KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 

Permainan Meriam Bambu Sudah Hilang di Tanah Batak

 
SERBA SERBI

Permainan Meriam Bambu Sudah Hilang di Tanah Batak
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 08-Jan-2020, 11:50:14 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Memantik meriam bambu yang di masa lalu menjadi salah satu permainan yang menyemarakkan suasana Natal dan Tahun Baru, kini sudah jarang terdengar di kawasan Tanah Batak. Di masa lalu suasana malam di berbagai desa di kawasan ini sangat ramai mengguncang kesunyian malam. Suara dentuman terdengar bersahut-sahutan seakan terjadi " perang" meriam antardesa. Biasanya kalangan anak-anak gemar memainkan meriam bambu, walau pun terkadang ada juga orang dewasa yang ikut memainkan.

Meriam bambu yang dirakit dengan  bambu besar memggunakan energi minyak tanah, memang termasuk sebuah game yang potensial resiko berbahaya. Karena silap sedikit bisa mengakibatkan akibat fatal. Seperti pernah kejadian di satu desa, seorang anak meninggal ketika api menyembur dari lobang penyulut api. Sejak itu permainan meriam bambu drastis berkurang, walau pun belum berhenti total.

Semakin jarangnya permainan meriam bambu di Tapanuli Utara, mungkin efek dari kemajuan jaman. Hadirnya beragam jenis permainan menjadi faktor penyebab yang pasti. Pada masa lalu belum ada mercon atau kembang api. Tetapi kini petasan dan kembang api dengan bermacam variasi bentuk dan harga telah mendominasi di pasaran setiap perayaan Natal dan Tahun Baru tiba.

Selain itu, di zaman ini  bahan bambu besar semakin sulit didapat di kampung-kampung dan juga sudah menjadi komoditi jualan sebagai peranca bangunan. Kemajuan perekonomian masyarakat pada umumnya menjadi indikator yang merobah minat dari yang tradisional ke varian-varian permainan modern.(*)
Teks foto: Anak-anak sedang sibuk membuat meriam bamvu di satu desa untuk persiapan natal dan tahun baru.( Kredit foto: Firma Mangantar Mtd)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia