KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Forkopimda Samosir Laksanakan Rapat Antisipasi Kebakaran Lahan Saat Musim Kemarau
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 11-Jun-2018, 15:21:35 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Bertempat di ruang pertemuan gedung Geopark Sigulatti, desa Sarimarrihit, kecamatan Sianjurmula-mula, Samosir, Senin (11/6) dilakukan rapat koordinasi penanganan, pencegahan kebakaran lahan dan hutan di kabupaten Samosir.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Dandim 0210/ TU Rico Siagian dan Kapolres Samosir Agus Darojat, juga diikuti Pimpinan OPD, perwira Polres Samosir, para Camat dan petugas terkait se kabupaten Samosir.

Bertindak selaku moderator rapat, Asisten Tatapraja dan Kesra Sekdakab Samosir Mangihut Sinaga menyampaikan topik rakor untuk membicarakan mengenai pencegahan dan penanganan kebakaran dikarenakan kondisi iklim dan cuaca di kabupaten Samosir yakni musim kemarau, cuaca panas dan angin kencang. Bahkan saat ini sudah ada dua titik api skala kecil yang terjadi di desa Hasinggaan dan desa Janjiraja.

Bupati Samosir dalam arahannya menyampaikan bahwa sesungguhnya kebijakan atas masalah kehutanan ditangani pemerintah Provinsi, namun karena daerah yang langsung menghadapinya, maka kabupaten harus tetap berkoordinasi dengan provinsi. "Kita akan menyampaikan hasil rapat ini ke Gubernur Sumatera Utara dan ditembuskan ke Kementerian terkait. Kita berharap lebih baik mencegah daripada mengatasi kebakaran hutan."

Selanjutnya Rapidin Simbolon mengapresiasi kehadiran Forkopimda dan pihak terkait. "Hari ini kita merasa bersyukur Forkopimda kabupaten Samosir langsung respon mengenai kebakaran hutan, dan melakukan pertemuan dalam antisipasi serta penanganannya. Kita bahas bersama dalam rapat ini untuk mendapatkan format yang jelas dalam menangani dan mencegah kebakaran hutan." sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Samosir Agus Darojat menyampaikan tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam penanganan dan pencegahan kebakaran yakni, Sumber daya manusia (SDM), Sarana dan Prasarana serta Metode cara penanganan. "Kita harus fokus ke hal tersebut sehingga ketika ada kejadian kebakaran bisa bergerak cepat." sebut Kapolres.

Sedangkan Kabag Ops Polres Samosir memaparkan cara pencegahan dan penanganan kebakaran hutan, seraya menampilkan alat pemadam api pada kebakaran hutan yang merupakan inovasi Polres Samosir. Alat ini mendapatkan peringkat kedua inovasi pemadam api pada kebakaran hutan antar Polres di wilayah Polda Sumut.

Dandim 1210/TU Rico Siagian, mengharapkan agar rapat menetapkan dan mengambil langkah yang tegas dan nyata dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran hutan serta lingkungan. "Rapat ini harus mengambil kesimpulan yang jelas dan terukur, baik mengenai jumlah personil dari masing-masing instansi, peralatan yang tersedia, dan posko pencegahan dan penanganan kebakaran." tegasnya.

Setelah penyampaian arahan dari Bupati dan Forkopimda, dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan tentang pencegahan kebakaran hutan. Berbagai pemangku kepentingan seperti Camat, Kapolsek dan Kepala desa menyampaikan usul dan pendapat mengenai teknik pemadaman api apalagi lokasi sulit di jangkau. Selain itu, rapat juga membahas sumber kebakaran hutan ditengarai dari warga masyarakat saat kegiatan pembukaan lahan, sumber makanan ternak, juga keisengan oknum.

Pada akhir rapat, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan tiga hal yang harus segera dilakukan yakni, pertama, selambat-lambatnya dalam 3 hari dibentuk satgas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan, yang tugas utamanya adalah mencegah kebakaran. Kedua, segera dibuat posko penanganan kebakaran yang dipusatkan di kawasan Geopark Sigulati. Terrakhir, menyurati Gubernur Sumatera Utara sebagai pengambil kebijakan mengenai kehutanan, sebagai pemberitahuan kegiatan dan kebutuhan dana operasional.

Sementara itu, diperoleh informasi dari pihak pemerintah daerah bahwa saat musim kemarau terjadi, kerap terjadi kebakaran lahan dan hutan terutama pada daerah sulit dijangkau seperti kawasan perbukitan. Seperti yang terjadi pada musim kemarau tahun 2015 hingga tahun 2017, cukup luas lahan dan hutan yang terbakar atau dibakar. Bila hal seperti ini terjadi setiap tahunnya, dikuatirkan, lahan akan mengalami kerusakan dan kegiatan penanaman pohonpun akan sia-sia.

Terkait dengan itu, sosialisasi hasil rapat koordinasi serta tindakan tegas kepada oknum yang diduga melakukan pembakaran harus dilakukan segera. Dengan menggunakan aturan hukum yang ada, menunggu ditetapkannya peraturan atau keputusan daerah, harus diambil tindakan tegas yang berakibat pada terjadinya efek jera.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia