KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 
 
NASIONAL

BPJS Kesehatan Ajukan Skema Cost Sharing 8 Penyakit Untuk Mengatasi Defisit 9 T
Oleh : Sesmon Toberius Butarbutar | 27-Nov-2017, 12:54:44 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Untuk mengatasi defisit anggaran yang mencapai Rp 9 triliun, BPJS Kesehatan mengajukan skema cost sharing. Dalam hal ini peserta BPJS dilibatkan untuk mendanai biaya perawatan untuk penyakit katastropik (berbiaya tinggi dan butuh penanganan medis lama).

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay dalam keterangannya pada Senin (27/11/2017). Saleh menyatakan BPJS Kesehatan menyampaikan skema cost sharing tersebut pada Kamis (23/11) lalu.

Menurut keterangan BPJS Kesehatan yang disampaikan Saleh, ada 8 penyakit katastropik yang ingin diterapkan sistem cost sharing. Penyakit tersebut adalah jantung, ginjal, kanker, stroke, thalasemia, leukimia, sirosis hepatitis, dan hemofilia.

Untuk pengobatan penyakit tersebut, kata Saleh, BPJS Kesehatan menghabiskan hampir 20 persen dari total anggaran yang ada. Karena itu, BPJS Kesehatan mengusulkan agar penyakit-penyakit katastropik itu dilakukan kebijakan cost sharing.

"Cost sharing adalah berbagi biaya antara BPJS Kesehatan dengan pasien atau keluarganya. Artinya, BPJS mengusulkan agar tidak semua biaya dibebankan kepada mereka ( BPJS Kesehatan).

Katanya, cost sharing ini hanya berlaku bagi peserta mampu dan mandiri," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay.
Menanggapi usulan itu, Komisi IX DPR meminta BPJS Kesehatan membuat simulasi pembiayaan dengan sistem cost sharing.

Menurut Saleh, kebijakan cost sharing tetap akan berimplikasi ke aspek lain, termasuk kepesertaan dan pelayanan.
Lebih lanjut dikatakan Saleh, kebijakan cost sharing dapat membuat orang-orang kaya berpindah ke asuransi swasta.

Misalkan orang kaya tersebut tetap di BPJS , kata Saleh, mereka pasti menginginkan pelayanan yang lebih berkualitas dan lebih baik.

"Karena itu, kami mengusulkan agar BPJS membuat simulasi pembiayaan dengan sistem cost sharing ini. Berapa sebetulnya nilai penghematan yang didapat? Berapa persen bisa menutupi defisit? Bagaimana cara yang akan ditempuh agar masyarakat yang mampu tetap mau menjadi peserta BPJS ? Bagaimana cara BPJS kesehatan meningkatkan pelayanan bagi mereka yang membayar lebih ini, dan lain-lain?" papar Saleh.(*)
(Dikutip dari www.ipotnews.com dan detik.finance)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Rocky Gerung dan Jokowi 05 Nov 2018 15:56 WIB

Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia