KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Para Bikers Diharap Waspadai Permukaan Jalan Licin Saat Musim Hujan

 
SERBA SERBI

Para Bikers Diharap Waspadai Permukaan Jalan Licin Saat Musim Hujan
Oleh : Bintang Purnomo | 23-Jan-2020, 12:16:51 WIB

KabarIndonesia - Musim penghujan telah tiba, para bikers harus lebih hati-hati saat di perjalanan. Oleh sebab itu berkendara saat hujan dibutuhkan kewaspadaan ekstra karena kondisi jalan yang licin, genangan air, kadang ada lubang yang tidak kelihatan dan sangat membahayakan.

Mengendarai motor dalam keadaan hujan sebenarnya cukup aman. Tapi ada hal yang perlu diwaspadai, yaitu risiko konsentrasi terganggu akibat kedinginan, jarak pandang berkurang, hingga daya cengkeram ban pun berkurang. Jika melewati permukaan jalan yang bagus ban masih bisa memberikan grip, meski jalan basah. Namun, terkadang kita melewati berbagai macam permukaan jalan yang tidak selalu memberikan grip pada ban. 

Berikut 5 permukaan jalan yang berpotensi bahaya jika Anda lewati saat hujan, dilansir dari FDRTire:
1. Marka Jalan. Bagian permukaan jalan yang tertutup cat marka jalan akan licin saat basah. Untuk itu hati-hati saat melewati marka jalan seperti zebra cross, pembatas jalan, marka lambang dan lain-lain.
2. Permukaan Bertekstur. Transisi atau berpindah jalur dari jalan raya ke jalan kecil. Jalan beton yang licin juga perlu diwaspadai saat hujan.
3. Baja. Beberapa permukaan jalan tidak selalu tertutup oleh aspal, terkadang Anda menemui penutup gorong-gorong, plat baja yang digunakan saat proyek konstruksi bangunan, atau rel kereta api di perlintasan  jalan saat diperjalanan. Permukaan baja yang licin membuat ban tidak bisa mendapatkan grip yang maksimal apalagi dalam keadaan basah.
4. Tumpahan Oli. Selalu perhatikan kondisi jalan di depan. Jalanan yang ada tumpahan oli biasanya akan tampak warna pelangi di permukaan genangan air.
5. Genangan Air. Jalan berlubang yang tertutup oleh genangan air sangat berbahay, karena Anda tidak bisa mengukur seberapa dalam lubang tersebut. Apalagi jalan berlubang yang rusak bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Hujan yang mengguyur membuat jalanan basah dan licin. Maka itu pemotor harus makin waspada saat berkendara di kondisi seperti demikian.

Dilansir dari www.astra-honda.com, ada beberapa tips aman berkendara motor di jalan yang licin. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga jarak dengan pengendara di depan. Sebab pada kondisi jalan yang licin, untuk menghentikan laju kendaraan perlu jarak aman yang cukup.

Tips kedua, yakni menyalakan lampu utama. Lampu utama perlu dinyalakan untuk menambah jarak pandang, sekaligus untuk membantu pengendara lain melihat posisi kita.
Ketiga, pastikan keadaan aman saat ingin menyalip kendaraan di depan. Usahakan kondisi jalan dari arah berlawanan benar-benar kosong, sehingga motor bisa menyalip dengan aman.

Keempat, hindari berbelok dengan posisi terlalu patah. Berbelok terlalu miring apalagi dengan kecepatan tinggi akan membuat ban motor kehilangan daya grip atau cengkeraman ke permukaan aspal.

Kelima, kurangi kecepatan motor saat melewati jalan yang becek, berpasir, dan berkerikil. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan saat ingin menerjang genangan air. Sebab bisa jadi di genangan air tersebut ada lubang yang besar. Dan keenam, hindari penggunaan helm dengan kaca visor terlalu gelap, karena itu akan membuat jarak pandang terbatas.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Investasi Reksa Dana Kian Mudah 26 Sep 2020 19:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia