KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
BNN "Panen" 1 Ton Ganja di Aceh 13 Aug 2020 02:57 WIB


 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

MENPAN-RB: ASN Kerja Dari Rumah Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 16-Mar-2020, 15:30:55 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Dalam upaya pencegahan dan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan Instansi Pemerintah, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) akan bekerja di rumah (work from home)

Hal itu disampaikan Menteri Tjahjo Kumolo saat menggelar virtual press conference mengenai kebijakan pencegahan Covid-19 bagi ASN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Pengaturan Kerja di rumah tersebut ditetapkan dalam Surat Edaran Kementerian PANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Berikut dikutip latar belakang diterbitkannya surat edaran tersebut, yakni:

"Dengan meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di wilayah NKRI, pernyataan resmi WHO bahwa Covid-19 menjadi pandemi global dan pernyataan Presiden RI Jokowi tentang penyebaran virus itu sebagai Bencana Nasional non Alam serta arahan Presiden untuk menyusun kebijakan yang memungkinkan sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja dari rumah dilingkungan instansi Pemerintah sebagai upaya pencegahan dan untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19"

Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, diterbitkannya surat edaran tersebut dimaksudkan sebagai pedoman bagi ASN/instansi Pemerintah dalam pelaksanaan tugas dengan bekerja di rumah/tempat tinggalnya (work from home). Sedangkan tujuannya adalah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi resiko Covid--19 di lingkungan instansi pemerintah. Juga untuk memastikan tupoksi instansi dan pelayanan publik dapat berjalan efektif.

“Tujuan dikeluarkannya Surat Edaran Kementerian PANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah adalah sebagai pedoman bagi instansi pemerintah maupun lembaga dan daerah dalam pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah atau tempat tinggalnya (work from home/WFH) bagi Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19,” sebutnya, seperti dikutip dari menpan.go.id, Senin (16/3/2020).

Selanjutnya dalam surat edaran tersebut ditetapkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, yakni:
1. Penyesuaian Sistem Kerja. Work from home berlaku bagi seluruh ASN, namun harus ada minimal 2 level pejabat struktural tertinggi yang bekerja di kantor. Juga harus diatur bergiliran dengan memerhatijan 8 pertimbangan antara lain: jenis pekerjaan, peta sebaran virus, domisili pegawai, kondisi kesehatan pegawai dan keluarganya, riwayat perjalanan.
2. Penyelenggaraan kegiatan dan perjalanan dinas (6 point penjelasan)
3. Penerapan Standar Kebersihan/sterilisasi lingkungan kerja-kantor
4. Laporan Kesehatan oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Satker dan Pejabat Pembina Kepegawaian.

Di bagian penutup surat edaran, Menpan-RB menegaskan bahwa ketentuan pelaksanaan lebih lanjut mengenai sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah diatur dan ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian di Kementerian/Lembaga/Daerah masing-masing.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
"BURN OUT" = 4G (Gosong) 13 Aug 2020 04:53 WIB


 

 

 
Saatnya Nabung Saja Tidak Cukup 13 Aug 2020 02:57 WIB

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia