KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar Janji bagian (6) kita telah melihat, berbagai upaya untuk menyerang dan menjatuhkan Jokowi ternyata justru sering berbalik menjadi bumerang yang menjadikan elektabilitas Prabowo-Hatta terdegradasi. Jokowi-JK
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Konferensi RT15 RSPO: Pastikan Standar Untuk Semua Pihak

 
LINGKUNGAN HIDUP

Konferensi RT15 RSPO: Pastikan Standar Untuk Semua Pihak
Oleh : Rohmah S | 10-Des-2017, 23:47:32 WIB

KabarIndonesia - Bali,  Pertemuan Tahunan ke-15 (RT15) dan Rapat Umum ke-14 (General Assembly/GA14) Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) berakhir dengan catatan positif yaitu dengan menekankan aspek inklusivitas, akuntabilitas, dan komitmen untuk mengubah pasar secara bersama-sama (4/12).

Pertemuan global tersebut menjadi wadah untuk mendengar dan memperhitungkan pendapat dari seluruh rantai pasokan minyak kelapa sawit, untuk memastikan bahwa praktik-praktik dan standar terbaik dapat dicapai dan bermanfaat bagi semua pihak. Hari kedua RT15 diisi dengan rangkaian pemaparan yang menarik dan diskusi mendalam terkait komitmen RSPO terhadap pelaku pasar dan petani kecil.

Beberapa pengumuman penting pada konferensi tahun ini mencakup peluncuran Laporan Dampak (Impact Report) yang menjelaskan secara rinci pencapaian dan tren penting di pasar maju serta pasar berkembang seperti di Afrika. Aspek berkelanjutan (sustainability) di Afrika dibahas dan dibedakan dengan berbagai contoh dari Gabon dan Liberia.

Strategi Petani Kecil RSPO (RSPO Smallhoder Strategy) terbaru juga turut dibahas, yang bertujuan untuk memberdayakan petani kecil untuk mencapai penghidupan yang lebih berkelanjutan.

RSPO menyambut baik DAABON Group dan United Plantations sebagai dua perusahaan yang mendapatkan sertifikasi RSPO NEXT, dengan DAABON Group sebagai yang pertama di dunia yang mencapai RSPO NEXT pada awal tahun ini; serta United Plantations sebagai pekebun kelapa sawit yang pertama di Malaysia yang mendapat sertifikasi tersebut. Petani mandiri dari Indonesia dan Thailand juga mendapat sertifikat atas pencapaiannya meraih sertifikasi RSPO.

Datuk Darrel Webber selaku CEO RSPO mengatakan, "Kita harus menyadari bahwa untuk menciptakan perubahan yang nyata dan bersifat jangka panjang, kita perlu melibatkan semua pihak dan mulai membantu mereka agar dapat menjadi di atas rata-rata. Kita perlu mendorong perubahan dan tidak berharap bahwa mereka yang baru memulai perjalanan dalam praktik berkelanjutan harus menjadi pintar dalam semalam."

GA14 RSPO juga telah dilaksanakan dan menghasilkan beberapa keputusan dari beberapa resolusi yang disetujui, antara lain:

Resolusi GA14-6f: RSPO untuk meninjau bentuk pemungutan suara General Assembly berdasarkan pendekatan proporsional sehingga berbagai kategori keanggotaan memiliki bobot yang sama tanpa memperhitungkan jumlah keanggotaan total, yang mengarah pada representasi yang lebih seimbang dari semua kelompok kepentingan.

Resolusi GA14-6g: Pengakuan resmi terhadap perwakilan pekebun Indonesia dari Indonesian Growers Caucus (IGC) di semua forum RSPO, yang secara formal mewakili IGC untuk mendorong keterlibatan yang lebih baik dan lebih efektif dari pekebun di Indonesia.

Resolusi GA14-6i: Mengubah Anggaran Dasar RSPO dan Pedoman Perilaku bagi Anggota RSPO untuk menghindari konflik yurisdiksi, kontradiksi, dan memberikan legitimasi terhadap Prosedur Pengaduan dan Banding (yang telah direvisi (2017).

Terlepas dari peningkatan aktivitas Gunung Agung, 477 perwakilan dari industri minyak kelapa sawit global, termasuk pemimpin perusahaan dari bidang berkelanjutan (sustainability), lembaga keuangan, pembuat kebijakan, akademisi, serta LSM sosial dan lingkungan dari 40 negara berpartisipasi dalam acara tersebut. RSPO juga mengambil kesempatan untuk menyampaikan harapan dan aspirasi, serta mendoakan masyarakat Bali yang terkena dampak aktivitas vulkanik dari Gunung Agung. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia