KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Firman Soebagyo Serahkan 102 Alsintan Bantu Tingkatkan Produksi Panen

 
NASIONAL

Firman Soebagyo Serahkan 102 Alsintan Bantu Tingkatkan Produksi Panen
Oleh : Susanto | 28-Jan-2018, 07:13:32 WIB

KabarIndonesia - Seratusan kelompok petani di Pati, mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Pemerintah Pusat. Pemberian alsintan itu, untuk mempercepat proses tanam dan  panen, sehingga hasil pertanian di daerah bisa bersaing dengan negara-negara lain. Bantuan alat mesin pertanian dari Pemerintah Pusat untuk 102 kelompok tani di Kabupaten Pati, berupa 51 pompa air, 8 transplanter, 51 hand tracktor, dan 10 traktor roda empat. 

Usai penyerahan alsintan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pati, Sabtu pagi (27/1), Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Firman Soebagyo  mengatakan, Pemerintah memberikan bantuan alsintan itu untuk meringankan beban petani di daerah dalam meningkatkan hasil pertanian. Baik dari mutu maupun kuantitasnya. Sehingga bisa bersaing dengan hasil pertanian negara-negara lain.

"Karena kita masih konvensional atau menggunakan tenaga manusia yang tidak secepat dibanding yang sudah menggunakan peralatan mekanik. Oleh karena itu, mekanisasi seperti ini akan terus menerus, kami lakukan. Untuk senantiasa menginventarisasi kebutuhan petani. Nantinya setiap desa bisa terpenuhi kebutuhan peralatan pertanianya. Terpenuhi traktornya, pompa airnya, mesin panennya, alat panennya," ujar Firman Soebagyo.

Agar hasil panen petani memiliki nilai ekonomi, kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, pihaknya akan mengupayakan agar setiap desa tersedia alat pengering dan penggilingan padi. Sehingga, hasil panen yang keluar dari desa sudah berbentuk beras. Selama ini, panen dalam bentuk gabah banyak yang dijual dan nilai ekonominya yang menikmati tengkulak. "Kalau sekarang itu, nilai ekonominya diambil tengkulak. Nah, harapan dengan program seperti ini dengan memberikan peralatan mesin pertanian melalui Kelompok Tani sebagai sarana penerima bantuan, tapi azas manfaatnya untuk masyarakat desa bersama-sama," lanjutnya.

Bupati Haryanto meminta kepada kelompok petani penerima bantuan alsintan untuk merawat dengan baik. Dengan harapan  kelompok petani bisa memanfaatkanbantuan itu, untuk modernisasi pertanian yang digarapnya. "Sehingga kita tidak ketinggalan, dan saya pesan jangan sampai pindah tangan. Kelompok ini pindah lain ke lain tempat yang akhirnya menjadi persoalan. Harus dimanfaatkan," kata Bupati Pati.

Bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo dan Bupati Pati Haryanto saat penyerahan alsintan itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pati Adji Sudarmadji, dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pati Mukhtar Effendi.(•)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia