KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PolitikLolos Kemenkumham RI, Partai Rakyat Segera Tampung Aspirasi Masyarakat oleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Partai Rakyat yang pertama kali deklarasi pada 15 Agustus 2015 di Ancol berhasil lolos Kemenkumham RI dan resmi berbadan Hukum dari Kemenkumham (Kementerian Hukum & Ham) RI.

Partai Rakyat yang dilahirkan dengan slogan "rakyat berkuasa
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
KOMUNIS 23 Sep 2017 03:41 WIB

Kisah Negeri Antah Berantah 22 Sep 2017 09:23 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Mari Melawan Stunting di Indonesia!

 
NASIONAL

Mari Melawan Stunting di Indonesia!
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 13-Sep-2017, 11:56:52 WIB

KabarIndonesia - Data terakhir Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas tahun 2013, menyatakan bahwa jumlah balita yang mengalami kekurangan gizi mengalami peningkatan dari data sebelumnya (tahun 2010). Peningkatan tersebut adalah kenaikan temuan dalam persentasi angka 17,9% menjadi 19,6%. Gizi buruk yang disebut dengan Stunting ini adalah permasalahan kesehatan di Indonesia yang sering menjadi topik pembahasan. Oleh sebab itu, dengan tegas Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM., menyerukan agar semua pihak melawan bahaya stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang panjang. Kebanyakan stunting adalah akibat dari asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting bukan hanya menghambat pertumbuhan, tapi juga berakibat pada perkembangan otak yang tidak maksimal, dan hal ini akan mempengaruhi kemampuan mental seseorang, yang salah satunya dapat dilihat dari minat belajar yang kurang.
“Stunting ini masalah yang penting," demikian ungkap Menkes di Ballroom Krakatau Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Stunting, selain menyerang fisik, penyakit ini juga menyerang otak anak. "Jadi IQ nya kerdil juga,” demikian ujar Menkes Nila, disela-sela acara pembukaan Konas Promosi Kesehatan 2017. Menurutnya, waktu terbaik untuk mencegah stunting adalah sejak masa kehamilan sampai dua tahun pertama kehidupan si bayi. Karena stunting yang terjadi pada awal kehidupan, dapat berdampak buruk pada kesehatan, kognitif, dan fungsional ketika si anak beranjak dewasa.

“Saya juga mengharapkan ibu yang sedang hamil tetap menjaga kondisi mereka dengan baik," begitu ujarnya mengingatkan. "Karena, jika melahirkan dengan berat badan lahir rendah, itu akan membuat gangguan.” lanjutnya memaparkan. Selama ini Kemenkes RI berupaya memerangi stunting dengan memberikan makanan tambahan bagi balita, ibu hamil, dan anak sekolah. Selain itu terus berupaya menyuarakan masalah stunting ini, terutama dalam hal apa yang harus dilakukan orang tua. Dan sejauh ini, upaya yang dilakukan dapat mengurangi stunting di Indonesia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintasoleh : Rohmah Sugiarti
24-Sep-2017, 17:56 WIB


 
  Menhub Budi Karya Ajak Terus Gemakan Keselamatan Berlalu Lintas Siswa-siswa SDN 028067 Kota Binjai selesai mewarnai gambar dengan tema keselamatan lalu-lintas (24/9). Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi membuka kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra sekaligus mencanangkan Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi, Binjai, Sumatera Utara sebagai Kampung Ramah Anak
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia