KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB

 

Fakta Seputar Masa Pensiun Ini Bikin Miris

 
SERBA SERBI

Fakta Seputar Masa Pensiun Ini Bikin Miris
Oleh : Setyo Sudirman | 16-Nov-2019, 09:04:49 WIB

KabarIndonesia - Fakta-fakta terkait masa pensiun berikut ini bikin miris. Fakta pertama, sebanyak 90 persen pekerja Indonesia mengaku tak siap memasuki usia pensiun secara finansial. Data yang dirilis OJK juga menyebutkan bahwa 93 persen pekerja formal di Indonesia belum memiliki bayangan hidup di masa pensiun.

Fakta kedua, pendapatan seseorang saat masa pensiun maksimal 80% dari pendapatan sebelum masa pensiun, tetapi pengeluaran tidak menurun signifikan. Rata-rata pengeluaran seseorang di masa pensiun itu 94% dari pengeluaran rutin sebelum pensiun.

Fakta ketiga, 7 dari 10 orang yang memasuki masa pensiun terpaksa masih bekerja untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Fakta tragis berikutnya, 50% pensiunan TNI dan Polri masih punya pinjaman di bank ketika pensiun. Terbiasa hidup di asrama tanpa biaya sewa membuat mereka kurang siap saat memasuki masa pensiun.

Sayangnya, sadar bahwa hidup di masa pensiun itu penting disiapkan secara baik sejak masa muda, tak sedikit orang yang saat masih muda tak tahu langkah konkret untuk menyiapkan masa pensiun.

Yang sedikit sadar, memang mengambil program dana pensiun. Namun kalau diitung-itung dana pensiun yang disiapkan tak mencukupi banyak kebutuhan di hari tua. Kebutuhan hidup di masa pensiun yang relatif tak menurun harus dihadapkan dengan pemasukan yang terbatas.

Minimnya sosialisasi dan penjelasan tentan pentingnya menyisihkan pendapatan bulanan untuk persiapan hidup di masa pensiun perlu mendapat perhatian khusus.

Tak dipungkiri, seseorang saat di usia muda masih berpikir kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan jangka pendek. Tak banyak yang berpikir tentang hidup setelah tidak bekerja.

Padahal, sembari bekerja seseorang bisa menyiapkan hidup di masa tua (masa pensiun) tanpa mengganggu  dan merecoki pekerjaan itu sendiri. Salah satu cara menyiapkan masa pensiun yang mudah dan tak perlu banyak mikir yakni investasi reksa dana.

Investasi reksa dana memberikan imbal hasil tinggi dibanding sekadar menyimpang uang di tabungan konvensional yang susah berkembang karena bunganya kecil dan banyak potongannya.

Investasi reksa dana cocok untuk menyiapkan dana pensiun. Seseorang cukup rajin menyisihkan minimal 10% dari gaji bulanan untuk diinvestasikan ke reksa dana. Dari jenis reksa dana yang ada: reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, tentunya reksa dana yang terakhir disebut ini menjadi jawaban yang tepat.  

Investasi jangka panjang reksa dana saham telah terbukti mampu menghasilkan imbal hasil (return) yang sangat menarik dan mampu tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan inflasi.

Dikatakan investasi yang nggak merecoki aktivitas pekerjaan harian karena begitu uang yang dimiliki dideposit di reksa dana, semisal melalui platform IPOTFUND yang disebut sebagai supermarket reksa dana online terlengkap, seseorang bisa beraktivitas seperti seperti biasanya.

Seorang investor reksa dana nggak perlu banyak ngurusi apa yang telah didepositkan di reksa dana, karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang mengelola dananya supaya imbal hasil (return) yang akan diterima investor maksimal.

Para pakar keuangan pun banyak yang sepaham investasi reksa dana saham memberikan imbal hasil yang lebih baik dibanding deposito. Return yang diberikan reksa dana di atas bunga deposito. So, salah satu pilihan untuk menyiapkan keuangan di masa pensiun adalah investasi reksa dana saham yang sifatnya memang jangka panjang dan kini mudah dilakukan secara mandiri. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia