KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Personel Korem 044/Gapo Bersama Masyarakat Nobar Film G.30S/PKI

 
NASIONAL

Personel Korem 044/Gapo Bersama Masyarakat Nobar Film G.30S/PKI
Oleh : Dedi Sugiri | 21-Sep-2017, 06:24:07 WIB

KabarIndonesia - Penrem 044/Gapo, Dikabarkan bahwa Korem 044/Garuda Dempo menggelar nonton bareng (Nobar) bersama warga masyarakat.  Film tragedi pengkhianatan Gerakan 30 September atau yang dikenal dengan G.30.S/PKI ditayangkan di halaman rumah susun sewa (Rusunawa) Jln. Kasnariansyah Palembang, mulai sekira pukul 19.30 Wib malam, Rabu (20/9/2017).

Komandan Korem 044/Garuda Dempo yang diwakili oleh Pasi Komsos Siter Korem Mayor Inf  Muhammad Zahron, S.Sos., dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan pemutaran film G.30.S/PKI ini merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat tentang sejarah kelam pemberontakan, penghianatan dan upaya kudeta dari kelompok Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965.

Pemberontakan tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi bangsa Indonesia setelah pemberontakan pertama terjadi pada tahun 1948. Pemberiontakan PKI yang kedua pada tahun 1965 adalah tindakan paling keji dan bengis tidak berperikemanusiaan.  PKI pada waktu itu membunuh setiap orang yang dianggap menjadi penghalang bagi misinya termasuk para ulama, kiyai, santri dan masyarakat luas.

Korban kekejaman PKI tidak terhitung lagi jumlahnya dan pada puncaknya penculikan dan pembunuhan 7 Jenderal Angkatan Darat 1 Pamen dan 1 Pama TNI. Kemudian jenazah para syuhada bangsa dimasukkan ke dalam lubang buaya. Akhirnya rakyat bersama TNI bersatu menumpas PKI hingga ke akar-akarnya.

Lebih lanjut Mayor Zahron mengatakan bahwa nobar pemutaran film G.30.S/PKI selain merupakan instruksi langsung dari Panglima TNI juga sebagai early warning system untuk mengingatkan kembali bahwa bangsa kita Indonesia pernah mengalami masa kelam dan memilukan karena pengkhianatan PKI.

Dahulu, pemutaran film ini hal yang wajib ditayangkan oleh seluruh stasiun televisi, namun sejak era reformasi kegiatan ini dihentikan. "Karenanya, pemutaran film ini untuk mengingatkan kembali serta mengenalkan kembali kepada generasi muda bahwa kejadian tersebut pernah ada serta tidak boleh terulang lagi." jelas Zahron.

Sementara itu, Ketua RT 14 RW 05 Kelurahan 20 Ilir D IV Kecamatan Ilit Timur I Palembang, bapak Alfian menyambut gembira diadakannya pemutaran kembali film tragedi pengkhianatan G.30.S/PKI di wilayahnya. Kelihatan antusiasme masyarakat untuk menonton film ini sangat besar, karena sudah 19 tahun atau sejak reformasi 1998 film ini tidak ditayangkan lagi, sehingga anak-anak sekarang tidak mengetahui tentang sejarah kelam yang pernah dialami bangsa ini.

Dengan adanya pemutaran kembali film ini yang diprakarsai oleh TNI, diharapkan generasi muda akan mengetahui sejarah bangsanya. "Anak-anak sekarang tidak lagi mengetahui kebiadaban PKI kepada bangsa ini, dengan ditontonkannya film G.30.S/PKI ini diharapkan anak-anak muda sekarang memahami dan mengetahui tentang kejadian G.30.S/PKI yang sebenarnya", terang Alfian.(*)      

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia