KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Delapan Hari Pencarian Korban Kapal Sinar Bangun yang Karam di Danau Toba Belum Menunjukkan Hasil
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 25-Jun-2018, 16:52:44 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sesuai data yang dirilis Mahakarya Geo Survey IAITB, Henky Suharto, disebut bahwa kapal motor Sinar Bangun yang tenggelam Senin (18/6) lalu, berada pada koordinat 2 deg 47’ 3.835 N dan 98 deg 46’ 10.767 E, dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Hasil deteksi ini dijadikan sebagai sasaran pencarian pihak Basarnas pada hari ke-8, Senin (25/6), hingga kedalaman 490 meter, namun belum mendapatkan hasil yang siginifikan, baik menyangkut kapal maupun penumpang yang turut tenggelam.

Demikian informasi pihak pemkab Samosir melalui jaringan web resmi seraya menyampaikan bahwa pihak Basarnas dibantu oleh relawan dan nelayan, telah melakukan upaya maksimal dengan sumber daya yang ada dan peralatan yang lebih canggih untuk mencari kapal yang karam.

Sementara itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi mengatakan, Tim SAR terus melakukan upaya maksimal mengangkut objek, yang dari hasil analisis berukuran panjang 20 meter dan lebar 5 meter. "Kita semaksimal mungkin bekerja, bagaimana caranya untuk mengangkat atau menarik bangkai kapal. Karena kita tidak punya yang namanya robot," kata Syaugi, Senin (25/6).

Menurut Syaugi, perkiraaan lokasi terduga objek KM Sinar Bangun ada di kedalaman 490 meter, sementara alat yang dimiliki baru bisa mencapai kedalaman maksimal 100 meter. Begitupun, nantinya objek temuan harus dipotong-potong dalam pengangkatannya jika terlalu besar.

Lebih lanjut, Syaugi menjelaskan bahwa Tim SAR Gabungan mengklaim sudah menurunkan seluruh alat yang mutakhir, termasuk mencoba menurunkan jangkar dan sisir di lokasi temuan objek dan berusaha menarik objek tersebut dengan jangkar. Namun hingga sore hari ke delapan belum ada hasil.

"Kita menduga kontur dasar danau tidak datar. Sehingga di awal pencarian, Tim sempat kesulitan. Kendalanya adalah kedalaman danau yang sempat tidak terdeteksi sebelum alat teranyar datang. Saya mementingkan usaha hasil kita gak tau. Tapi kita all out dalam operasi ini, dan saya berharap kapal ini bisa ditarik, paling tidak kalau ditarik dia bisa lepas dari korban jiwa yang terkurung didalamnya," pungkas Syaugi.

Di akhir rilisnya, pihak Humas pemkab Samosir menginformasikan bahwa pencarian masih dilanjutkan pada Selasa (26/6) besok dengan mengintensifkan penggunaan peralatan yang tersedia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia