KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PolitikLolos Kemenkumham RI, Partai Rakyat Segera Tampung Aspirasi Masyarakat oleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Partai Rakyat yang pertama kali deklarasi pada 15 Agustus 2015 di Ancol berhasil lolos Kemenkumham RI dan resmi berbadan Hukum dari Kemenkumham (Kementerian Hukum & Ham) RI.

Partai Rakyat yang dilahirkan dengan slogan "rakyat berkuasa
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
KOMUNIS 23 Sep 2017 03:41 WIB

Kisah Negeri Antah Berantah 22 Sep 2017 09:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Saracen Membahayakan Nilai-nilai Persatuan

 
NASIONAL

Saracen Membahayakan Nilai-nilai Persatuan
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 31-Aug-2017, 04:17:01 WIB

KabarIndonesia - Terbongkarnya industri hoaks kelompok Saracen seharusnya menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat Indonesia agar bangsa ini bisa lebih dewasa untuk menyikapi banjirnya informasi. "Terutama informasi di dunia digital," demikian kata Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Eko Sulistyo saat menerima kelompok wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Nasrani atau Pewarna Indonesia di Bina Graha, pada hari Senin, tanggal 28 Agustus 2017 yang lalu.

“Saracen ini kasus kecil tapi mengerikan, kalau tak ditangani serius bisa membahayakan nilai-nilai persatuan,” kata Eko. Ia mencontohkan, pertikaian antara suku Tutsi dan Hutu di Rwanda yang dipicu berita hoaks melalui radio. Eko juga memaparkan bahwa mungkin saja jelang momentum politik, seperti Pilkada serentak 2018 dan Pemilu Raya 2019 hal itu akan dimanfaatkan. "Kabar-kabar bohong dan fitnah akan kembali bertebaran," demikian Eko mengingatkan.

Sebab itu para penyaji berita diharapkan dapat melawan informasi palsu alias hoax dengan berita-berita positif yang mencerdaskan dan menginspirasi masyarakat. Eko menegaskan, pemerintah berwenang menindak pembuat dan penyebar berita yang berpotensi menimbulkan perpecahan. Ia memaparkan, Article 19 The International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) memang memberikan ruang kebebasan berekspresi.

Namun, masih menurut Eko, Artikel 20 pada Perjanjian Hak Sipil dan Politik itu, juga mengatur sanksi bagi penyebar hasutan dan kebencian. Maka Eko berharap agar para wartawan yang tergabung dalam Pewarna Indonesia jurnalis memegang mandat sosial menjaga persatuan bangsa. Hal ini bukan dimaksudkan untuk mengurangi sikap kritsi para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya "Tapi tugas utamanya menjaga agar Indonesia tak terpecah,” begitu ungkap eko melanjutkan.

Yusuf Mujiono, Ketua Umum Pewarna Indonesia, sepakat dengan pemaparan Eko. Dan Pewarna Indonesia akan menemani pemerintah. “Kami sepakat menemani pemerintah baik di pusat maupun daerah," ungkap pemimpin organisasi profesi wartawan yang berdiri pada tanggal 10 Januari 2013 yang lalu. "Untuk menjaga kegairahan berkebangsaan yang berke-Bhineka Tunggal Ika-an, Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjut Yusuf.

Organisasi Pewarna Indonesia yang dalam usia 3 tahun ini sudah memiliki 12 Kepemimpinan di tingkat provinsi. Bahkan di beberapa provinsi, sudah berhasil membentuk kepemimpinan di tingkat Kabupaten dan kota. Pewarna Indonesia yang berharap bersama pemerintah bisa menjaga komitmen luhur berkebangsaan negeri ini, terutama dalam menjaga keberagaman Indonesia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintasoleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:56 WIB


 
  Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintas Siswa-siswa SDN 028067 Kota Binjai selesai mewarnai gambar dengan tema keselamatan lalu-lintas (24/9). Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra sekaligus mencanangkan Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi, Binjai, Sumatera Utara sebagai Kampung Ramah Anak
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia