KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Dispertasih Bandung Tidak Anjurkan Iuran Sampah

 
LINGKUNGAN HIDUP

Dispertasih Bandung Tidak Anjurkan Iuran Sampah
Oleh : Ki Agus Nataprawira Atmaja Al Fattah | 14-Jul-2016, 13:18:49 WIB

KabarIndonesia - Berdasarkan keterangan Karyono, tokoh masyarakat Kabupaten Bandung, Selasa, 29/6/2016, permasalahan sampah perlu diitindaklanjuti secara bijak. Bila saling menyalahkan satu sama lain, hanya akan menambah permasalahan semakin komplek. Memang benar, masalah sampah adalah tanggung jawab bersama, tapi jangan sampai masyarakat disalahkan sebagai salah satu penyebab bertumpuknya sampah.

Karyono menambahkan bahwa banyaknya pertokoan, keberadaan komplek perumahan baru, juga yang lainnya merupakan awal dari permasalahan sampah. Hal tersebut sepertinya luput dari perhatian pemerintah melalui instansinya. Sangat dirasakan kurangnya aparat pemerintah memberikan pengarahan, tempat penyediaan sampah, juga adanya pelaporan langsung untuk pengangkutan sampah.

"Tentukan kapan di angkut sampah dan dijadikan agenda kerja. Bukan dibiarkan sehingga terjadi pembuangan sampah semena-mena," tegas Karyono.

Hal lainnya yang berkaitan dengan permasalahan sampah di Kabupaten Bandung antara lain sampah menumpuk dan mengganggu/menghambat arus sungai. Hal ini mengakibatkan terjadinya banjir. Biasanya bila sudah terjadi demikian, pemerintah baru turun tangan disertai berbagai alasan yang diungkapkan untuk menutupi kekurangan. Padahal sebelumnya sudah sering disampaikan dan ditayangkan di media cetak.

Menurut Karyono mengetahui kondisi yang demikian, aparat sering tak juga bertindak,  namun setelah pimpinan tertinggi menerima informasi barulah terjadi penanggulangan. Hal yang sama juga terjadi di pasar-pasar tradisional. Tumpukkan sampah di berbagai penjuru menyebarkan bau tak sedap. Ironisnya menurut pengakuan beberapa orang pedagang, hampir tiap hari di pungut retribusi pasar termasuk retribusi sampah sebesar Rp. 4.000,-.  Kenyataannya, sampah masih ada dan pungutan terus berjalan.

Kepala Dinas Perumahan Penataan Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kab. Bandung, Ir. Erwin Rinaldi, di hari yang sama menegaskan bahwa Bidang Kebersihan tidak diperbolehkan memungut iuran sampah berapa pun besarnya, terkecuali yang bersifat partisipasi. "Bila kemudian ada oknum yang mengatasnamakan kami untuk memungut iuran sampah, itu  jelas tanggung jawab mereka, bukan dari Dispertasih," tegas Erwin.*)  

Sumber Foto: soreangonline.com


Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini..!!!.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com// 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia