KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupPembangunan PLTB Membuat Hutan Gunung Slamet Terancam Tak Selamat oleh : Rohmah Sugiarti
15-Aug-2017, 02:00 WIB


 
 
KabarIndonesia - Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah yang memiliki hutan tropis alami terakhir di Pulau Jawa dengan berbagai kekayaan flora dan fauna khas mulai dari Elang Jawa, Macan Tutul, Anggrek Gunung, hingga spesies Katak yang belum diberi nama,
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Sumpah setia 10 Aug 2017 14:15 WIB

Derita Rakyat Jelata 31 Jul 2017 21:47 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Anak-anak Taman Baca Lepaskan Ratusan Belut ke Sawah

 
LINGKUNGAN HIDUP

Anak-anak Taman Baca Lepaskan Ratusan Belut ke Sawah
Oleh : Wawan Slamet Riyadi | 04-Aug-2017, 19:29:30 WIB

KabarIndonesia – Sebagai bentuk kepedulian terhadap ekosistem, belasan anak-anak dari Taman Baca Pos Kamling Perumahan Puri Brawijaya Permai Kelurahan Kebalenan Banyuwangi, Minggu (30/7/2017) melepasliarkan sekitar 700-an belut.  Belut-belut tersebut dilepasliarkan di sawah dekat tempat tinggal mereka.

Bagus Rizki (14) siswa SMP yang belajar di Taman Baca Pos Kamling merasa senang telah melapaskan belut di sawah. Selama ini Bagus mengaku hanya melihat hewan belut sudah berupa masakan. Dia belum pernah melihat belut hidup bahkan memegang pun ia belum pernah. Dengan melepasliarkan belut, Bagus merasa senang sudah bisa melakukan konservasi ekosistem di sawah. “Selama ini belut di sawah sudah jarang ditemui, karena banyaknya orang yang memburu belut baik itu dengan jalan disetrum ataupun diberi potasium,” ujarnya.

Sementara itu, pengelola Taman Baca Pos Kamling, Eris Utomo (44) mengatakan, banyak belut hasil tangkapan warga dengan cara tidak ramah lingkungan. Mereka menggunakan setrum dan potasium. Belut yang diambil hanya belut berukuran besar sedangkan yang kecil dibuang begitu saja. "Akhirnya belut-belut yang dibuang di sekitar perumahan kami pelihara. Kita tidak tau siapa yang menangkap dan ditinggal begitu saja. Usia belut mungkin sebulan sampai dua bulan lalu kita rawat di tong yang kita letakkan di halaman taman baca," jelas Eris.

Belut-belut di tong bekas itu dipelihara secara bergantian oleh anak-anak rumah baca Pos Kamling. Belut itupun dijadikan sarana pembelajaran pentingnya menjaga kelestarian lingkungan serta mengenalkan kepada anak-anak pentingnya belut bagi pertanian.
Anak-anak Taman Bacaan memeplihara belut-belut itu maksimal 2 bulan atau jika dirasa sudah cukup sehat untuk dilepas ke alam bebas.

"Kita ajarkan jika belut bisa dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena belut mudah beradaptasi. Jadi jika belut tidak ada di sawah maka ada kemungkinan lingkungan di sekitarnya sudah rusak," jelas Eris.

Bukan hanya untuk mengedukasi anak-anak, Eris berharap, kegiatan tersebut bisa mengubah perilaku penangkapan belut dengan menggunakan setrum dan potasium. "Jika diingatkan langsung nanti akan jadi masalah, tapi jika melihat kegiatan anak-anak seperti ini saya menyakini akan ada perubahan cara menangkap yang lebih ramah lingkungan bukan lagi menggunakan setrum dan potasium," ungkapnya. Ia mengaku sudah beberapa kali melepasliarkan belut di sawah. Belut yang dilepasliarkan berkisar di angka 200-700-an belut.(*)

Keterangan Foto:
Belasan anak-anak dari Taman Baca Pos Kamling Perumahan Puri Brawijaya Kelurahan Kebalenan Banyuwangi melepasliarkan ratusan belut ke sawah dekat rumahnya.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Resmikan Astra Biz Center BSD City Senilai Rp777 Miliaroleh : Rohmah Sugiarti
15-Aug-2017, 01:39 WIB


 
  Astra Resmikan Astra Biz Center BSD City Senilai Rp777 Miliar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kelima kiri) didampingi Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (keenam kiri), Direktur Independen Astra International Paulus Bambang Widjanarko (keenam kanan), Direksi Astra International Widya Wiryawan (ketiga kiri), Johannes Loman (keempat kanan), Suparno Djasmin (keempat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Beda Hemat dan Pelit 15 Aug 2017 02:01 WIB


 
Timnas U-22 Berangkat ke Malaysia 13 Aug 2017 11:00 WIB

 

 

 

 

 

 
Uang Bukanlah Sumber Kebahagiaan 26 Jul 2017 16:09 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia