KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
NASIONAL

Mendagri Tetapkan 23 Daerah Mendapat Peringkat dan Status Kinerja Pemda Secara Nasional Terbaik
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Sep-2018, 12:48:54 WIB

KabarIndonesia -Samosir, Mencermati Nawacita Presiden Jokowi-JK diawal kepemimpinannya: "Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya....; Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan".

Kementerian Dalam Negeri dengan program "good and clean government" melakukan evaluasi atas prestasi dan kinerja pemerintah daerah secara Nasional. Sasaran evaluasi dan penilaian adalah 33 pemerintah daerah provinsi, 397 pemda kabupaten dan 93 pemerintah kota.

Hasil evaluasi dan penilaian kinerja pemda tersebut ditetapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui Kepmendagri Nomor 100-53 Tahun 2018 tanggal 1 Januari 2018, tentang Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara Nasional.

Berbagai sumber menyatakan bahwa pengukuran kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) harus mencakup pengukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Indikator kinerja Pemda meliputi indikator input, indikator proses, indikator output, indikator outcome, indikator benefit dan indikator impact.

Karakteristik Pemda sebagai pure non profit organization menempatkan organisasi ini mempunyai keunikan yang sangat berbeda dengan perusahaan bisnis. Pemda mempunyai tanggung jawab besar di bidang ekonomi dan sosial secara bersama.

Karena itu pengukuran kinerja Pemda harus mempertimbangkan indikator-indikator ekonomi dan sosial secara komprehensif yang mencakup: kondisi ekonomi Nasional, lingkungan bisnis, stabilitas dan pengembangan, kesehatan dan pendidikan di daerah.

Untuk kategori pemerintah daerah (pemda) tingkat provinsi, Jawa Timur berada pada peringkat tertinggi, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sedangkan peringkat terendah diperoleh provinsi NTT, Bengkulu dan Papua.

Dari 397 pemerintah daerah kabupaten, ditetapkan 10 besar yang berprestasi paling tinggi yakni kabupaten Sidoarjo, Tulungagung, Karanganyer, Banyuwangi, Malang, Pasuruan, Kuningan, Kudus, Bulukumba dan kabupaten Bone. 10 kabupaten di peringkat terendah yakni kabupaten Maybrat, Lanny Jaya, Dogiyai, Muna, Mamberamo Raya, Sarmi, Puncak Jaya, Yakuhimo, Deiyai, Paniai di provinsi Papua.

Kategori pemerintah kota, 10 besar peringkat tertinggi dari 93 kota diperoleh: kota Malang, Makassar, Surabaya, Blitar, Gorontalo, Semarang, Bandung, Tangerang, Samarinda dan Parepare. Peringkat terendah diduduki 10 kota yakni Padangsidempuan, Singkawang, Sibolga, Tual, Lhoksumawe, Palangkaraya, Tanjungbalai, Subulussalsm dan kot Gunung Sitoli di kepulauan Nias.

Dalam Kepmendagri tersebut, 3 besar provinsi dan 10 besar kabupaten serta 10 besar kota yang berprestasi tertinggi akan dianugerahi penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha dan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Untuk pemda yang berprestasi paling rendah akan dilakukan pembinaan dan fasilitasi dalam rangka peningkatan kinerja pemda melalui program pengembangan kapasitas daerah.

Selain pemberian penghargaan, Kemendagri juga akan memberikan Atribut Bintang berdasarkan perolehan skor penilaian. Penetapan bintang lima sampai bintang satu didasarkan pada batas atas skor 3,5000 dan batas bawah 3,0000 dengan interval 0,1250 bagi pemerintah provinsi. Sementara untuk pemerintah kabupaten kota ditetapkan antara skor 3,7500 hingga 3,0000 dengan interval 0,1875. Atribut Bintang ini diberikan kepada 9 pemda provinsi, 195 pemda kabupaten dan 57 pemda kota.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia