KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Bangkai Kapal Perang Jepang di Laut Halmahera Jadi Obyek Rekreasi

 
SERBA SERBI

Bangkai Kapal Perang Jepang di Laut Halmahera Jadi Obyek Rekreasi
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 02-Mar-2018, 09:01:35 WIB

KabarIndonesia - Halmahera Utara, Sebuah kapal perang Jepang eks perang dunia II hingga kini masih terkapar di sekitar teluk Kao Halmahera Utara, Maluku Utara, sekitar 800 meter dari pantai Novagita. Kapal perang milik Jepang ini rusak berat akibat dibombardir pesawat tempur Sekutu sekitar tahun 1942.

Reporter KabarIndonesia Leonardo Tolstoy Simanjuntak yang saat ini berada di Halmahera Utara mengutip cerita dari warga setempat. Pada momen-momen terakhir sebelum Jepang menyerah pasca pengeboman Nagasaki dan Hiroshima, kapal Jepang tersebut sedang bergerak dari Morotai menuju Kao membawa sejumlah wanita dan tentara Heiho bentukan Jepang. Tetapi naas, sekitar 800 meter lagi sebelum kapal merapat ke pantai, tiba-tiba muncul pesawat tempur Sekutu yang langsung menghujani kapal Jepang dengan bom bertubi-tubi. Kapal perang tersebut babak belur dan puluhan orang penumpang kapal tewas bergelimpangan. Namun sejumlah tentara Heiho berhasil menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut dan berenang ke pantai.
 
Konon di antara penghuni kapal yang selamat, terdapat enam orang berasal dari Tapanuli,masing-masing marga Pasaribu, Lubis, Hasibuan, Silalahi, Siregar, Manik. Mereka sempat ditahan tentara pejuang di Kao. Mereka juga disebutkan sebagai orang Batak pertama yang masuk ke Halmahera dan menetap turun temurun di sekitar Kao dan Tobelo.

Kini bangkai kapal rusak masih terlihat dari pantai Kao dan Malifut. Namun menurut keterangan penduduk setempat kondisi kapal tak lagi seutuh dulu. Banyak besi dari bagian badan kapal perang itu sudah berkurang karena dipreteli orang yang memanfaatkannya sebagai bisnis besi tua. Pada hal seperti dikatakan Lumombo seorang warga Kao, kapal perang itu seharusnya bisa dijadikan aset sejarah perang di wilayah Maluku. Pada saat tertentu bangkai kapal itu kerap dikunjungi berbagai kelompok remaja menjadikannya obyek rekreasi atau studi sejarah perang dunia.

Reporter KabarIndonesia juga telah memanfaatkan waktu ikut merapat dan menjejakkan kaki ke bangkai kapal. Kondisi kapal pada umum tampak sudah keropos oleh karatan. Harus hati-hati melangkah untuk menghindarkan kaki jangan sampai terperosok. Pada bagian kamar kapal tampak banyak ikan berkeliaran dan banyak anak muda sering memancing ikan di sana.(*)

Teksfoto: Perahu motor yang ditumpangi reporter KabarIndonesia saat merapat ke bangkai kapal perang Jepang yang rusak dibombardir pesawat sekutu tahun 1942.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia