KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kemnaker Beri Contoh Ruangan Laktasi dan Daycare Ideal Bagi Perusahaan BUMN dan Swasta

 
NASIONAL

Kemnaker Beri Contoh Ruangan Laktasi dan Daycare Ideal Bagi Perusahaan BUMN dan Swasta
Oleh : Rohmah Sugiarti | 21-Aug-2017, 04:31:41 WIB

KabarIndonesia – Tepat sehari setelah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 (18/8), Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, meresmikan Taman Penitipan Anak dan Ruang Laktasi yang dibangun di lantai M Gedung B, Gedung Kementerian Ketenagakerjaan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.  

Ruangan khusus untuk menyusui, mempersiapkan ASI (laktasi), tempat penitipan serta tempat bermain anak-anak balita (Daycare) tersebut dimaksudkan agar ibu-ibu menyusui dan yang mempunyai anak balita tetap bisa melaksanakan kewajiban menyusui dan bertemu anak-anak mereka di sela-sela waktu kerja yang diberlakukan oleh perusahaan.  

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 yang menyebutkan bahwa ASI eksklusif wajib diberikan kepada bayi sampai usia enam bulan, maka ruang publik termasuk tempat kerja harus dilengkapi dengan ruang laktasi.  

Karena itu, Hanif kembali mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk memperhatikan adanya fasilitas laktasi di tempat kerja serta meperhatikan kesehatan reproduksi pekerja wanita dengan meningkatkan pengetahuan pegawai mengenai arti kesehatan, baik kesehatan anak, ibu, maupun orang dewasa pada umumnya.

Ia menegaskan, perlindungan bagi pekerja perempuan dibutuhkan sesuai dengan kekhususan yang dimiliki kaum perempuan agar mereka dapat melaksanakan perannya secara maksimal.    

Fasilitas Lengkap
Ruangan dengan luas 700 meter persegi di lantai M Gedung Kemnaker  ini terdiri atas beberapa ruangan khusus seperti ruangan laktasi, ruangan untuk perawatan anak-anak yang fisiknya terganggu (sakit), ruangan untuk anak-anak yang berumur nol sampai satu tahun, ruangan bermain untuk anak-anak satu tahun lebih sampai dua tahun, ruangan bermain untuk anak-anak dua tahun lebih sampai tiga tahun, dan ruangan bermain untuk anak-anak tiga tahun lebih sampai lima tahun.  

“Fasilitas laktasi dapat meningkatkan angka pemberian ASI eksklusif, serta mengurangi jumlah bayi penderita kurang gizi dan gizi buruk di Indonesia,” jelas Menaker saat meresmikan Taman Pengasuhan Anak dan Ruang Laktasi tersebut.  didampingi sang istri, Makrifah Hanif Dhakiri.  

Agar bisa memenuhi fungsi dari tujuan dibangunnya ruangan ini secara maksimal, maka arsitektur, desain interior, dan warna-warni ruangan yang dibangun tersebut dirancang dan diperhitungan dengan serius dan seksama.  

Kepala Biro Umum Kemnaker, Sumarno, menyatakan, “Kami membangun ruangan ini melibatkan arsitektur alumni ITB, baik untuk bentuk ruangan, interior maupun penyediaan alat-alat bermain untuk anak-anak.”  

Keberadaan fasilitas laktasi, lanjut Menaker, akan memberikan kenyamanan bekerja bagi para pegawai perempuan. Dengan demikian secara tak langsung akan meningkatkan konsentrasi, etos dan produktifitas kerja. Oleh karenanya, fasilitas tersebut akan meningkatkan kwalitas hubungan industrial antara pekerja dan perusahaan    

Contoh Ideal
Keseriusan dalam membangun ruangngan Laktasi dan Daycare di gedung Kemnaker ini dikarenakan Menaker, Hanif Dhakiri, ingin benar-benar memberikan contoh atau teladan nyata kepada seluruh perusahaan di Indonesia,  baik perusahaan BUMN maupun swasta agar di lingkungan perusahaan disediakan ruang Laktasi dan Daycare.  

Menaker Hanif Dhakiri ingin menunjukkan bahwa ia tidak hanya menyarankan perusahaan-perusahaan menyediakan ruangan seperti yang disebutkan tetapi memberi contoh nyata, tambah Sumarno menegaskan.  

Mengamini Sumarno, Kepala Biro Humas Kemnaker, Sahat Sinurat, menambahkan, bahwa sampai saat ini masih banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia termasuk BUMN dan lembaga pemerintah sendiri yang tidak menyediakan ruang laktasi dan Daycare. “Dengan kita membangun ruangan khusus laktasi dan Daycare, semoga perusahaan-perusahaan mengikuti,” katanya penuh harap.  

Ruangan yang terlihat indah dalam nuansa kanak-kanak yan gpenuh warna-warni cerita ini hebatnya selain disediakan khusus bagi anak-anak staf Kemnaker, juga terbuka untuk khalayak umum dengan harga sewa penitipan harian yang sangat terjangkau.  

“Kami pasti menyediakan perawat dan pengasuh yang profesional. Kami juga menyediakan dokter,” pungkas Sumarno dengan bangga. (*)      

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia