KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKemnaker Beri Contoh Ruangan Laktasi dan Daycare Ideal Bagi Perusahaan BUMN dan Swasta oleh : Rohmah Sugiarti
21-Aug-2017, 04:31 WIB


 
 
KabarIndonesia – Tepat sehari setelah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 (18/8), Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, meresmikan Taman Penitipan Anak dan Ruang Laktasi yang dibangun di lantai M Gedung B, Gedung Kementerian Ketenagakerjaan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Cindai 19 Aug 2017 19:43 WIB

Lirih Rindu 19 Aug 2017 19:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Bibit Gaharu Astra untuk Masyarakat Cianjur

 
LINGKUNGAN HIDUP

Bibit Gaharu Astra untuk Masyarakat Cianjur
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 23-Des-2016, 07:00:41 WIB

KabarIndonesia - PT Astra International Tbk kembali mengadopsi 1.200 pohon produktif yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat di wilayah Batu Kasur Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Batu Kasur merupakan wilayah baru yang ditanami Astra, karena wilayah sebelumnya, yaitu Desa Tunggilis dan Desa Sarongge yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur juga telah penuh ditumbuhi pohon. Sehingga, secara total sejak tahun 2010, Astra telah menanam 5.700 pohon di wilayah Kabupaten Cianjur.

Kegiatan kali ini dihadiri oleh Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar, yang beberapa waktu lalu mendaki Batu Kasur di mana terdapat Situs Batu Kasur.

“Semoga dengan adopsi pohon dari Astra, wilayah Batu Kasur dapat semakin tertata sehingga menarik wisatawan untuk datang. Tentunya kegiatan ini mendukung program pemerintah Cianjur untuk menjadikan wilayah Batu Kasur sebagai area wisata,” ungkap Bupati Cianjur.

Yang istimewa, dari 1.200 bibit pohon yang ditanam, 500 di antaranya adalah bibit pohon gaharu, sebuah pohon yang memiliki nilai investasi karena bisa menjadi bahan baku parfum yang harganya relatif mahal. Saat panen atau setelah tujuh tahun ditanam, gubal atau lapisan hitam pada pohon gaharu ini nilainya dapat mencapai Rp 30-50 juta per pohon.

Gaharu (Gyrinops versteegii) merupakan pohon yang selama ini tumbuh liar di hutan Nusa Tenggara Barat dan bisa tumbuh tinggi hingga puluhan meter dengan diameter rata-rata 40 hingga 60 cm. Untuk pohon gaharu liar yang telah ratusan tahun hidup di hutan seperti itu, gubalnya bisa sampai Rp 500 juta per kilogram, setara dengan harga emas.

Kayu gaharu yang sudah tua sekitar 25 tahun akan menghasilkan gubal akibat infeksi mikroba jenis Fusarium sp. Gubal inilah yang bernilai jual sangat tinggi. Gubal biasa dijadikan produk wewangian seperti parfum, dupa dan lainnya dengan kualitas yang sangat bagus dan sering digunakan sebagai bahan baku parfum bermerek.


Selain bibit Gaharu, sebanyak 700 bibit pohon lainnya terdiri dari pohon nangka, alpukat, jeruk bali dan jengkol yang memiliki manfaat cukup besar untuk masyarakat di wilayah ini. Sama seperti di dua desa sebelumnya, tujuan Astra menanam pohon buah di sini selain untuk konservasi lingkungan atau penanaman kembali area yang gundul, juga untuk memberikan nilai tambah yang ekonomis bagi petani di sekitar area penanaman.

Dari biaya Rp 100.000 per pohon yang diadopsi, para petani akan mendapat bagian sebesar 35% yang digunakan untuk berternak kelinci, ayam atau kambing sebagai bentuk dari investasi jangka pendek, sehingga dengan program ini akan memberdayakan para petani di sekitar wilayah tersebut agar dapat berternak selain bertani.

Tidak hanya itu, para petani juga diberikan pelatihan manajemen pengolahan uang serta penanaman pohon, agar program ini dapat berjalan dengan baik serta memberikan keuntungan yang maksimal. Dari kegiatan tersebut, diperkirakan para petani dapat memanen buah-buahannya dalam tiga hingga empat tahun mendatang.


Selain menanam pohon, sebanyak hampir 100 orang peserta yang terdiri dari person in charge (PIC) public relations Grup Astra dari 29 perusahaan dan rekan-rekan wartawan mengikuti sharing dan diskusi tentang pelestarian lingkungan di Saung Sarongge, yang menampilkan nara sumber Penerima Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia Awards 2014 Maharani, Sahabat Petani Gaharu dari Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Ia memaparkan tentang bagaimana awalnya mengumpulkan 50 pemilik pohon Gaharu dan membentuk Forum Petani Pencinta Gaharu di NTB. Kini anggotanya sudah lebih dari 200 orang. Kelompok ini menjadi wadah pertukaran dan penyebaran informasi tentang tanaman gaharu.


“Indonesia baru memasok 10% dari bahan baku parfum dunia. Oleh sebab itu, gaharu adalah salah satu andalan ekspor masa datang yang bisa mensejahterakan petani,” ujar Maharani. (*)

Ket. Foto: Karyawan Grup Astra, wartawan dan blogger pada acara penanaman 1.000 pohon di wilayah Batu Kasur Kabupaten Cianjur (22/12). Batu Kasur merupakan wilayah baru yang ditanami Astra, karena wilayah sebelumnya, yaitu Desa Tunggilis dan Desa Sarongge yang berada di wilayah Kabupaten Cianjur juga telah penuh ditumbuhi pohon. Sehingga, secara total sejak tahun 2010, Astra telah menanam 5.700 pohon di wilayah Kabupaten Cianjur. Sejak tahun 2008 Astra telah menanam sebanyak 3.616.084 pohon di banyak wilayah di seluruh wilayah Indonesia termasuk di daerah Cianjur ini.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com




 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Astra Pertahankan Tradisi Upacara di HUT ke-72 Kemerdekaan RI 2017 Upacara pengibaran bendera menjadi tradisi seluruh direksi dan karyawan anak perusahaan dan kantor cabang Astra di seluruh Indonesia. Ini merupakan wujud kecintaan Astra terhadap bangsa dan negara. Nampak Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto bertindak sebagai pembina upacara
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Beda Hemat dan Pelit 15 Aug 2017 02:01 WIB

 

 

 

 

 

 

 
Uang Bukanlah Sumber Kebahagiaan 26 Jul 2017 16:09 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia