KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiJerman Bahas Larangan Berjilbab buat Anak TK dan SD oleh : Kabarindonesia
24-Mei-2019, 14:50 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jerman bergulat dengan fenomena jilbab di kalangan siswa taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Kebiasaan tersebut dinilai mempersulit proses integrasi. Tapi apakah larangan serupa di Austria adalah langkah bijak?

Perdebatan tentang larangan jilbab di sekolah dasar di Jerman
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB


 
Menunggu 19 Mei 2019 16:15 WIB

SYEH SITI JENAR 16 Mei 2019 15:44 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

Kemendiknas Berikan Penghargaan Kepada 51 Penggiat Seni
Oleh : Zohiri Kadir | 03-Okt-2018, 17:01:06 WIB

KabarIndonesia - Kementerian  Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memberikan penghargaan kepada  51 pengiat seni dan budaya pada malam Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi, Rabu (26/9), di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Penghargaan diterima untuk mengapresiasi komitmen mereka melestarikan budaya Indonesia.Para penerima penghargaan tidak hanya memperoleh piagam dan pin emas saja. Mereka juga memperoleh uang penghormatan sebesar Rp 50 juta per orang. Sementara khusus empat maestro di bidang seni tradisi diberikan Rp 25 juta setiap tahunnya hingga mereka wafat.  

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, saat dijumpai di kantor Kemdikbud, Selasa (25/9) mengatakan penghargaan diberikan kepada orang-orang yang memiliki komitmen kuat terhadap nilai-nilai kebudayaan melalui upaya pewarisan, pengembangan, dan pemanfaatan, khususnya terhadap seni tradisi. "Sejak 2012 kegiatan ini sudah dilakukan. Kegiatan ini tidak berhenti pada apresiasi terhadap objek pemajuan kebudayaan dan SDM kebudayaan saja, tetapi harus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan berbasis kebudayaan," terang Hilmar saat taklimat di kantornya. Ia menambahkan melalui program apresiasi diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat sekaligus meningkatkan motivasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap pengembangan kebudayaan Indonesia.

Tahun ini terdapat delapan kategori yang akan diberikan kepada 51 pegiat budaya yang telah terpilih. Di antaranya adalah kategori Tanda kehormatan dari Presiden RI, Maestro Seni Tradisi, Pencipta dan Pelopor, Pelestari, Anak dan Remaja, Pemerintah Daerah, Komunitas, dan yang terakhir Perorangan Asing. Ditambahkan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly, nama-nama penerima penghargaan merupakan hasil seleksi yang dilakukan sejak awal Februari 2018. Sedangkan untuk tim penilai, adalah orang-orang yang dipilih dari luar Kemdikbud. Masing-masing kategori dipercayakan kepada 5 orang penilai, yang memiliki kewenangan secara khusus untuk memilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Semisal untuk kategori Maestro Seni Tradisi, dipercaya kepada seseorang yang mampu menciptakan karya seni di bidang seni rupa, seni tari, seni musik/karawitan, seni teater/pedalangan, seni sastra, seni film/multimedia, seni arsitektur, ataupun mode busana (fashion). "Prestasinya memperlihatkan pembaruan penciptaan karya seni yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan, menunjukkan nilai kepeloporan yang menjadi inspirasi monumental bagi masyarakat, serta berkontribusi pada kemajuan bidang seni yang ditekuninya,"ungkapnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Persiapan Puasa Sahur Dahulu 19 Mei 2019 15:43 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Air Danau Toba Tercemar Berat 24 Mei 2019 15:17 WIB


 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB


 
Doa Yang Sia-Sia 25 Mei 2019 14:32 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia