KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Firman Soebagyo Serahkan 102 Alsintan Bantu Tingkatkan Produksi Panen

 
NASIONAL

Firman Soebagyo Serahkan 102 Alsintan Bantu Tingkatkan Produksi Panen
Oleh : Susanto | 28-Jan-2018, 07:13:32 WIB

KabarIndonesia - Seratusan kelompok petani di Pati, mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Pemerintah Pusat. Pemberian alsintan itu, untuk mempercepat proses tanam dan  panen, sehingga hasil pertanian di daerah bisa bersaing dengan negara-negara lain. Bantuan alat mesin pertanian dari Pemerintah Pusat untuk 102 kelompok tani di Kabupaten Pati, berupa 51 pompa air, 8 transplanter, 51 hand tracktor, dan 10 traktor roda empat. 

Usai penyerahan alsintan di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pati, Sabtu pagi (27/1), Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Firman Soebagyo  mengatakan, Pemerintah memberikan bantuan alsintan itu untuk meringankan beban petani di daerah dalam meningkatkan hasil pertanian. Baik dari mutu maupun kuantitasnya. Sehingga bisa bersaing dengan hasil pertanian negara-negara lain.

"Karena kita masih konvensional atau menggunakan tenaga manusia yang tidak secepat dibanding yang sudah menggunakan peralatan mekanik. Oleh karena itu, mekanisasi seperti ini akan terus menerus, kami lakukan. Untuk senantiasa menginventarisasi kebutuhan petani. Nantinya setiap desa bisa terpenuhi kebutuhan peralatan pertanianya. Terpenuhi traktornya, pompa airnya, mesin panennya, alat panennya," ujar Firman Soebagyo.

Agar hasil panen petani memiliki nilai ekonomi, kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, pihaknya akan mengupayakan agar setiap desa tersedia alat pengering dan penggilingan padi. Sehingga, hasil panen yang keluar dari desa sudah berbentuk beras. Selama ini, panen dalam bentuk gabah banyak yang dijual dan nilai ekonominya yang menikmati tengkulak. "Kalau sekarang itu, nilai ekonominya diambil tengkulak. Nah, harapan dengan program seperti ini dengan memberikan peralatan mesin pertanian melalui Kelompok Tani sebagai sarana penerima bantuan, tapi azas manfaatnya untuk masyarakat desa bersama-sama," lanjutnya.

Bupati Haryanto meminta kepada kelompok petani penerima bantuan alsintan untuk merawat dengan baik. Dengan harapan  kelompok petani bisa memanfaatkanbantuan itu, untuk modernisasi pertanian yang digarapnya. "Sehingga kita tidak ketinggalan, dan saya pesan jangan sampai pindah tangan. Kelompok ini pindah lain ke lain tempat yang akhirnya menjadi persoalan. Harus dimanfaatkan," kata Bupati Pati.

Bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo dan Bupati Pati Haryanto saat penyerahan alsintan itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pati Adji Sudarmadji, dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pati Mukhtar Effendi.(•)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 
 

 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia