KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilEyang Dokter dan Kemenangan Kehidupan oleh : Kabarindonesia
22-Mei-2019, 08:38 WIB


 
 
KabaIndonesia - Bagi sebagian besar orang, menulis narasi kehidupan dalam bentuk autobiografi adalah percuma dan membuang-buang waktu. Tidak sedikit pula orang yang menganggap bahwa hidup terlalu biasa untuk dituliskan menjadi sebuah autobiografi. Tidak ada yang menarik dalam kehidupan, begitulah anggapan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Menunggu 19 Mei 2019 16:15 WIB

SYEH SITI JENAR 16 Mei 2019 15:44 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
24 Tahun Tenggelamnya KMP Gurita 18 Mei 2019 04:40 WIB

 
 
NASIONAL

Badan Pusat Statistik Lakukan Pengumpulan Data Potensi Desa untuk Mengetahui Status Desa
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 25-Mei-2018, 13:58:58 WIB

KabarIndonesia - Pada bulan Mei ini Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik, sedang melakukan pendataan potensi desa (Podes) terhadap seluruh desa dan kelurahan di Indonesia. Pendataan tersebut akan memverifikasi keberhasilan dana desa dengan melihat pergeseran desa dari status tertinggal, berkembang, hingga menjadi desa mandiri.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto bahwa pendataan Podes, selain untuk mengetahui pergeseran status desa, pendataan podes tahun 2018 juga dilakukan untuk melihat dampak dana desa pada pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat.

Pendataan podes sendiri dilakukan rutin tiga kali dalam sepuluh tahun untuk mendukung pelaksanaan sensus penduduk. Untuk tahun ini 2018 dilakukan pada bulan Mei, setelah sebelumnya dilakukan sepuluh tahun yang lalu, tahun 2014.

Ditambahkan, bahwa Podes akan mencatat atau mendata ketersediaan dan perkembangan potensi sarana dan prasarana sosial, ekonomi, budaya, dan unsur lain di desa/kelurahan. Dalam hal ini, Podes juga dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan daerah pinggiran.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan bahwa pemerintah dalam tiga tahun terakhir secara masif melakukan pembangunan desa salah satunya melalui dana desa. Dia mengakui, dengan Podes, akan diketahui informasi dan data akurat menyangkut desa sehingga dapat diketahui ketepatan arah kebijakan.

“Sekarang data yang saya dapat adalah hasil survei yang samplingnya terbatas. Nah, akurasi ini penting untuk menentukan apakah arah kebijakan kita ini sudah tepat sasaran atau perlu diperbaiki atau dimodifikasi,” ujarnya saat menjadi pembicara utama dalam acara Sosialisasi Pelaksanaan Pendataan Potensi 2018 di Aula Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menteri Desa dan PDTT berharap, dana desa yang telah bergulir sejak tahun 2015 dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi kemiskinan dan kesenjangan. Ia pun optimistis, hingga tahun 2019 mendatang dana desa dapat mengentaskan 15.000 dari 30.000 desa tertinggal di Indonesia.
“Data survei dari UGM dan IPB mengatakan bahwa tingkat desa tertinggal ke desa berkembang naiknya cukup signifikan, tapi kita perlu data dari sensus untuk lebih akurat,” ujarnya.

Untuk mengetahui pelaksanaanya di lapangan, pewarta media ini menghubungi Kepala BPS Samosir Rudi Harianja, melalui selularnya mengatakan bahwa di Samosir, pengumpulan data Podes sudah berlangsung sejak tgl.2 Mei dan akan berakhir 31 Mei 2018. Ditambahkannya, selama berlangsungnya pendataan, petugas tidak menemukan masalah, yang berarti, karena sebelumnya sudah mendapat pelatihan khusus.

"Masalah teknis di lapangan hingga saat ini masih dapat diatasi, berkat dukungan dan koordinasi dgn Pemda Samosir. Petugas pengumpul data adalah mitra statistik yang telah dibekali terlebih dahulu melalui pelatihan petugas. Sedangkan supervisi (pengawas/pemeriksa) dan editor/coder adalah pegawai organik BPS Samosir," sebutnya melalui media WA.

Rudi berharap pelaksanaan pendataan Potensi Desa (Podes) berlangsung lancar dan responden memberi informasi yang benar sehingga nantinya diperoleh data yang lebih akurat, seraya mohon dukungan aparat pemerintah daerah/desa.

"Hasil pendataan ini nantinya masih akan dikaji dengan metoda dan formula yang sudah ditetapkan, hingga tiba pada kesimpulan akhir. Seterusnya data dan informasi hasil kajian menjadi rekomendasi yang dimanfaatkan Pemerintah untuk menentukan arah kebijakan yang akan ditempuh," pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Persiapan Puasa Sahur Dahulu 19 Mei 2019 15:43 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Umat Yang Bingung 18 Mei 2019 15:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia