KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Temu Pers di Kabupaten Samosir Berlangsung Serius
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 25-Apr-2018, 02:27:30 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan temu pers di Kantor Bupati Kabupaten Samosir (24/04).
Acara ini dipandu Rohani Bakkara SPd, Sekretaris Dinas Kominfo, mantan kabag Humas dan Kerjasama Setda Samosir, seraya menyampaikan bahwa tujuan dilakukannya temu pers dan diskusi ini adalah terkait dengan pemberitaan tentang kinerja pembangunan di Samosir.

Mengawali temu pers ini, Kadis Kominfo Kitman Malau dalam laporannya menyampaikan pokok pembahasan seputar pelaksanaan Paskah Nasional 2018 yang akan dihadiri PresidenJokowi, evaluasi kedatangan Ibu Negara Iriana dan rombongan OASE, rencana pembangunan tahun 2018 dan pelaksanaan kegiatan kepariwisataan.

Kitman Malau juga melaporkan bahwa berdasarkan daftar hadir, temu pers kali ini dihadiri 50 orang wartawan, jurnalis media cetak harian-mingguan-bulanan, media online, media elektronik. Sementara jumlah awak media yang bertugas di kabupaten Samosir terdaftar sebanyak 79 orang.

Membuka acara temu pers, Bupati Samosir dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan para insan pers banyak memberi saran dan masukan baik secara langsung maupun melalui tulisan dalam media. "Saran, masukan dan kritikan dari insan pers sangat membantu kami dalam mengambil kebijakan, dan melalui insan pers Pemerintah Kabupaten Samsoir dapat memantau proses Pembangunan ke seluruh pelosok kabupaten Samosir." kata Rapidin Simbolon, mengapresiasi awak media.

Pada sesi tanya jawab, bertindak selaku moderator adalah Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat Mangihut Sinaga, yang terlebih menampung pertanyaan, usul dan minta penjelasan dari para awak media yang ditujukan kepada pejabat yang hadir.

Salah seorang wartawan mengawali sesi dengan menanyakan tentang opini BPK terkait laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Samosir. Pertanyaan ini langsung dijawab Bupati dan menjelaskan bahwa sampai saat ini opini BPK belum diputuskan. Insan pers juga menanyakan tentang jadwal kegiatan pemkab khususnya Bupati Samosir dan meminta agar pers dilibatkan dalam kegiatan Bupati Samosir. Bupati Samosir menyambut usul ini seraya meminta agar Dinas Kominfo berperan aktif dalam melibatkan insan pers pada kegiatan pemerintah daerah.

Beberapa hal yang dipertanyakan oleh wartawan peserta disksusi, antara lain terkait hasil kinerja Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di tahun 2018 yang ditengarai kurang beres; pembangunan jalan di Desa Nainggolan yang belum juga rampung; progres pembebasan lahan untuk Proyek Tano ponggol dan Jalan Nasional Ring Road Samosir.

Menjawab ketiga pertanyaan tersebut Bupati menjelaskan bahwa pekerjaan dinas PU sudah di 'push', pengawasan dan pengujian kualitasnya pun sudah pernah dilaksanakan melalui tim independen dari Poltek Negeri Medan dan menyarankan kepada Badan Pemeriksa Keuangan untuk memeriksa pekerjaan Dinas PUPR seperti pembangunan segmen satu dan segmen dua.

Tentang pembangunan jalan di Desa Nainggolan yang belum juga rampung, Bupati Samosir memberikan jawaban, "berhubung belum seluruhnya masyarakat memberikan tanahnya untuk pembebasan lahan sehingga pembangunan jalan belum bisa terlaksana dengan baik."

Sementara progres pembebasan lahan untuk Proyek Tano Ponggol dan Jalan Nasional Ring Road Samosir, Bupati mengatakan bahwa semuanya terserap 100 %, aik dana yang bersumber dari Dana Pusat dan dibantu sedikit dana APBD. "Makanya kita berharap dana pembebasan lahan ini dapat ditampung dalam dana Pusat sehingga proses pembebasan lahan cepat selesai." jelasnya.

Kemudian salah seorang wartawan mempertanyakan tentang keberadaan PT.Guna Karya Nusantara yang beroperasi di Desa Simbolon Purba Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera, terkait Izin UKL-UPL dan Amdal, yang sebelumnya ramai dibahas pemberitaan beberapa media.

Mengenai hal ini Rapidin mengapresiasi berita yang sifatnya kritis dan membangun. "Saya sangat suka dengan berita mengkritisi sehingga Pemkab bisa mengambil jalan terbaik, artinya sebelumnya saya sudah perintahkan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir Drs.Sudion Tamba supaya kegiatan AMP PT.Guna Karya Nusantara disurati agar kegiatan distop sementara," jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa Kadis Lingkungan Hidup telah menyurati Direktur PT.Guna Karya Nusantara supaya kegiatan diberhentikan sementara dan memanggil pihak Guna Karya Nusantara. "Juga telah diadakan rapat di Dinas Perizinan Satu Pintu untuk mengeluarkan rekomendasi, rekomendasi syarat untuk mengurus turunan segala Izin dari Provinsi Sumatera Utara dan sudah dua kali mengikuti sidang," terang Rapidin.

Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM menegaskan bahwa karena merupakan program Nasional Presiden Joko Widodo, maka diambil segala kebijakan dan bertoleransi supaya pembangunan Infrastruktur jalan lingkar Nasional di kabupaten Samosir berjalan dengan baik dengan mengejar progres demi kebutuhan masyarakat.

Di akhir acara, Bupati menyampaikan agar para Jurnalis tetap memberikan kritik kepada Pemerintah kabupaten Samosir sebagai bahan masukan. "Silahkan melihat langsung proyek-proyek yang dikerjakan. Semoga kemitraan Pers dan kabupaten Samosir semakin membaik." tutup Rapidin.

Acara temu pers ini selain Bupati Samosir Rapidin Simbolon, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala, Asisten Tatapraja dan kesra Mangihut Sinaga, Asisten perekonomian dan pembangunan Saul Situmorang, Asisten administrasi umum Marsinta Sitanggang, Kadis Kominfo Kitman Malau, Kadis PERAKPP Marang Sirumorang.

Sementara itu, usai dilaksanakan temu pers pada sore harinya melalui jaringan Whatsapp-nya, Kadis Kominfo Samosir Kitman Malau menyebar undangan kepada insan pers untuk menghadiri acara silaturahmi paskah. "Diberitahukan dgn hormat kpd rekan awak media/insan Pers/wartawan baik cetak, oline dan elektronik, bhw dalam rangka mensukseskan acara Kirab Obor dan perayaan Oikumene Paskah di Kabupaten Samosir diminta utk hadir pada acara silaturahmi Paskah," tulisnya.

Menanggapi hal ini seorang jurnalis menyampaikan apresiasi buat Kadis Kominfo yang langsung melaksanakan perintah Bupati pada temu pers untuk mengikutsertakan pers sebagai mitra pemerintah.

"Mantap Kadis Kominfo sudah mulai transparan karena sudah dimulai tadi dengan kegiatan temu pers sudah banyak perubahan, tetapi perlu juga ada masukan supaya ditampung juga di P-APBD dana publikasi karena ada yg kegiatan even yang tak diduga seperti kunjungan DPRD dari luar dan tamu IMF akan datang bulan Oktober mendatang selagi masih penjabaran," tulis Mikronesia Sinaga di grup WA jurnalis.

Ditambahkan bahwa dia telah meminta pendapat DPRD untuk menampung anggaran buat kebutuhan pers. "Ketua DPRD Rismawati Simarmata sudah ku konfirmasi terkait dana publikasi dan uang transport, uang saku. Silakan dikonfirmasi ke Bupati Samosir dan Bappeda, imbuh Ketua DPRD. Ini sekedar masukan Pak Bupati, Asisten dan Pak Sekda. Trimakasih." sebut Mikronesia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia