KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Pemanfaatan Lahan Produktif

 
LINGKUNGAN HIDUP

Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Pemanfaatan Lahan Produktif
Oleh : Dedi Sugiri | 04-Aug-2017, 19:30:52 WIB

KabarIndonesia - Untuk menekan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Musi Banyuasin, berbagai cara telah dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh personel jajaran Kodim 0401/Muba yaitu kerjasama secara terpadu antara Koramil 401-05/Bayung Lencir bersama-sama dengan personel dari instansi lainnya seperti Kecamatan Bayung Lencir, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, Polsek Bayung Lencir, dengan mengintensifkan pelaksanaan patroli, Selasa (1/8/2017).

Disamping itu, khususnya para Babinsa terus melakukan sosialisasi di Desa binaannya masing-masing. Pengalaman Babinsa yang berada di lapangan, salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan maupun lahan adalah karena akibat pembalakan liar dan ilegal. Hal ini terjadi karena situasi tuntutan ekonomi masyarakat disekitar hutan.

Menyikapi permasalahan tersebut, Dandim 0401/Muba Letnan Kolonel Czi Mulyadi, S.IP. melalui Danramil 401-05/Bayung Lencir Kapten Inf Iwan Setiawan bersama Camat Bayung Lencir, Kades Pangkalan Bayat dan pihak perusahaan dalam hal ini PT Bumi Persada Permai (BPP) melakukan upaya pencegahan melalui pendekatan sosial dengan cara memberdayakan lahan tidur dan rawan terhadap kebakaran menjadikan lahan produktif berupa lahan persawahan.

"Kegiatan merombak areal rawan kebakaran menjadi lahan persawahan sudah berlangsung hampir satu bulan belakangan ini dengan target seratus hektar. Kini pembuatan areal cetak sawah sudah mencapai enam hektar, sedangkan pembuatan parit utama mencapai sepanjang 3000 meter," ujar Danramil.

Selain kegiatan cetak sawah Koramil 491-05/Bayung Lencir juga menyosialisasikan kepada warga tentang Bios 44 terutama di areal lahan gambut dan membagikannya kepada warga Bayung Lencir secara gratis.

"Adapun manfaat dan fungsi Bios 44 yang merupakan temuan dari Korem 044/Gapo adalah sebagai penutup pori-pori gambut agar tidak mudah terbakar, menstabilkan Ph tanah sehingga akan menyuburkan lahan. Kami selalu menyediakan Bios 44 secara gratis,"tandas Danramil.

Kepala Desa (Kades) Pangkalan Bayat Bpk Samson sangat berterima kasih kepada Komandan Kodim 0401/Muba dan semua pihak baik dari Dinas, Kecamatan, Polsek dan Perusahaan untuk memberikan perhatian kepada warganya yang berlatar belakang berbeda, ada petani, buruh dan banyak warga dari kalangan yang terbiasa melakukan kegiatan yang ilegal.   

Kades berharap dengan dilaksanakannya pembuatan areal persawahan di Desanya, akan membuat masyarakat sejahtera dan mampu mencegah lahan rawan kebakaran menjadi lahan produktif. "Selain itu masyarakat dapat meninggalkan kebiasaan buruk seperti pembalakan liar dan pembukaan lahan dengan cara membakar serta dapat meninggalkan kebiasaan buruk lainnya, sekarang menjadi petani, "terang Kades.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia