KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Markas Satrad 233 di Puncak Sabang

 
SERBA SERBI

Markas Satrad 233 di Puncak Sabang
Oleh : Bang Rachmad | 19-Jan-2018, 09:32:02 WIB

KabarIndonesia - Bagi anda pecinta kopi tentu ingin merasakan suasana berbeda menikmati sajian kopi panas. Beberapa waktu yang lalu ada undangan yang dikirim khusus dari Penmus-Lanud Maimum Saleh Sabang kepada para kuli tinta. Isinya ajakan minum kopi bersama Dan Lanud beserta staf di markas Satrad 233 (Satuan Radar).

Hari yang ditunggu telah tiba, pada Rabu yang cerah rombongan kuli tinta dengan menempuh jarak 25 KM dari kota Sabang.  Tepat jam 10:30 WIB, rombongan kuli tinta tiba langsung menuju tepi pantai dermaga khusus Satrad 233. Disana telah menunggu Dan Lanud MUS, Letkol Pnb A.P.U Tarigan dan para staf serta perwira Satrad 233. 
Acara penyambutan selamat datang oleh tuan rumah dan penjelasan maksud dan tujuan silaturahmi antara Perwira Lanud MUS, Perwira Satrad 233 dengan para jurnalis. Dari belasan mobil yang ada hanya tiga mobil yang dipersilahkan menuju markas Satrad 233 (Satuan Radar) di puncak Kasmaran. Sebelumnya berfoto bersama di gerbang Satrad 233.

Cuaca cukup cerah sekali, jalanan sepi, dikiri kanan terlihat hutan lindung gunung Iboih. Ada sekitar 10 belokan tajam yang harus ekstra hati-hati. Syukurlah tidak turun hujan karena jalanan bisa licin dan banyak ranting pohon yang jatuh. Terlihat juga ada salah satu pohon besar yang tumbang dan telah berhasil ditepikan. Udaranya cukup sejuk, ada AC alami selama perjalanan menuju puncak kasmaran.

Setelah menempuh jarak 2,5 KM akhirnya puncak Kasmaran di ketinggian 500 meter diatas permukaan laut berhasil dicapai. Parkir mobil di sisi kanan markas Satrad 233 dan masuk ruangan kendali operasi (Control Room) atau AIRNETS - Air Defence Net Centric Tactical System.

Rombongan diajak masuk pusat radar. Dan Lanud MUS dan para perwira Satrad 233 menjelaskan cara kerja monitor radar terhadap pesawat yang terpantau di layar monitor. Radar di Sabang juga bisa memonitor pesawat hingga ke negara Singapur. Para perwira dan prajurit Satrad 233 bekerja selama 24 jam untuk memonitor layar tampilan radar di puncak kasmaran. Terlihat seratusan lebih pesawat dilayar monitor. Disini dilakukan pemantauan penerbangan non schedule, oleh pesawat udara asing maupun sipil Indonesia, yang beroperasi di wilayah udara Indonesia bagian barat.

Selanjutnya diadakan minum kopi bersama di ruang pertemuan. Tersaji kopi arabika yang harum sekali serta sedikit aneka kue. Ramah tamah antara Dan Lanud MUS dan staf, para perwira Satrad 233 dengan para kuli tinta berjalan dengan suasana kekeluargaan. Ini adalah minum kopi yang menyenangkan di puncak kasmaran. Sambil foto-foto sejenak dalam acara minum kopi ini, silaturahmi TNI AU bersama para kuli tinta, ada suasana akrab guna mempererat silaturahmi yang lama ini telah terjalin, sehingga dapat meningkatkan kerjasama dalam membangun kota Sabang ke depannya.

Dari balik pagar pusat radar ini terlihat pemandangan yang sangat indah, dikejauhan nampak kota Sabang. Setelah 15 menit berada di kawasan Radar akhirnya rombongan kembali menuju dermaga khusus Satrad 233 untuk menikmati makan siang dengan menu kari bebek dan ikan bakar. Tepat jam 13:30 WIB para rombongan kuli tinta meninggalkan tempat pertemuan dan kembali ke kota Sabang.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia