkannya peraturan yang baru yang sedang digidik dan dirumuskan sekaran ini. “Kita sedang merumuskan ketentuannya,” ungkapnya.

Pemilihan ketiga negara tersebut berdasarkan alasan bahwa untuk menempatkan PRT dalam tahun 2018, selain karena permintaan negara-negara tersebut, juga berdasarkan karena ketiga negara tersebut mempunyai peraturan perundang-undangan yang melindungi tenaga kerja asing, termasuk TKI.

“Hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 31 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI),” jelas Soes meyakinkan.
Spes menyontohkan Arab Saudi. Menurutnya walaupun belum mempunyai peraturan perundang-undangan melindungi tenaga kerja asing, namun pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi telah bersepakat untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

MOu ini berisi pelindungan kepada TKI dengan adanya ketentuan seperti adanya kesempatan bagi TKI untuk berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi, berkomunikasi dengan keluarga, pembatasan jam kerja, serta komitmen bahwa semua dokumen yang menyangkut TKI harus dipegang TKI sendiri. “Ketentuan seperti ini juga berlaku untuk semua negara yang menerima TKI,” kata dia. (*)



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjanaoleh : Rohmah S
17-Aug-2018, 22:49 WIB


 
  Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjana Amilia Agustin menjadi salah satu narasumber Adiwiyata Learning Center (ALC) Goes to School 2017 yang digelar oleh PT Astra International Tbk dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia, Oktober 2017. Ami sering kali dipercaya menjadi narasumber suatu acara, baik oleh perusahaan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia