KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Nikmatnya Es Tape Sompel Ditengah Teriknya Matahari

 
SERBA SERBI

Nikmatnya Es Tape Sompel Ditengah Teriknya Matahari
Oleh : Hendrata Alfarizi | 03-Nov-2017, 07:06:18 WIB

KabarIndonesia - Nikmatnya menyantap es tape ditengah teriknya matahari. Perpaduan manis legitnya es tape, gurihnya santan, lembut dan dinginnya es serut mempunyai cita rasa tersendiri bagi pengunjung warung es tape sompel. Warung es tape milik bapak Sularto ini berloksi dibelakang Jogja Expo Center.
Pria kelahiran Wonosari 31 Desember 1958 ini memulai bisnis es tape sejak tahun 1973 di daerah Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Namun tujuh tahun setelahnya beliau pindah ke daerah Bantul, Yogyakarta dengan alasan sulitnya bahan baku pembuatan es tape disana. Beliau memilih berbisnis es tape lantaran banyak masyarakat disekitarnya yang menyukai tape lalu beliau mengkreasikan minuman tradisional ini dalam bentuk es kriim.
Sebelum berjualan es tape sompel disamping rumahnya,  pak Sularto sempat menjajakan es tape berkeliling namun karena peminatnya kurang maka dia mulai berjualan di kois dekat jembatan sungai kecil yang dinamai jembatan sompel. Nama sompel didapat dari hewan semacam kerang yang terdapat pada sungai tersebut. Maka dari itu bapak Sularto menamai warung es tape dengan nama es tape sompel.
Seiring perkembangan zaman, banyak muncul minuman modern yang unik dan mempunyai berbagai varian rasa. Namun dengan hal tersebut bapak Sularto tidak merasa tersaingi karena minuman tradisional ini merupakan minuman yang langka dan tidak banyak orang yang bisa membuatnya. 
Sejak es tape sompel pak Sularto mulai dikenal, banyak orang yang mencoba berjualan es tape namun bapak Sularto mempunyai rahasia agar es tape buatannya ini tetap mempunyai cita rasa yang disukai penikmatnya.(*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia