KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HiburanSemarak HUT Elvis Presley Bersama Nia Daniaty di D’Khayangan Senior Club oleh : Kabarindonesia
24-Jan-2020, 03:15 WIB


 
 
KabarIndonesia - D'Khayangan Senior Club merupakan komunitas berbasis aktifitas yang bertunjuan untuk mengurangi peningkatan angka terjadinya Demensia pada Senior (Lansia) dan menghindari stres serta depresi pasa senior akibat kesepian disaat anak/menantu bekerja dan cucu bersekolah.

Aktifitas yang ditawarkan berfungsi
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Permainan Meriam Bambu Sudah Hilang di Tanah Batak

 
SERBA SERBI

Permainan Meriam Bambu Sudah Hilang di Tanah Batak
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 08-Jan-2020, 11:50:14 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Memantik meriam bambu yang di masa lalu menjadi salah satu permainan yang menyemarakkan suasana Natal dan Tahun Baru, kini sudah jarang terdengar di kawasan Tanah Batak. Di masa lalu suasana malam di berbagai desa di kawasan ini sangat ramai mengguncang kesunyian malam. Suara dentuman terdengar bersahut-sahutan seakan terjadi " perang" meriam antardesa. Biasanya kalangan anak-anak gemar memainkan meriam bambu, walau pun terkadang ada juga orang dewasa yang ikut memainkan.

Meriam bambu yang dirakit dengan  bambu besar memggunakan energi minyak tanah, memang termasuk sebuah game yang potensial resiko berbahaya. Karena silap sedikit bisa mengakibatkan akibat fatal. Seperti pernah kejadian di satu desa, seorang anak meninggal ketika api menyembur dari lobang penyulut api. Sejak itu permainan meriam bambu drastis berkurang, walau pun belum berhenti total.

Semakin jarangnya permainan meriam bambu di Tapanuli Utara, mungkin efek dari kemajuan jaman. Hadirnya beragam jenis permainan menjadi faktor penyebab yang pasti. Pada masa lalu belum ada mercon atau kembang api. Tetapi kini petasan dan kembang api dengan bermacam variasi bentuk dan harga telah mendominasi di pasaran setiap perayaan Natal dan Tahun Baru tiba.

Selain itu, di zaman ini  bahan bambu besar semakin sulit didapat di kampung-kampung dan juga sudah menjadi komoditi jualan sebagai peranca bangunan. Kemajuan perekonomian masyarakat pada umumnya menjadi indikator yang merobah minat dari yang tradisional ke varian-varian permainan modern.(*)
Teks foto: Anak-anak sedang sibuk membuat meriam bamvu di satu desa untuk persiapan natal dan tahun baru.( Kredit foto: Firma Mangantar Mtd)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
PENGALAMAN IMLEK DI MASA KECIL 24 Jan 2020 15:18 WIB


 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 
IMLEK AGAR KITA MELEK 23 Jan 2020 05:21 WIB

 

 
 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia