KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

FORJASI Menggugat Usaha Tambang Ilegal di Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 22-Mei-2017, 18:26:29 WIB

KabarIndonesia – Samosir, Kehadiran usaha tambang batu galian C oleh CV Pembangunan Nadajaya di Desa Silimalombu, Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir menuai kontroversi dari berbagai pihak terutama dari perantau asal Samosir dan juga oleh masyarakat Samosir.

Forum Jasa Konstruksi Indonesia (FORJASI) Sumatera Utara melalui Efin Romulo Naibaho,SE., MM, selaku wakil ketua FORJASI, Jumat (12/5) di Pangururan mengatakan telah mempertanyakan proses ijin serta kegiatan perusahaan tersebut ke Dinas Pertambangan dan Energi Sumatera Utara, Badan Lingkungan Hidup Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Samosir serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir. Menurutnya FORJASI mendapati adanya sejumlah pelanggaran dalam usaha tambang itu, mulai dari proses ijin usaha pertambangan, ijin lingkungan sampai ijin produksi.

Atas dasar surat FORJASI, DPRD kabupaten Samosir mengundang pihak FORJASI untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP). Sesuai undangan, rapat tersebut seyogyanya dimulai jam 15.00 WIB namun molor hingga pukul 18.00 WIB. Pihak FORJASI yang diwakili Efin Rumolo Naibaho, Hayun Gultom, ST dan aktivis Protap Gelmok Samosir, SH telah tiba satu jam lebih awal di lokasi. rapat tersebut kantor DPRD Samosir kawasan Parbaba.

Sebelum pukul 15.00 WIB terlihat gerombolan massa Jautir Simbolon Cs, grasak grusuk di lingkungan kantor Dewan. Sementara itu, seseorang dari kelompok Jautir Simbolon Cs mencoba menyeret salah seorang undangan RDP yaitu Hayun Gultom hingga bajunya koyak. Kejadian ini berhasil diamankan anggota Polres Samosir.

Sekitar pukul 18.00 WIB pihak FORJASI dipanggil memasuki ruang rapat Komisi III DPRD Samosir. Peserta RDP adalah perwakilan Pemkab Samosir, Forjasi, LSM LINGKARI. Komisi III DPRD yang dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Samosir. Hal ini mengundang keributan massa yang belakangan diketahui adalah pendukung Jautir Simbolon, pemilik perusahaan tambang yang juga abang kandung Bupati Samosir. Selama berlangsungnya rapat, massa tersebut melakukan keributan dengan suara-suara keras yang mengintimidasi pihak FORJASI terutama Hayun Gultom.

Sekitar pukul 20.00 WIB, mendengar keributan di luar ruangan dan kaca jendela ruang komisi III digedor-gedor massa,.akhirnya RDP diskors dengan batas waktu yg tidak ditentukan. Saat keluar dari ruang rapat ada oknum yang sengaja mematikan lampu di luar ruangan. Hal ini menimbulkan kemarahan Ketua DPRD Samosir dan membentak oknum tersebut yang diketahui dari pihak pengusaha. Sesaat kemudian gerombolan massa hendak menyerang pihak FORJASI namun anggota Polres Samosir dengan sigap mengamankan pihak FORJASI.

Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata sempat beradu argumen dengan massa dan meminta kepada mereka jika ada yang hendak disampaikan dipersilahkan mengirimkan surat dan pihak DPRD akan menanggapi. “Menyampaikan aspirasi bukan dengan cara ribut-ribut tak karuan, silahkan ajukan surat” ujar Risma. Ketika dikonfirmasi rekan media, Ketua DPRD Samosir menjelaskan bahwa pihaknya akan rapat lagi dengan Komisi I dan Komisi II dan selanjutnya akan turun ke lokasi.

Masih dalam suasana panas dan keributan, sejak keluar dari ruang rapat,massa mengepung dan berusaha menyerang utusan FORJASI. Hanya karena kesigapan anggota Polres Samosir maka penyerangan tidak berhasil dilakukan. Massa yang membuat keonaran di luar gedung akhirnya bergerak turun menunggu di simpang perkantoran Parbaba. Mereka melakukan sweeping atas mobil yang lewat dan meneriakkan untuk menangkap Hayun Gultom dan Gelmok Samosir.

Pihak FORJASI berhasil dievakuasi dari gedung Dewan dengan mobil double cabin kepolisian yang dikawal beberapa mobil serta mobil Dalmas Polres Samosir hingga ketempat yang dirasa aman dari kejaran massa.

FORJASI melalui Efin menjelaskan bahwa dalam RDP pihak Pemkab Samosir yang diwakili Asisten I Mangihut Sinaga, Kepala Dias PU Pantas Samosir, Kepala Badan Lingkungan Hidup Sudion Tamba tidak dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan FORJASI. Menurut Efin, pihaknya telah menerima surat dari Dinas Pertambangan dan Energi Sumatera Utara yang mengatakan bahwa kegiatan di Silimalombu adalah Illegal Mining. Sesuai dengan Perpres Nomor 81 tahun 2014 Pulau Samosir adalah zona putih galian C. Artinya dilarang melakukan galian di pulau erupsi gunung Toba puluhan ribu tahun yang lalu. .

Sementara itu, Gelmok Samosir mengatakan bahwa tekanan ataupun intimidasi yang mereka terima tidak akan pernah menyurutkan langkah mereka untuk mengentikan kegiatan panambangan liar di Silima Lombu oleh perusahaan milik abang kandung Bupati Samosir tersebut. Demikian rekan media menginformasikan kepada pewarta KabarIndonesia, Jumat (20/5). (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia