KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakeraan secara resmi meluncurkan pembentukan  Satgas Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Diharapkan mampu menjadi penyeimbang atas kebijakan sebelumnya yang dianggap mempermudah masuknya TKA, maka pembentukan Satgas TKA
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Prili 16 Mei 2018 14:49 WIB

Terimakasih Kuucapkan 02 Mei 2018 14:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Suporter Lomba Peleton Tangkas TNI AD di Cipatat Menjadi Peleton Kedua
Oleh : Iin Suwandi | 11-Mei-2018, 14:22:12 WIB

KabarIndonesia - Dalam Lomba Peleton Tangkas di dunia militer Indonesia suporter adalah Peleton kedua yang tidak bermain tapi ikut andil memberikan semangat dalam kompetisi. Semua orang pasti tahu jika dalam Lomba Peleton Tangkas yang bermain setiap perwakilan hanya Peleton itu yang ditunjuk atau sebanyak 33 orang.

Artinya setiap Peleton tim Kodam dan Divisi hanya boleh memainkan tiga puluh tiga orang sebagai pemain. Suporter terkadang memang bisa menjadi nyawa peserta satuan bagi sebuah tim yang sedang bertanding. Kehadirannya di pinggir lapangan dan sepanjang rute yang dilalui peserta bisa mengangkat motivasi para peserta tim yang didukungnya.

Dengan adanya dukungan dari penonton, para peserta yang bertanding pasti mendapatkan suntikan semangat untuk bermain lebih baik lagi demi memberikan sebuah kemenangan dan juga bisa menghibur para suporter tersebut, dan itu yang sering disebut sebagai motivasi eksternal. Keberadaan suporter atau pendukung dalam suatu pertandingan memiliki peran cukup penting untuk meningkatkan semangat peserta lomba.

Hal ini pun juga terjadi pada Lomba Peleton Tangkas 2018 yang setiap tahun digelar TNI AD di Cipatat, Jawa Barat, sejak tanggal 30 April 2018 sampai dengan 9 Mei 2018.

Dalam berbagai event lomba, para suporter tidak hanya menyemangati peserta pertandingan tetapi juga menyuguhkan berbagai atraksi maupun mempertontonkan berbagai hal yang menjadi ciri satuan maupun daerahnya. Berbagai peralatan maupun atribut mereka gunakan untuk menyemangati kontingennya dan menaikkan moril dan semangat rekan-rekannya yang terjun berlomba.   
Genderang merupakan peralatan umum yang paling banyak digunakan para suporter untuk mengiringi yel-yel maupun nyanyian kebanggaan satuan. Selain peralatan dan atribut yang mereka gunakan, tampilan sebagai icon satuan maupun daerah yang mereka wakili juga menjadi pemandangan unik pada perhelatan Lomba Peleton Tangkas ini.

Hampir seluruh suporter kontingen menampilkan icon-icon tertentu untuk membedakan ciri satuan maupun daerah mereka. Seperti Suporter dari Kontingan Kodam V/Brawijaya yang suporternya menggunakan pakaian tokoh pewayangan Hanoman, Kontingen Kostrad yang menampilkan yel-yel dan nyanyian dengan latar depan tokoh boneka binatang dan tokoh super hero serta Suporter Kodam XIV/Hasanuddin yang menampikan atraksi bola takraw dan semburan Api.  

Berbagai tingkah polah para suporter pun juga bermacam-macam yang tujuannya untuk memberikan semangat kontingen yang bertanding. Para suporter ini bukan hanya berasal dari satuan yang mewakili Kotamanya tetapi gabungan dari perwakilan satuan-satuan yang diberangkatkan ke Cipatat untuk memberikan semangat dan dukungan bertanding bagi rekan-rekannya.   
Selain menampilkan berbagai atraksi, antar suporter juga berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dari suporter lainnya. Kemeriahan penampilan mereka, memberikan warna tersendiri bagi perhelatan lomba ketangkasan terbesar yang digelar Angkatan Darat yang meliputi kemampuan fisik dan kerjasama kelompok tingkat peleton.   

Suporter memang penting untuk dihadirkan dalam setiap lomba atau kompetisi. Tapi jangan lupa bahwa suporter hanya sebagai pemanis dalam pertandingan sehingga ada dinamikanya. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana setiap satuan harus mempersiapkan diri secara matang agar pemain sesungguhnya siap secara mental dan fisik dalam menjalani lomba. Sehingga ketika kalah atau menang mereka sudah siap menerima kenyataan tersebut tanpa harus mencari pembenaran. Tapi TNI AD tak pernah mati akal untuk terus menghadirkan suporter seperti pada Lomba Peleton Tangkas TNI AD pada bulan Mei Tahun 2018 ini. Selamat bertanding!(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Rayakan Ramadhan, Shopee Ajak Pengguna Berbelanja dan Beramal di Bulan Suci Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia memaparkan kampanye Ramadhan Shopee dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia