KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Menunggu 26 Apr 2019 10:26 WIB

Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Perayaan Hari Pers Nasional ke 73 Kabupaten Samosir di Objek Wisata Kuburan Diatas Pohon
Oleh : Drs Melani Butarbutar, Mm | 12-Feb-2019, 16:30:06 WIB

KabarIndonesia - Tomok Samosir, Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 Tahun 2019 , para jurnalis/wartawan-awak media cetak, elektronik (TV, radio dan online) kabupaten Samosir menggelar acara sillaturahmi sesama pers. Gelaran silaturahmi ini bertempat di objek wisata baru ‘Kuburan Diatas Pohon’ desa Tomok dusun 1 Lumban Sijabat, kecamatan Simanindo kabupaten Samosir Sumatera Utara, Sabtu (9/2).

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 Tahun 2019 kab.Samosir kali ini diprakarsai wartawan kec. Simanindo, dengan tema: "Pers menguatkan ekonomi kerakyatan berbasis digital", dan sub tema: "Pers yang profesional dapat memperbaik kesejahteraan rakyat dan pembangunan tepat sasaran".

Ketua IWO Samosir Fernando Sitanggang dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Wartawan kecamatan Simanindo khususnya Luhut Sijabat menjadi momentum penguatan peran pers sebagai jembatan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital.

Pada kesempatan ini, hadir Denri Sihaloho mewakili Kadis Kominfo, Kapolsek Simanindo Iptu T Lumbantobing mewakili Kapolres, Sekretaris JOIN (Jurnalis Online) Samosir Saut M Simanjuntak, Ketua IWO (Ikatan Wartawan Online) Samosir Fernando Sitanggang, perwakilan PWRI Masdin Napitu, kades Tomok Hotman Sidabutar, tokoh masyarakat Simanindo, serta puluhan wartawan/pewarta yang bertugas di kabupaten Samosir.

Dalam sambutannya, Denri Sihaloho yang mewakili Kominfo kabupaten Samosir , menyatakan bahwa pemkab Samosir sangat mendukung serta mengapresiasi pemberitaan pers terkait pembangunan infrastruktur, pertanian serta pariwisata yang ada di Samosir.

Menurut Denri Sihaloho, pemilihan tema perayaan ini sejalan dengan program pemerintah kabupaten Samosir dalam menunjang peningkatan ekonomi. “Fokusnya adalah kepada bagaimana kita senantiasa mendorong pembangunan sektor UKM, sektor pertanian, pariwisata dan sektor ekonomi kerakyatan lainnya dengan memanfaatkan digitalisasi informasi. Kita tidak bisa menghalangi yang namanya digital ini,” imbuhnya.

Denri Sihaloho menyatakan bahwa pemilihan objek wisata ‘Kuburan Diatas Pohon’ sebagai tuan rumah peringati HPN Ke 73 tahun 2019, sangat tepat. Karena objek wisata ini adalah salah satu objek wisata terbaru di kabupaten Samosir saat ini, dan pemkab Samosir akan mendukung masyarakat dalam peningkatan objek wisata di Samosir," kata Denri.

“Harapan kami, HPN tahun depan bisa menjadi momentum untuk menunjukkan kepada daerah lain, bagaimana caranya pers Samosir yang konsisten mendorong dan mendukung pemerintah Kabupaten Samosir dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Samosir berbasis pariwisata dan pertanian. Terlebih Danau Toba merupakan salah satu daerah destinasi wisata di Indonesia,” ucap Denni mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Kapolsek Simanindo TL Tobing menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional ke 73. "Saya sampaikan selamat hari pers nasional, khususnya kepada mitra pers yang ada diwilayah kabupaten Samosir," ungkapnya.

Dia meminta agar insan pers tetap menjunjung tinggi asas berimbang dalam memberitakan sebuah peristiwa atau masalah, dan tidak terjebak dalam berita-berita palsu atau hoaks. "Saya percaya, media yang kredibel akan menyajikan berita berkualitas yang berbasis fakta dan data. Hal itu penting bagi kami baik masyarakat maupun pemerintah selaku pembaca, mendapatkan” harapnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya Polsek Simanindo melalui Bhabin kamtibmas desa, Bripka Y.R Munthe, melakukan aktivitas inovasi berupa pembinaan kepada masyarakat, perorangan maupun kelompok peternak ayam kampung di dusun I desa garoga kec.Simanindo. "Saya selalu mendorong Bhabinkamtibmas untuk berinovasi dengan tujuan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di kecamatan ini" lanjutnya.

Dia kembali mengingatkan usulan masyarakat wisata kepada pemerintah daerah dan Polri untuk membentuk satuan polisi pariwisata di kabupaten Samosir. "Dukungan rekan media tentu dibutuhkan untuk merealisasinya di lapangan", sebut Tobing mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, diberitakan bahwa seusai acara pokok peringatan HPN 73 untuk kabupaten Samosir ini, diisi dengan acara makan siang bersama, hiburan. Peserta yang sedang berkumpul di lokasi acara kedatangan tamu wisatawan mancanegara yang dipandu ibu boru Gultom, seorang pegiat wisata dan lingkungan yang menikah dengan orang bule dan mereka tinggal di kawasan wisata desa Silimalombu, kecamatan Onanrunggu Samosir.

Atas permintaan awak media, digelar semacam konfers dan menyampaikan pandangan pengalaman berada di Samosir. Kedua tamu, Thomas wisatawan asal Italia dan Rebecca dari RRC yang bekerja dan bermukim di Amerika. Kedua wisatawan tersebut sangat kagum atas keindahan alam dan lingkungan danau toba.

Mereka mengaku bahwa sisi keindahan alam kawasan danau toba tidak ada duanya dunia. Namun mereka sangat menyayangkan pengelolaannya terutama menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Temuan mereka, banyaknya sampah ( bahan plastik) yang ditumpuk begitu saja di sebuah lahan diatas bukit tanpa penanganan.

Thomas dan Rebecca yang bergerak dibidang penanganan lingkungan hidup ini memberi penjelasan bahwa sampah plastik menjadi masalah dunia, karena bertahun-tahun bahan ini tidak dapat musnah. Mereka menyarankan agar pemerintah dan masyarakat berupaya untuk menggunakan bahan alam (non plastik) sebagai wadah pembungkus. Karena ketika bahan alam itu ( misalnya daun pisang) dibuang, masih dapat membusuk bahkan menjadi pupuk. "Hal ini harus disosialisasikan sejak awal secara masif kepada masyarakat, anak sekolah juga wisatawan" sebut Thomas mengakhiri penjelasannya.

Sementara itu, para awak media yang turut dalam perbincangan tersebut, sepakat untuk menyampaikannya kepada pemerintah dan memasyarakatkannya dalam rangka menjaga kebersihan kelestarian alam Samosir.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Batu Bertuah (1) 25 Apr 2019 16:15 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia