KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakeraan secara resmi meluncurkan pembentukan  Satgas Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Diharapkan mampu menjadi penyeimbang atas kebijakan sebelumnya yang dianggap mempermudah masuknya TKA, maka pembentukan Satgas TKA
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Prili 16 Mei 2018 14:49 WIB

Terimakasih Kuucapkan 02 Mei 2018 14:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

KTP-El Tetap Berlaku Seumur Hidup
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 20-Jan-2018, 07:58:20 WIB

KabarIndonesia - "Katanya KTP elektronik berlaku seumur hidup. Bagaimana kalau saya pindah alamat, ubah gelar, atau KTP-el saya rusak atau hilang?" Pertanyaan ini masih sering disampaikan masyarakat ke jajaran pengelola Adminduk Kementerian Dalam Negeri.

Hal ini disampaikan Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakhrullah melalui akun facebook maupun grup WA yang dibangun untuk merespon beberbagai masalah tentang kependudukan dan pencatatan sipil.

Menjawab pertanyaan di atas, pada Informasi Hukum dan Administrasi Kependudukan ke 84, Zudan yang juga Ketua DPP Korpri ini, menuliskan penjelasan sebagai berikut:
.
Sahabat Dukcapil yang budiman.
Berdasarkan Undang-Undang Administrasi Kependudukan, KTP-el tidak lagi memiliki batasan masa berlaku alias berlaku seumur hidup. Kalau Sobat saat ini memiliki KTP-el yang di dalamnya tertera/tercetak masa berlaku, misalnya sampai Desember 2017, maka KTP-el tersebut secara otomatis dinyatakan berlaku seumur hidup. Jadi tidak perlu risau, gak perlu galau untuk mengganti agar tertera berlaku seumur hidup.

Dalam database kependudukan, ketika petugas mengakses data, maka semua KTP-el akan tertera masa berlaku "seumur hidup", meskipun di fisik KTP-el masih ada tanggal masa berlakunya. Namun perlu diketahui, KTP-el berlaku seumur hidup bukan berarti sobat gak perlu cetak ulang KTP-el. Ketentuan berlaku seumur hidup hanya bagi pemegang KTP-el yang tidak melakukan perubahan elemen data.

Jadi, kalau seorang penduduk pindah domisili/alamat, merubah/menambah gelar, merubah/menambah nama, maka harus melaporkan perubahan tersebut ke Dinas Dukcapil setempat sekaligus akan dicetak ulang KTP-el, KK, dan dokumen lainnya. Begitupun halnya jika KTP-el hilang atau rusak, juga tetap harus dilaporkan ke Dinas Dukcapil untuk kemudian dicetak ulang.

Untuk KTP-el rusak, cukup membawa fisik KTP-el yang rusak dan copy KK. Sementara bagi KTP-el hilang, selain copy KK juga harus melengkapi dengan Surat Keterangan Kehilangan dari kepolisian.

Pada bagian akhir dari penjelasannya, Prof. Zudan, menegaskan bahwa, semua KTP-el berlaku seumur hidup, meskipun tertera/tercetak masa berlaku di fisik KTP-el. Jadi tidak perlu dicetak ulang, kecuali ada perubahan elemen data seperti perubahan/penambahan nama, gelar, alamat, dan lain-lain.

Dalam database kependudukan ketika diakses oleh petugas atau lembaga pengguna, semua KTP-el meskipun ada masa berlakunya akan tertera masa berlaku seumur hidup. KTP-el juga bisa dicetak jika hilang atau rusak, dengan melengkapi persyaratan di atas.

Menjawab pertanyaan pewarta media ini yang mantan Kadis Dukcapil, tentang adanya keluhan masyarakat atas pernyataan beberapa lembaga, misalnya pihak bank dan imigrasi yang menolak KTP-el karena di fisiknya tertulis masa berlakunya. Dirjen meminta kepada warga untuk melaporkan lembaga yang menolak tersebut untuk diberi penjelasan.

Menurutnya, hingga saat ini sudah lebih dari 100 lembaga yang melakukan kerjasama dan menggunakan data kependudukan dari Ditjen Dukcapil. Artinya data dukcapil yang tertera di KTP-el, Kartu Keluarga adalah valid, lengkap dan sesuai dengan aturan hukum. Data kependudukan dan pencatatan sipil tersimpan di database pusat Ditjen, yang terhubung online dan real time dengan seluruh daerah.

Dirjen Dukcapil yang terus membimbing, membina jajarannya ini, menyampaikan terima kasih dan mengharapkan kerjasama pemberitaan terkait denga geliat pengelolaan data dukcapil, terutama menjelang pesta demokrasi Pilkada 2018 yang sudah semakin dekat.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Rayakan Ramadhan, Shopee Ajak Pengguna Berbelanja dan Beramal di Bulan Suci Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia memaparkan kampanye Ramadhan Shopee dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia