KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Pelatihan Menulis Online Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniIslamophobia di Amerika, “Christianophobia” di Indonesia oleh : Kabarindonesia
21-Mar-2019, 16:44 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jika sebagian penduduk di AS dan barat mengidap Islamophobia, maka sebagian penduduk Indonesia dan kawasan mayoritas Muslim di berbagai belahan dunia mengalami gangguan penyakit "Christianophobia". Opini Sumanto al Qurtuby.

Islamophobia atau Islamfobia mengacu pada pengertian ketakutan atau
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

Kucinta Danau Toba 23 Mar 2019 08:01 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Komunitas Literasi Babel Ikuti Seminar Nasional Literasi
Oleh : Denni Candra | 25-Feb-2019, 16:40:46 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Sebagai salah komunitas yang fokus dalam memajukan dunia literasi sekaligus untuk menambah wawasan serta meningkatkan kompetensi anggotanya, Komunitas Lietrasi Bangka Belitung (Babel) mengirimkan tiga orang anggotanya untuk mengikuti seminar literasi nasional di Jakarta.

Seminar yang berlangsung pada hari Minggu, 24 Februari 2019 di gedung penerbit Balai Pustaka Jakarta Timur mengangkat tema “Sinergi Pemerintah dan Masyarakat untuk Penguatan Literasi Nasional”, bersamaan dengan seminar ini juga sekaligus diadakan kegiatan launching buku sejarah literasi.

“Komunitas Literasi Babel terus meningkatkan kompetensi dengan mengirimkan tiga orang peserta untuk mengikuti seminar nasional literasi,” kata Feryandi Komeng, Ketua Komunitas Literasi Babel, Minggu (24/2/19) usai mengikuti acara seminar nasional literasi. Masih menurut Komeng sapaan akrabnya, bahwa kegiatan seminar ataupun pelatihan sangat perlu untuk meningkatkan wawasan, memperkuat jaringan para pengurus komunitas literasi.Adapun peserta dari Komunitas Literasi Babel yakni Ketua Komunitas Literasi Babel Feryandi Komeng, Muhamad Sukri (Bendahara) dan EM Osykar Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan Komunitas Literasi Babel.

Kegiatan seminar di gedung penerbit PT Balai Pustaka Jakarta Timur. Dengan nara sumber Reza Putra (Coordinator Lets’s Read Indonesia, The Asia Foundation), Firman Venayaksa (Ketua Forum Taman Baca Masyarakat & Relawan Rumah Dunia), Afifah Afra (Ketua Umum Forum Lingkar Pena), Drs. H. Wahyu Haryadi, M.Si (Kepala Dinas Perpustakaan dan Keasipan DKI Jakarta) serta Direktur Utama PT. Balai Pustaka Dr. Achmad Fachrodji yang juga dosen di Universitas Mercu Buana Jakarta.

Disela-sela acara juga launching buku sejarah literasi dan perjalanan gerakan dunia literasi dari pemerintah hingga komunitas-komunitas di seluruh tanah air. Setelah acara seminar selesai, para peserta seminar diajak visitasi yang dipandu langsung Direktur Utama PT Balai Pustaka Dr. Achmad Fachrodji untuk melihat sudut-sudut proses penerbitan sebuah buku hingga manuskrip(ruang arsip buku-buku tua).

Salah satu buku tertua yang masih disimpan PT Balai Pustaka seperti “Serat Panoetan” penulis Mas Prawirasoedihardjo, terbitan tahun 1913 penerbit PT Balai Pustaka.
Selain itu masih ada arsip majalah tempo dulu, majalah Pandji Poestaka yang terbit tahun 1930-an. Bahkan jutaan buku-buku bacaan tua masih tersimpan rapi di ruang manuskrip Balai Pustaka yang beralamat di jalan Bunga No.8 Matraman Jakarta.

Semoga setelah mengikuti seminar nanti, dapat mengembangkan dan memperkuat sinergi komunitas dengan pemerintah dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan tingkat minat baca buku dan karya literasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Diketahui bahwa peserta seminar nasional ini terbatas dan hanya diikuti 200 peserta saja mewakili setiap provinsi dari seluruh Indonesia. Alhamdulillah, Komunitas Literasi Babel dipercaya mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti seminar nasional literasi tersebut. (*)


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Berkah TMMDoleh : Agus Rizal
10-Mar-2019, 16:26 WIB


 
  Berkah TMMD TMMD ke-104 Kodim 0601/Pandeglang membawa berkah bagi para pemilik warung di lokasi tersebut. Anggota Satgas TMMD pada saat istirahat meluangkan waktu untuk melaksanakan kegiatan komsos dengan warga masyarakat di salah satu warung milik warga sambil menikmati jajanan di kampung Saluyu,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
AGAMA Vs ATHEIS 22 Mar 2019 16:46 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia