KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
NASIONAL

Ibu Negara Hj Iriana Tanam Pohon Hariara Mendukung Geopark Kaldera Toba Menjadi Anggota UNESCO Geopark Global (UGG).
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 19-Apr-2018, 02:04:33 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Selama 2 hari, Selasa-Rabu (17-18/4/2018) Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, melintas 4 kabupaten dan mengunjungi dua kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Samosir untuk melakukan berbagai rangkaian acara/kegiatan.

Setelah pesawat yang membawa rombongan mendarat dengan selamat di bandara interrnasional Silangit (BDO) Tapanuli Utara, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Evi Diana. Hj Iriana yang murah senyum ini disambut Pj Bupati Tapanuli Utara Mauliate Simorangkir, Bupati Toba Samosir dan para stakehokders lainnya.

Selanjutnya langsung melanjutkan perjalanan menuju Balige, kabupaten Tobasa, Selasa (17/4). Diawali dengan menemui murid-murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Toba Lestari di Desa Lumbangaol, Kecamatan Balige, Toba Samosir. Satu per satu anak-anak disalami, lalu diberihya bingkisan buku tulis, ransel, dan alat permainan edukatif (APE) untuk PAUD.

Suasana siang semakin meriah saat Ibu Negara diajak menyanyikan lagu Batak yang menceritakan perjuangan seorang ibu dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya. Meski tak hafal, Iriana dengan semangat berdendang lalu langsung manortor bersama Evi Diana dan seluruh anak-anak.

Dari kota Balige, Ibu Negara dan rombongan beranjak ke arah Timur menuju kota Laguboti. Mereka meninjau pelaksanaan VIA Test di Puskesmas Laguboti, menghadiri acara penyuluhan bahaya narkoba dan pornogafi di SMA Unggul IT Dell, istirahat makan siang di Sere Nauli. Kunjungan Ibu Hj Iriana di kabupaten Toba Samosir di akhiri di SMK 1 Laguboti.

Saat matahari mulai condong ke Barat, rombongan menuju kota Parapat, kabupaten Simalungun. Setibanya di bibir pantai Danau Toba tepatnya pantai bebas Parapat, terlihat wajah Ibu Negara sumringah. Disana Ibu Iriana dan rombongan disambut Bupati Simalungun JR Saragih dan isteri sekaligus menghantar Ibu Negara memasuki kapal wisata yang akan membawanya menuju pulau Samosir.

Dengan melempar senyum, Ibu tiga anak ini melambaikan tangannya ke warga dan media-media lokal yang hadir, sambil memasuki kapal yang akan membawanya ke Samosir. Di atas kapal wisata milik pemkab Samosir ini, Hj Iriana disambut Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama isteri, Staf dan para ABK serta pramuwisata. Sekitar pukul 16.30 kapal berlayar menuju pulau Samosir menempuh jarak 12 km atau waktu tempuh sekitar 50 menit.

Hal yang menarik, di atas kapal wisata berbentuk rumah adat dan ornamen khas Batak tersebut, Ibu Iriana tidak langsung duduk, namun mengitari area dan kabin kapal hingga lantai dua kapal (paling atas). Dengan iringan musiik ringan, Ibu Negara menikmati alam sekitar, memandang lepas Danau Toba yang sangat luas dan indah itu, sambil selfie dengan para OASE.

Tiba di pulau Samosir, Ibu Negara disambut Wakil Bupati Samosir dan isteri beserta para Asisten, selanjutnya rombongan istirahat di Samosir Cottage dengan view menghadap ke Danau Toba yang cantik dan sejuk tersebut. Malam harinya, Ibu Negara dan rombongan didampingi Bupati Samosir dan isteri makan malam dengan iringan alunan musik Batak (Marsada Band).

Pantauan media, di lapangan kunjungan Ibu Negara ini berlangsung dengan pengamanan ketat dari pasukan pengaman Presiden dan pengamanan lokal TNI dan Polri.

Hari kedua Rabu (18/4) sekitar pukul 8.00 wib, rombongan Ibu Negara berangkat dari Samosir Cottage di Tuktuk. Dari simpang tiga Bukit Beta Tuktuksiadong menuju Ambarita, laju kenderaan rombongan agak melambat mengingat jalan ringroad masih dalam tahap pengerjaan menjadi jalan Nasional.

Di sepanjang jalan lurus ini, kendatipun Ibu Negara dan rombongan berada di dalam bus namun para staf membagi-bagikan buku, pensil dan saputangan kepada anak-anak sekolah tingkat SD, SMP, SMA, yang memakai ulos, juga masyarakat yang berbaris seraya mengibaskan bendera Merah Putih menyambut Ibu Negara.

Selanjutnya, menurut pantauan media dan masyarakat, sejak dari Ambarita menuju Pangururan dan lokasi acara, di sepanjang jalan yang dilintasi kendaraan rombongan Ibu negara, tampak antusiasme anak-anak sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, SMA berbaris menghadap jalan/ring road Samosir (40 km), sambil memegang bendera Merah Putih dengan memakai ulos khas tradisional Batak, menyambut iring-iringan Ibu Negara.

Namun sangat disayangkan, begitu ketatnya pengawasan dan kendaraan rombongan melaju kencang, warga dan anak-anak sekolah yang berjejer di sepanjang jalan tidak bisa melihat langsung Ibu Iriana Jokowi atau membuka kaca mobilnya untuk sekedar melambaikan tangan ke masyarakat. Sebetulnya hal ini dapat dimaklumi karena jalan yang dilalui masih dalam tahap dikerjakan, abu beterbangan saat dilintasi puluhan kenderaan sekaligus.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama OASE (Organisasi Aksi Solidaritas) Kabinet Kerja tiba di Sigulatti, yang disambut langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Dandim 0210/TU, Kapoldasu, Kapolres Samosir, Ketua DPRD Samosir, Sekretaris Daerah, para Asisten, pimpinan OPD Samosir, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Samosir, Ketua Dharma Wanita Samosir serta tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Sebagaimana lazimnya di kabupaten pariwisata Samosir, para tamu yang datang selalu disambut dengan tarian (tortor) dan pencak (moncak), sekaligus menghantar ke acara/kegiatan utama. Pada kesempatan tersebut Ibu Negara dan rombongan diajak manortor (menari bersama)

Selanjutnya Ibu Negara bersama rombongan langsung melaksanakan penanaman pohon di area lokasi gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sigulatti, Rabu (18/04). Turut mendampingi Ibu Negara, OASE, Pangdam I BB, Kapoldasu, Ketua Umum Bhayangkari RI, Ketua Bhayangkari Provsu dan Ketua TP.PKK Provsu. Ibu Negara Iriana Jokowi mendapat kesempatan menanam pohon Hariara (Ficus Benjamina) di lokasi yang nantinya akan ditata menjadi taman OASE, disamping taman Bhayangkari yang sudah ada.

Sementara itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan bahwa kunjungan Ibu Negara dan OASE ke Sigulatti merupakan wujud dukungan penuh terhadap Geopark Kaldera Toba untuk dapat lolos ke UGG (Unesco Global Geopark). Sehingga diharapkan terjaga dan terlestarikannya Toba menjadi warisan dunia, sekaligus meresmikan Taman OASE Kabinet Kerja oleh Ibu Negara.

"Kedatangan Ibu Iriana akan berdampak baik dan menjadi peluang masuknya Kaldera Toba menjadi salah satu kawasan warisan dunia, Geopark Unesco," sebut Rapidin bersemangat

Usai penanaman pohon, Ibu Negara bersama rombongan langsung bergerak menuju Puskesmas Buhit untuk melihat langsung proses pelaksanaan pemeriksaan IVA Test, selanjutnya mengunjungi sentra UMKM (tenun ulos) di Lumban Suhisuhi Kecamatan Pangururan.

Berbeda dengan kondisi di Sigulatti yang dijaga dan diawasi ketat, dalam kunjungan Ibu Negara di desa tenun Lumban Suhisuhi, Hj Iriana justru menyempatkan diri menyapa warga yang tengah menenun. Ia pun juga membeli satu set tenun ulos yang terdiri atas selendang dan kain sarung. Kemudian Ibu Iriana meminta warga untuk membantunya mengenakan selendang ulos sebagai penutup kepala.

Selanjutnya, jelang tengah hari, rombongan Ibu Negara bergerak kembali menuju Samosir Cottage Hotel untuk Isoma. Sekitar pukul 13.00 dengan menumpang kapal yang sama ketika datang ke Samosir, Ibu Negara dan rombongan didampingi Bupati Samosir dan istri menyeberang kembali ke pantai bebas Parapat. Iriana kembali menyempatkan diri menikmati keindahan Danau Toba dari atas kapal wisata berbentuk rumah adat Batak dengan panjang 21 meter dan lebar 7 meter itu, seraya mengabadikan momen-momen indah.

Menurut informasi, Ibu Negara dan rombongan masih akan singgah di Dekranasda Tobasa dan sore harinya menuju Bandara Silangit untuk terbang kembali ke Ibu Kota Jakarta. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung yang turut mendampingi. "Seusai menuntaskan semua kegiatannya di Sumut, Iriana tidak singgah lagi di Medan. Siap tanam pohon, Ibu langsung kembali ke Jakarta,” tuturnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia