KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Menag Lukman: Jangan Peralat Agama!

 
NASIONAL

Menag Lukman: Jangan Peralat Agama!
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 09-Nov-2017, 06:14:47 WIB

KabarIndonesia - Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saefudin membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional akbar Persekutuan Gereja-gereja Pantekosta Indonesia atau PGPI tahun 2017 dan perayaan 500 tahun Reformasi Gereja di gedung Gereja GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada hari Selasa tanggal 7 November 2017.

Sebelum membuka Rakernas, Menag Lukman Hakim dalam pengarahannya justru meminta agar setiap pemuka atau pun tokoh agama bisa menjadikan agama sebagai perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Para pendahulu kita yang mendirikan negara ini menjadikan agama sebagai perekat ke-Indonesiaan kita," begitu ungkap Menag Lukman pada hari itu. "Inilah warisan dari pendahulu kita yang harus kita jaga bersama," tambah Menteri kemudian.

Dikatakan Menag Lukman, bahwa agama sesungguhnya mengajarkan kebaikan, seperti maksud Tuhan menghadirkan agama yakni untuk memanusiakan manusia. Lukman prihatin dengan keadaan sekarang ini, agama sering diperalat untuk kepentingan tertentu, bahkan juga diperalat untuk menciptakan konflik. "Jangan menjadikan agama untuk kepentingan pragmatis dan keuntungan diri sendiri," ujarnya dengan tegas.

Pada kesempatan yang sama juga, Menag Lukman Hakim mengingatkan agar pemuka agama tidak mengajarkan fundamentalis yang berujung pada sikap fanatisme agama. Ia menungkapkan bahwa ada dua sisi dalam mengajarkan agama yakni, sisi dalam dan sisi luar. Sisi dalam maksudnya, adalah mengajarkan tentang nilai-nilai kebaikan seperti maksud Tuhan, sedang sisi luar adalah lebih kepada tata cara dan ciri khas peribadatan.

Menteri berharap agar para pemuka agama lebih mengedepankan sisi dalam, dan bukan sisi luar agama. "Agar tidak terjadi pertentangan," demikian Menag Lukman Hakim menjelaskan. "Orang Kristen yang saya tahu harus mampu menebar kasih," begitu ujarnya. "Kalau Islam mengajarkan damai dan Hindu dengan Tridarmanya mengajarkan kebajikan," lanjutnya mengungkapkan. "Intinya semua agama mengajarkan hal yang sama yaitu kebaikan," tandasnya menjelaskan.

Pembukaan Rakernas PGPI hari itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Menag Lukman Hakim sebanyak tiga kali. Tampak hadir pada Acara Pembukaan Rakernas PGPI 2017, tersebut Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof. Dr. Thomas Pentury, M. Si dan Pembimas Kristen DKI Jakarta Lisa Mulyati, S.Sos, M.Si, serta beberapa tokoh dari salah satu dari tujuh Aras Gereja-gereja di Indonesia itu.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia