KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Resep Bakso Ikan Tenggiri

 
SERBA SERBI

Resep Bakso Ikan Tenggiri
Oleh : Mila Millis | 27-Des-2016, 13:53:03 WIB

KabarIndonesia - Salah satu menu makanan Indonesia yang terkenal, bahkan hingga ke luar negeri adalah bakso. Tentunya lidah Anda sendiri sudah pernah merasakan racikan antara daging sapi dengan berbagai paduan bumbu yang dibentuk bulat tersebut bukan. Tak hanya enak, menu makanan yang satu ini juga kaya akan kandungan gizi. Bahkan jika berbicara mengenai makanan "bulat" ini tak cukup hanya bicara jenis saja di Indonesia, malahan mulai dari tawaran bentuknya yang berbeda, rasa dan bahan campurannya.

Kenyataannya memang sangat mudah menemukan penjualnya. Sepanjang jalan, mulai dari rumah makan hingga penjual kaki lima. Varian menu yang beragam mulai dari menggunakan kuah dan mie saja, hingga tambahan pangsit seperti yang identik di kota Malang.

Hanya saja meskipun dari segi tampilan sama, terkadang rasa memang berbeda, khususnya dari komposisi bahan pembuatan, semakin banyak jumlah daging yang dimasukkan akan membuat rasanya kian nikmat, dibandingkan dengan terlalu banyak campuran tepung dalam menu makanan yang satu ini.

Selain dengan membelinya di pasaran, nyatanya sebagai konsumen Anda juga dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah yang dikreasikan sesuai dengan selera. Bagi yang kurang suka dengan menu daging sapi, dapat menggantinya dengan alternatif lainnya seperti daging ayam atau juga bisa menggunakan ikan.

Bakso ikan.
Tentunya Anda sendiri sudah tak begitu asing dengan menu bakso ikan yang satu ini bukan!? Dari segi tampilan warnanya putih cerah, teksturnya jauh lebih lembut, pastinya tak kalah menggoyang lidah anda. Bagi yang ingin mencoba membuat menu makanan yang satu ini, berikut ada resep yang dapat dengan mudah anda buat di rumah.

Bahan-bahannya adalah: 300 gram daging ikan tenggiri, hanya bagian daging lembutnya saja; 1 butir putih telur; 30 ml air es; 60 gram tepung tapioka; 2 sdt minyak goreng; Bumbu halus yaitu ½ sdt penyedap rasa; ½ sdt kecap asin; 3 siung bawang putih; ½ sdt merica bubuk; Garam secukupnya.

Cara membuat Bakso Ikan Enak:
1. Siapkan mesin penggiling atau Anda bisa langsung menggunakan blender yang tersedia di rumah, masukkan bahan-bahan dasar seperti ikan tenggiri dan putih telur. Blender hingga semua adonan tersebut halus dan tercampur merata.
2. Di wadah yang berbeda maka Anda bisa memasukkan tepung tapioka, tambahkan dengan adonan ikan yang sudah dihaluskan tersebut. Perlahan maka bisa dicampur menggunakan air es, uleni hingga semua bahan tercampur rata.
3. Setelah bahan dasar tercampur secara merata, maka selanjutnya Anda bisa menambahkan bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk hingga bumbu juga tercampur merata, dapat ditambah sedikit minyak agar nantinya ketika membentuk adonan tak terlalu lengket di tangan.
4. Adonan yang sudah jadi selanjutnya siap untuk langsung anda cetak, caranya sangat mudah, yaitu dengan mengambil beberapa bagian, bulat kan di tangan, pencet keluar kemudian ambil menggunakan sendok.
5. Langsung masukkan ke atas air yang mendidih. Lakukan hingga semua adonan habis terbentuk.
6. Umumnya makanan yang satu ini akan terlihat mengambang ketika sudah mulai matang, dengan demikian ia sudah bisa Anda angkat kemudian tiriskan.

Sangat mudah bukan. Tak membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk pembuatannya, ia bisa disantap secara langsung dengan kuah yang dibuat sendiri atau sebagai cemilan. Bakso ikan ini juga aman bagi anda penderita kolesterol tinggi.***; *)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia