KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Astra Green Lifestyle Kreatif  Hijaukan Enam Kota Indonesia

 
LINGKUNGAN HIDUP

Astra Green Lifestyle Kreatif Hijaukan Enam Kota Indonesia
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 14-Okt-2016, 17:27:13 WIB

KabarIndonesia - Tahun 2016 ini, gerakan gaya hidup hijau yang digagas Astra (Astra Green Lifestyle/AGL) diadakan di 6 kota berbeda. Mulai dari Fun Run di Pekanbaru dan Yogyakarta (25 September), Palembang (15-16 Oktober), serta Bandung (16 Oktober), dan professional run (AGR) di Bali (2 Oktober) dan Jakarta (16 Oktober).

Beragam kegiatan AGL dilaksanakan di tiap-tiap kota, yaitu lomba lari, jalan sehat, zumba, senam relaksasi, edukasi hidup ramah lingkungan, kegiatan gotong royong membersihkan area kegiatan, dan memungut sampah di sepanjang jalur lomba lari.

Sedangkan di Jakarta mendatang akan disediakan pula eco-library dan taman vertikal bagi mereka yang ingin mempelajari cara mengolah taman di area yang terbatas.

Tahun ke-6 AGL
AGL yang telah dilaksanakan secara tahunan sejak 2011 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan memiliki gaya hidup berwawasan lingkungan dengan Kenali-Lakukan-Ajarkan, yaitu:

Kenali: menginspirasi dan menanamkan semangat mencintai lingkungan melalui informasi mengenai kegiatan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan Grup Astra. Lakukan: mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan. Ajarkan: terinspirasi untuk mengajarkan ke orang lain.

Dimulai sejak tahun 2011, AGL yang diselenggarakan di Silang Selatan Monas diikuti oleh 5.000 peserta bike for green dan telah mendonasikan 3.000 bibit tanaman. Rangkaian kegiatan juga turut dimeriahkan oleh komunitas-komunitas lingkungan dan lomba seputar lingkungan.

Melanjutkan AGL tahun 2012, Plaza Timur Monas menjadi titik temu 5.000 peserta fun bike yang kemudian diperkenalkan pada pembuatan biopori dan bank sampah. Pada kegiatan tersebut telah terkumpul lebih dari 1.000 kg sampah nonorganik untuk diolah bank sampah.

Secara konsisten, pada 2013 AGL terus mengajarkan masyarakat akan gaya hidup hijau. Kala itu bertempat di Taman Mini Indonesia Indah. Melalui green race dan pameran lingkungan yang dilengkapi dengan permainan-permainan menarik, AGL 2013 mencatat 2.000 peserta dan lebih dari 200 kg sampah non organik yang terkumpul.

Melihat antusias masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya gaya hidup hijau dan tren olahraga di tahun 2014, Astra meninisiasi lari profesional pertama dalam sejarah Astra di Parkir Timur Senayan.

Diikuti oleh 2.789 pelari dan 25.000 pengunjung, kegiatan perdana itu mengumpulkan 25.000 botol plastik dan mendonasikan 40.000 bibit pohon.
Konsistensi Astra terus berlanjut hingga 2015 kegiatan serupa menarik 3.665 pelari dan 11.040 pengunjung di Jakarta dan Bali. Tak hanya itu, Astra ikut menanam 4.925 pohon dan mengumpulkan 46.610 botol plastik.

Demi menghijaukan kembali lndonesia, pada tahun ini AGR mengajak lagi masyarakat ikut lari untuk lingkungan. Didahului dengan AGR Bali pada 2 Oktober 2016 lalu, 1.000 pohon sudah didonasikan untuk ditanam di Hutan Taro, Puakan, Tegallalang, Gianyar.

Inspirasi 60 Tahun Astra
Sepanjang perjalanannya sejak didirikan pada tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertera dalam Catur Dharma.

Dalam rangka menuju perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Astra pada tahun 2017, Astra mengusung tema “Inspirasi 60 Tahun Astra” yang digambarkan melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul, serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.(*)

Keterangan Foto: Haroto Pusako, Astra Forest seluas 200 hektare merupakan kawasan konservasi keanekaragaman hayati yang dikembangkan menjadi area Eco Edu Tourism berbasis pemberdayaan masyarakat. Astra Forest terbentang di kawasan Resort Pemangkuan Hutan Babakan Madang, Sentul.
 

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini. Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia