KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Tepat 45 tahun lalu, Argopandoyo Tri Hanggono dilahirkan di Kota Jakarta, sebagai anak ketiga dari pasangan W. Sudaryo dan Martha Beetje.

Ayah dua anak ini memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik sejak mengikuti kegiatan penerbitan Warta Yohanes
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

RBHK Kuatkan Kapasitas Kader Gampong dan Promosikan Hygenitas Bagi Kader Lapangan

 
KESEHATAN

RBHK Kuatkan Kapasitas Kader Gampong dan Promosikan Hygenitas Bagi Kader Lapangan
Oleh : Sulaiman Zuhdi Manik | 02-Mar-2017, 09:51:34 WIB

KabarIndonesia - Pidie Jaya, Rumah Belajar Harmoni Kebencanaan (RBHK) lakukan pelatihan kepada 33 orang kader kesehatan dari lima gampong dan dua perwakilan Puskesmas di Kabupaten Pidie Jaya, di Aula Kantor Camat Trienggadeng, Rabu 1/3/2017.
 
Maman Natawijaya, Manager Program RBHK, menyebutkan gempa bumi yang melanda Pidie Jaya 7 Desember 2016 lalu menimbulkan kerusakan infrastruktur. Kerusakan tersebut menjadikan masyarakat semakin rentan terhadap penyakit. Mayoritas masyarakat tinggal dan tidur di tenda-tenda depan rumah tanpa akses air bersih dan toilet, adanya kerusakan sumur dan toilet, perubahan prilaku konsumsi makanan masyarakat, ditambah lagi sanitasi dan prilaku hidup bersih dan sehat yang tidak maksimal. 

“Team lapangan kami menemukan masih ada masyarakat buang air besar (BAB) di pinggir pantai, semak-semak, gali tanah, bungkus plastik atau di atas parit. Tentunya berbagai ancaman penyakit menjadi lebih besar di masyarakat itu sendiri”, ujarnya. 

Oleh karena itu, sambung Maman, promosi dan aksi kebersihan dan kesehatan menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat, kususnya air bersih, sanitasi dan hygiene (WASH) serta memberikan respon WASH yang berkualitas dan efektif. “Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri kader-kader gampong dalam melakukan response WASH itulah, pelatihan ini kami laksanakan," lanjut Maman.

Dalam pelatihan ini, para kader kesehatan dari Gampong Lancang Paru, Paru Cot, Tuha, Deah Pangwa, Kuta Pangwa dan perwakilan dua Puskemas tersebut akan ditingkatkan kapasitas dan keterampilannya. Nantinya ketika kembali ke gampong bersama staff RBHK, mereka dapat mempromosikan praktek WASH yang aman, termasuk penggunaan dan perawatan fasilitas WASH yang tepat. Selain itu, mereka memastikan aksi prioritas untuk melindungi air dan sanitasi yang menimbulkan resiko kesehatan, memastikan keterlibatan masyarakat  dalam perencanaan dan kegiatan WASH-promosi hygenitas  dan perawatan fasilitas WASH. Salah satu yang penting adalah membangun kerja berjejaring dan koordinasi antar pemangku kepentingan WASH di tingkat gampong maupun pemerintahan lokal.
 
Program RBHK di Pidie Jaya

RBHK, tukas Maman, merupakan gabungan lembaga-lembaga yang bekerja untuk kemanusiaan terdiri dari Kelompok Kerja Sosial Perkotaan (KKSP), Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), CIS Timor dan Aksara Yogyakarta  didukung Oxfam Indonesia. Lebih lanjut Maman Natawijaya menjelaskan, "RBHK melaksanakan program Public Health Enginering (PHE) di lima gampong korban gempa di Pidie Jaya. Kami sedang membangun atau rehab sumur dan kamar mandi di lima gampong, distribusi paket kebersihan diri bekerja sama dengan keude-keude di gampong, distribusi alat kebersihan rumah dan pertukangan, distribusi tenda dan program kesehatan kepada masyarakat melalui media permainan ular tangga, perilaku hidup bersih sehat, rantai air minum aman, toilet aman dan cuci tangan pakai sabun (CTPS)," ujarnya.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia