KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Tepat 45 tahun lalu, Argopandoyo Tri Hanggono dilahirkan di Kota Jakarta, sebagai anak ketiga dari pasangan W. Sudaryo dan Martha Beetje.

Ayah dua anak ini memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik sejak mengikuti kegiatan penerbitan Warta Yohanes
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Program TMMD Bangkitkan Semangat Gotong Royong Masyarakat
Oleh : Iin Suwandi | 15-Jun-2016, 16:13:49 WIB

KabarIndonesia - Jika dulu kita mengenal istilah ABRI Masuk Desa (AMD), sekarang penyebutannya sudah berubah menjadi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). TMMD ini merupakan program dari TNI Angkatan Darat membantu masyarakat pedesaan dalam hal pembangunan dengan langsung menerjunkan prajurit TNI Angkatan Darat sebagai pelaku utama membantu masyarakat yang tinggal di pedesaan agar dapat merasakan sepenuhnya pembangunan, baik itu sasaran fisik maupun non fisik.

Sasaran fisik TMMD itu diantaranya membangun jalan baru, memperbaiki jalan yang rusak, memperbaiki saluran irigasi dan jembatan, rehab tempat ibadah, membuat sanitasi dan saluran air bersih, rehab sekolah dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk sasaran non fisik diantaranya pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dan bahaya narkoba, pemutaran film perjuangan, pembagian paket sembako dan sebagainya.TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan wujud nyata aksi gotong royong masyarakat yang dilakukan secara bersinergi antara TNI, Polri, Pemerintah dan Rakyat untuk membangun desa. Kemanunggalan rakyat dalam membangun diwujudkan melalui kegiatan nyata gotong royong dalam aksi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan secara sinergi antara TNI, Polri dan Pemerintah, baik di Kabupaten maupun di Provinsi serta masyarakat sebagai ujung tombak.

TMMD Wujud Gotong Royong Masyarakat

Melalui kegiatan terintegrasi TMMD ini dapat memotivasi semua pemangku kepentingan dalam memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan yang selanjutnya mengakselerasi pelaksanaan program-program pembangunan. Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan kegiatan penggalangan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan di desa, sehingga seluruh komponen masyarakat desa harus terlibat dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang juga sejalan dengan substansi gerakan PKK yang didasari atas semangat kegotongroyongan untuk pengembangan potensi partisipasi masyarakat dalam segala aspek, sementara TNI dalam pembangunan Desa merupakan bentuk karya nyata kemanunggalan TNI dengan masyarakat akan mempercepat pembangunan. Program TMMD di beberapa daerah juga dilaksanakan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RDTL) bagi masyarakat yang kesulitan dalam memperbaiki tempat tinggal. Dan ini sangat membantu, seperti yang disampaikan Hamidah Warga RT 01/RW 05, Kelurahan Bojongsari Depok, bahwa dirinya seperti bermimpi tidak menyangka disaat kondisi rumahnya nyaris roboh dapat diperbaiki dan diselamatkan oleh program TNI Angkatan Darat. Begitu juga dengan tanggapan seorang tokoh pemuda Desa Panggang, Kecamatan Kemalang Atas Klaten. Sumarno yang berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Darat jajaran Kodim Klaten. Dia merasakan benar manfaatnya karena menjadikan desanya sebagai sasaran TMMD.Seperti di Bali, semangat gotong royong yang menjadi basis pemberdayaan masyarakat merupakan kunci utama penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan. Di Bali sendiri memiliki filosofi adiluhung yaitu semangat hidup menyama braya yaitu semangat hidup bersaudara dengan dilandasi jiwa persatuan dan kesatuan. TMMD merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam menciptakan persatuan dan kesatuan antara TNI, Polri, pemerintah dan masyarakat serta instansi lainnya. Melalui TMMD satukan visi dan misi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan bangsa sekaligus bukti cinta TNI kepada rakyat. 

Untuk itu kita berharap, melalui program TMMD akan tumbuh semangat kebersamaan, gotong royong dan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai modal utama dalam kesinambungan pemerataan pembangunan nasional.*)



Blog: 
http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini..!!!.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com// 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia